Mobile Gaming… Mulai Hidup dengan Melata, Kini Besar di Dunia Maya

Melacak sejarah game mobile, kita mungkin bisa melihat jauh hingga tahun 80-an. Namun sebenarnya game mobile baru memulai langkahnya setelah Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Ingin Tahu Lebih jauh ?

1315460423000

Tahun 1999

– Ponsel pertama yang mendukung browser WAP dirilis, yaitu Nokia 7110, pada Oktober 1999. Ponsel ini (serta penerusnya, Nokia 8110) juga menjadi inspirasi produser film The Matrix untuk mendesain ponsel futuristis yang digunakan oleh Neo.
Snake II pertama kali dirilis untuk Nokia 7110, mendukung multiplayer melalui koneksi inframerah

Tahun 2000

– Februari 2000 merupakan waktu berdirinya perusahaan Prancis Ludigames (aka Ludiwap). Dikepalai Michel Guillemot, merupakan perusahaan mobile game patungan antara Ubisoft dan Guillemot Corporation.

– Pada Maret 2000, dunia mencatat lahirnya JAMDAT Mobile. Produsen mobile entertainment dengan produk mobile game, hingga ring tone, serta banyak properti original seperti game bowling, Tetris, dan The Lord of the Rings.

– Handy Games berdiri di Jerman, IOMO membuka pintu di UK, sedangkan di Skandinavia ada developer lain, Picofun. Kemudian di Finlandia kita temukan developer mobile game lainnya, Riot-E. 

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.