Mobile Gaming… Mulai Hidup dengan Melata, Kini Besar di Dunia Maya

Melacak sejarah game mobile, kita mungkin bisa melihat jauh hingga tahun 80-an. Namun sebenarnya game mobile baru memulai langkahnya setelah Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Ingin Tahu Lebih jauh ?

1315460423000

Tahun 2001

– Desainer Madden NFL dan EA Sports, Scott Orr meninggalkan Electronic Arts dan mendirikan Scott ORR ENTertainment (aka Sorrent). Entrepreneur US lainnya, Daniel Kranzler, mendirikan Hands-On Mobile. Sementara itu di UK, ada Blue Beck pertama kali berdiri. Namun kini Hands-On dan Blue Beck sudah menjadi satu bagian Mforma, dan nama Mforma pada April 2006 akhirya berubah menjadi Hands–On Mobile.

– Selama konferensi JavaOne di San Francisco, beberapa perusahaan termasuk Digital Bridges dan Sega mendemokan prototip ponsel Motorola yang menjalankan J2ME. Salah satu game yang didemokan adalah Sonic.

Tahun 2002

– Peluncuran pertama ponsel yang mendukung Java, yaitu Nokia 3410 dan Siemens M50.
– Untuk pertama kalinya mobile game dijual secara retail dalam bentuk kotak DVD oleh Digital Bridges – tentu saja ada metode pembelian digital secara online.

– Tahun ini juga di Amerika Serikat mulai dikenalkan teknologi penantang Java, yaitu BREW (Binary Runtime Environment for Wireless), oleh Qualcomm – hingga kini masih banyak digunakan di Asia dan Amerika Utara/Selatan.

– Dua perusahaan kecil di eropa, In-Fusio dan Synergenix merilis platform program mobile mereka sendiri, ExEN dan Mophun
– Maret 2002, publisher Gameloft akhirnya resmi hadir dalam rangka penggabungan secara formal antara mobile publisher Ludigames dan online portal Gameloft.com.

– Tahun ini dirilis juga beberapa game mobile yang memorable, seperti versi mobile game pertama dari game arcade klasik Space Invaders, serra Siberian Strike dari Gameloft, yang begitu mirip dengan game arcade klasik Capcom, 1942.

Lanjut ke halaman selanjutnya

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.