Mobile Gaming… Mulai Hidup dengan Melata, Kini Besar di Dunia Maya

Melacak sejarah game mobile, kita mungkin bisa melihat jauh hingga tahun 80-an. Namun sebenarnya game mobile baru memulai langkahnya setelah Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Ingin Tahu Lebih jauh ?

1315460423000

Tahun 2003

– Lompatan besar, tahun ini mulai diproduksi masal ponsel berlayar warna. Diawali dengan mulai hadirnya ponsel Symbian S60 dengan kemampuan memainkan game konsol pada akhir 2002 (melalui Nokia 7650), hingga merilis mobile game dalam format memory card.

– Ponsel yang fokus bermain game pertama di dunia, Nokia N-Gage dirilis 7 Oktober 2003.
– Di Jepang, mobile game pertama dengan grafis 3D, Ridge Racer 3D mulai dirilis.
– Trip Hawkin, pendiri Electronic Arts dan perusahaan hardware 3DO, menginvestasikan $405,000 untuk membeli banyak paten perusahaannya dan mendirikan developer mobile game baru, Digital Chocolate.

Tahun 2004

– Tahun dimana banyak dana meningkat, sekaligus bercucuran di dunia mobile game. Digital Chocolate membeli studio Finlandia Sumea; Mforma membeli studio dari UK Blue Beck; Sorrent membeli publisher UK Macrospace; dan perusahaan layanan mobile Infospace membeli dua developer mobile game, yaitu Elkware dari Jerman serta IOMO dari UK. Tahun ini juga JAMDAT mulai melakukan Penawaran Umum Saham Perdana di bursa saham NASDAQ, hingga akhirnya meningkatkan nilai perusahaan mencapai $400 juta. Menegaskan game mobile bukanlah bisnis yang “kecil dan murah.”

– Tahun ini juga menandai mulai pertama kalinya franchise besar miobile game bergenre racing dirilis. Mulai Asphalt Urban GT, Driv3r hingga The Fast and the Furious.

Lanjut ke halaman selanutnya

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.