Mobile Gaming… Mulai Hidup dengan Melata, Kini Besar di Dunia Maya

Melacak sejarah game mobile, kita mungkin bisa melihat jauh hingga tahun 80-an. Namun sebenarnya game mobile baru memulai langkahnya setelah Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Ingin Tahu Lebih jauh ?

1315460423000

Tahun 2005

– Maret 2005, Tiger Telematics merilis Gizmondo. Sebenarnya bukan ponsel meskipun memiliki slot kartu SIM – yang digunakan untuk koneksi data.  Tombol punggung serta layar dengan rasio yang pas untuk bermain game (bukan vertikal seperti N-Gage), seharusnya cukup membuatnya laku. Namun kenyataan berkata lain. Lebih blunder dari N-Gage, Gizmondo yang dirilis di UK 18 Maret, dengan event launching mengundang selebritis seperti Sting, Jamiroquai, Dannii Minogue, Verne Troyer, Busta Rhymes, hingga Lennox Lewis, serta sesumbar sudah di-pre-order hingga 560,000 unit. Nyatanya hanya laku 25 ribuan saja!

– Tahun ini JAMDAT Mobile membeli developer game mobile Blue Lava Wireless. Kemudian Glu Mobile juga terbentuk tahun ini, dari hasil merger Sorrent dan Macrospace. Digital Bridges merubah namanya menjadi I-play, dan Kayak Interactive juga melakukan merger dengan perusahaan asal Swedia Synergenix. Terakhir pada Mei 2005, internet content provider Realnetwork membeli developer mobile game asal Finlandia, Mr Goodliving.

– Namun yang mengejutkan, tahun 2005 diakhiri dengan keputusan EA mengakuisisi JAMDAT senilai $680 juta. Padahal sebelumnya lebih dekat dengan Digital Bridges, yang menjadi developer kebanyakan game yang mereka lisensikan.

Lanjut ke halaman selanjutnya

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.