Mobile Gaming… Mulai Hidup dengan Melata, Kini Besar di Dunia Maya

Melacak sejarah game mobile, kita mungkin bisa melihat jauh hingga tahun 80-an. Namun sebenarnya game mobile baru memulai langkahnya setelah Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Ingin Tahu Lebih jauh ?

1315460423000

Tahun 2006

– Awal tahun dibuka dengan terbongkarnya “sisi gelap” dibalik Tiger Telematics dan Gizmondo. Dana investor $400 juta hanya mampu ditukar dengan sekitar 25 ribu unit terjual, hingga akhirnya terkuak siapa sebenarnya direktur Stefan Eriksson, yang juga menciptakan Gizmondo. Stefan Eriksson merupakan pemimpin organisasi kriminal “Uppsalamaffian”, hingga akhirnya mengembangkan Gizmondo. Awal 2006, dia kecelakaan ketika mengendarai Enzo Ferrari senilai $1 juta di Southern California. Berkat kecelakaan tersebut, polisi dan jurnalis berhasil menemukan banyak fakta gelap dibalik Tiger Telematics, termasuk masa lalu Eriksson sebagai mafia.

– Tahun ini, Glu Mobile mengakuisisi iFone. iFone dikenal sebagai pengkonversi banyak game Atari dan game konsol Infogrames, seperti Lemmings, V-Rally, Cluedo dan Atari Arcade Legends. Menjadi bagian Glu Mobile, mereka akhirnya bisa masuk dengan mudah ke pasar Amerika. Mforma juga merubah namanya menjadi Hands-On Mobile, sedangkan Kayak berubah menjadi Blaze, hingga akhirnya dibeli casual gaming publisher Oberon – yang lebih dikenal berkat portal Acer GameZone.

– Tahun 2005 menandai pengembangan game mobile makin menukik. Game dengan grafis 3D makin banyak bermunculan, dan kini secara hardware sudah mampu menjalankan grafis 3D dengan cukup lancar. Namun di sisi lain, standar Java (JSR 184) lebih disukai oleh Nokia dan Motorola, sedangkan Sony Ericsson misalnya, memilih Mascot Capsule yang juga termasuk JSR 184, untuk ponsel mereka seperti F500, J300, K300, K500, K700, S700, dan Z500. Platform dan standar yang terepecah tersebut sempat membuat developer kebingungan, karena mereka lebih berharap bisa merilis gamenya pada banyak ponsel sekaligus. Bicara Sony Ericsson Z500, ponsel dengan kemampuan memainkan game 3D tersebut mendukung aksesoris Game Board, dan kamu bisa mengoperasikannya seperti handheld game.

Tahun 2007

– April 2008, Nokia meluncurkan kembali brand N-Gage, dalam bentuk platform/portal game. Karena basisnya software, hampir semua ponsel Symbian S60 yang dirilis mulai 2007 dan sampai akhir 2010, bisa menikmati game N-Gage, termasuk memanfaatkan fasilitas portal gamenya (N-Gage Arena). Tipe Symbian S60 lain yang sejatinya tidak didukung, bisa memainkan game N-Gage dengan cara “ilegal.” Game yag dijagokan antara lain, Reset Generation, Metal Gear Solid Mobile dan game fighting ONE.

– Pada 29 Juni 2007, iPhone dirilis, dan menandai babak baru mobile game. Dari yang sebelumnya mengandalkan keypad, kini fokus sentuhan dan mengutamakan target casual yang begitu besar di pasar blue ocean. iPhone pun dengan mudahnya berubah dari perangkat multimedia, gadget semua usia dan kalangan, hingga platform game yang ideal.

Lanjut ke halaman selanjutnya

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.