Mobile Gaming… Mulai Hidup dengan Melata, Kini Besar di Dunia Maya

Melacak sejarah game mobile, kita mungkin bisa melihat jauh hingga tahun 80-an. Namun sebenarnya game mobile baru memulai langkahnya setelah Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Ingin Tahu Lebih jauh ?

1315460423000

Empat tahun setelah N-Gage hadir, seakan dunia masih belum menemukan apa gadget yang pas untuk dijadikan pengakuan pada dunia, bahwa untuk kelas video game, mobile game itu ada eksis dan layak diperhitungkan. Dan penantian itu berakhir tahun 2007. Pada 9 Januari 2007, iPhone resmi dikonfirmasikan oleh Apple, dan dirilis lima bulan kemudian pertama kali di US. Pasar pun histeris, dan memburu gadget yang begitu menarik di mata pengguna casual tersebut. Kemudahaan penggunaan, dan bagaimana Apple menjualnya, menjadikannya sebagai sebuah lifestyle baru.

Dan industri game mobile pun juga menyambut baik ketika App Store diluncurkan Juli 2008. Walaupun terkesan sekali Apple memonopoli penjualan dengan sistem satu portal, namun pasar juga merasa puas dengan begitu mudahnya mereka bisa membeli game, semudah ketika membeli MP3 melalui iTunes.

Cara penjualan aplikasi dan game melalui App Store (toko online terbesar dunia) dan iTunes tersebut juga sangat menguntungkan developer. Karena mereka bisa menjual langsung pada konsumen yang men-downloadnya (digital download) dari dunia maya, tanpa harus berurusan dengan publisher dan operator seluler.

Mobile game pun makin meningkat derajatnya ketika 2010 lalu Apple juga mulai membuka Game Center, yang memungkinkan kita untuk memainkan game yang dibeli melalui App Store bersamaan dengan pemain lain, melalui ”online match” dan catatan rank melalui ”leaderboard.”

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.