Know Your Superhero Power: Superman

Siapa sih yang tidak kenal Superman? Angkat tangan bila ada yang tidak kenal! Kamu yang di belakang!!, tidak kenal Superman? Haduh, baca komiknya lagi sana, atau nonton film-filmnya yang diperankan oleh Almarhum Christhoper Reeve.

1317261534000

3. Magic

Sihir adalah satu-satunya kekuatan di dunia ini yang bisa mengenai Superman secara langsung. Kelemahan ini diperoleh karena kekuatan telekenesis bangsa Kryptonian bekerja berdasarkan hukum alam yang berlaku. Cara kerja hukum alam bertentangan dengan ilmu sihir yang bisa memunculkan sesuatu dari kehampaan. Di antara semua pahlawan super Superman hanya takluk dan bertekuk lutut pada dua orang pahlawan super. Kedua pahlawan tersebut memegang kartu mati Superman yang paling fatal dan tidak bisa dicegah, yaitu sihir (magic).

Superhero yang pertama adalah Diana atau Wonder Woman dengan pakaian tempur dan pedangnya yang dilapisi sihir, sedangkan superhero yang kedua adalah Captain Marvel yang sekuat Superman tetapi sumber kekuatannya berasal dari sihir. Nahlo!

Wanita Amazon Beramor? Hiy, Atut..!!!

Mungkin Diana akan segan melukai Superman dengan pedang dan tamengnya, tetapi hal ini tidak berlaku bagi Captain Marvel yang pikirannya terkadang masih naif. Pikiran naif Captain Marvel datang dari alter egonya yaitu Billy Batson yang memang masih anak-anak. Dengan pikirannya yang naif tersebut, Captain Marvel tidak akan segan-segan memanggil kekuatan kilat Shazam berkali-kali untuk melumpuhkan Superman. Tentu setelah sebelumnya berkelahi habis-habisan sampai menghancukan bangunan atau gedung di sekitarnya.

Captain Marvel VS Supes

 

4. Serangan Kuat yang Terfokus di Satu Titik

Sekuat apapun tameng energi matahari ataupun tameng telekenetis yang dimiliki Superman, sebuah serangan kuat yang terfokus di satu titik akan menyebabkan tameng tersebut rusak sehingga Superman merasakan rasa sakit yang dihasilkan serangan tersebut (hanya sepersekian persen dari daya rusak sesungguhnya). Kelemahan ini diperlihatkan paling jelas dan paling mudah ditemui di serial Animasi Superman atau di JL/JLU. Saat Superman tertembak senjata laser, dia akan terpental atau jatuh dan kemudian bangkit kembali. Logikanya, laser adalah sebuah serangan kuat yang difokuskan di satu titik. Jadi wajar dong kalau Superman terpental atau ambruk bila terkena serangan laser. Selain serangan kuat, ternyata Superman juga tidak kuat menghadapi sengatan listrik tegangan tinggi. Kelemahan ini ditemukan oleh dua musuhnya Conduit dan Live Wire.

Akhirnya selesai juga artikel panjang dan melelahkan ini. Penulis menyadari kalau dunia Superman sangat luas dan sangat dalam. Bayangkan sebuah serial yang berjalan dari tahun 1938, penulis yakin bahwa sebagian besar pembaca duniaku.net masih berada di awang-awang atau dalam tahap perencanaan saat Superman beraksi untuk pertama kalinya. Karena hal inilah penulis juga yakin pasti akan ada bagian dari artikel ini yang tidak sesuai, terlewat, atau salah. Yah namanya juga kita manusia, pasti dong serba terbatas? Pasti dong pernah bikin salah? Kalau tidak terbatas dan tidak pernah bikin salah mah saya sudah melamar jadi sidekicknya akang Batman atuh. Minimal jadi kenal Talia Al Ghul atau si cantik berambut merah Barbara G. Duh, kok jadi ngelantur!

Pada intinya penulis mengakui segala keterbatasannya dan tetap berusaha untuk menyuguhkan artikel yang menarik bagi pembaca setia duniaku.net. Sebab di luar sana penulis yakin ada banyak Superfans yang memiliki pengetahuan lebih dahsyat ketimbang sang penulis dan pasti ada beberapa yang mungkin akan tanpa ragu-ragu menunjukkan kesalahan-kesalahan yang dibuat penulis. Kembali lagi ke paragraf sebelumnya, ya namanya juga manusia pak, kita pasti pernah bikin salah. Betul? Betul? Betul? Yak sekian dulu, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Ciao..

 

Share this article

TENTANG PENULIS
the4th

Pemuda tambun yang hobinya main RPG (Role Playing Game. Buka Rocket Propelled Grennade) ini, memulai karirnya sebagai penulis lepas di salah satu majalah game yang tidak terlalu hit. Karena jatuh cinta pada dunia tulis menulis, Estu akhirnya memberanikan diri mengerjakan sebuah proyek portal game yang cukup ambisius di jamannya. Rupanya setelah portal game tersebut beroperasi beberapa masalah eksternal dan internal mulai menerpa silih berganti. Karena merasa kebebasannya digawangi, akhirnya Estu memutuskan berhenti dan memulai bisnis kecil-kecilan. Dari perjalanan bisnisnya Estu mendapatkan berbagai filosofi yang terus menerus dipakai hingga sekarang. Salah satunya adalah "keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan - Seneca" atau "Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat - Thomas Alva Edison". Di tengah-tengah jadwalnya yang cukup padat, Estu selalu sempat meluangkan waktu untuk bermain game, menonton film dan menulis artikel.