Know Your Superhero Power: Superman

Siapa sih yang tidak kenal Superman? Angkat tangan bila ada yang tidak kenal! Kamu yang di belakang!!, tidak kenal Superman? Haduh, baca komiknya lagi sana, atau nonton film-filmnya yang diperankan oleh Almarhum Christhoper Reeve.

1317261534000

4. Kecepatan

Sampai juga kita akhirnya pada bagian kekuatan Superman yang paling gamblang untuk dijelaskan, yaitu kecepatan. Kecepatan Superman pada awalnya digambarkan secepat peluru yang ditembakkan. Itu artinya Superman mampu bergerak melebihi kecepatan suara alias mach 1 ++. Perihal seberapa cepat Superman saat dipadankan dengan kecepatan suara mendapatkan pertentangan di era modern. Pasalnya peluru yang diperlihatkan adalah peluru yang berasal dari pistol revolver, itu artinya dia bergerak pada kecepatan subsonik.

Yah Cuman Subsonik Dong Pak

Kecepatan Superman terus ditambah hingga akhirnya nyaris menyamai kecepatan cahaya yaitu kira-kira 300.000 KM/detik. Tapi secepat apapun Superman dia tidak akan menyamai kecepatan superhero lain yang menjadi favorit penulis, yaitu The Flash. Kekalahan Superman di bidang kecepatan melawan keluarga Flash diperlihatkan berkali-kali baik di komik, serial TV atau lainnya. Salah satu kekalahan yang masih segar diingatan penulis adalah pada serial TV Smallville. Di situ diperlihatkan Bart Allen adu lari dengan Clark Kent, Allen menang mudah melawan Clark dalam lomba adu lari, bahkan sampai-sampai Allen lari mundur sambil tetap mempertahankan kecepatannya di depan Clark.

Sorry Guys Videonya Tidak Bisa Kami Tampilkan di Sini

http://youtu.be/hiy4Zj8sIAA

(Silahkan Kunjungi Youtube di Atas)

Mahluk Kryptonian adu cepat dengan para Speedster atau Speed Force user, wah sebuah taruhan yang sudah pasti hasilnya. Kekuatan otot bangsa Kryptonian melawan kompresi waktu Speed Force, Sudah pasti tidak seimbang.

5. X-Ray Vision dan Heat Vision

Kekuatan Superman untuk melihat tembus pandang tercipta karena kemampuan mata Superman untuk melihat spektrum cahaya yang sangat luas sampai ke spektrum sinar X. Lalu adakah yang tahu kalau kemampuan melihat tembus pandang superman tidak bisa menembus timah sama dengan Sinar X di dunia nyata? Hal tersebut terjadi karena timah memiliki inti di mana setiap atomnya terdiri dari 82 elektron yang sangat rapat sehingga tidak bisa ditembus Sinar X. Ditambah lagi timah adalah logam sehingga pasti memiliki tingkat kepadatan molekuk sangat tinggi.

Kelemahan untuk melihat tembus pandang benda yang ditutupi timah ini bisa dimanfaatkan sang manusia baja untuk mengira-ngira di mana lokasi musuh menyembunyikan benda atau orang yang sedang dicari. Superman cukup melakukan scanning pada area sekitar gedung/lokasi untuk mengetahui bagian manakah yang tidak tertembus X-Ray Vision lalu mencari hanya pada bagian itu saja. Kemampuan X-Ray Vision diperkenlakan pertama kali pada Action Comics #11 (April 1939).

Kemampuan X-Ray Vision masih diimbuhi dengan perbesaran titik fokus sampai tak terhingga dan pengecilan titik fokus sampai ke sub atom atau molekul. Kemampuan yang kedua itulah yang menyebabkan Superman bisa melihat obyek yang sangat jauh ataupun melihat superhero The Atom sedang beraksi dalam ukuran molekul.

Share this article

TENTANG PENULIS
the4th

Pemuda tambun yang hobinya main RPG (Role Playing Game. Buka Rocket Propelled Grennade) ini, memulai karirnya sebagai penulis lepas di salah satu majalah game yang tidak terlalu hit. Karena jatuh cinta pada dunia tulis menulis, Estu akhirnya memberanikan diri mengerjakan sebuah proyek portal game yang cukup ambisius di jamannya. Rupanya setelah portal game tersebut beroperasi beberapa masalah eksternal dan internal mulai menerpa silih berganti. Karena merasa kebebasannya digawangi, akhirnya Estu memutuskan berhenti dan memulai bisnis kecil-kecilan. Dari perjalanan bisnisnya Estu mendapatkan berbagai filosofi yang terus menerus dipakai hingga sekarang. Salah satunya adalah "keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan - Seneca" atau "Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat - Thomas Alva Edison". Di tengah-tengah jadwalnya yang cukup padat, Estu selalu sempat meluangkan waktu untuk bermain game, menonton film dan menulis artikel.