Know Your Superhero Power: Superman

Siapa sih yang tidak kenal Superman? Angkat tangan bila ada yang tidak kenal! Kamu yang di belakang!!, tidak kenal Superman? Haduh, baca komiknya lagi sana, atau nonton film-filmnya yang diperankan oleh Almarhum Christhoper Reeve.

1317261534000

Untuk Heat Vision, kekuatan ini timbul karena mata sang manusia baja mampu memfokuskan cahaya pada titik terjauh dengan dibantu kemampuan mata bangsa Kryptonian yang memiliki titik fokus  sangat jauh atau sangat dekat (molekular). Untuk melihat sebuah obyekm mata manusia harus menerima sinar dari obyek untuk memproses gambar, hal ini juga terjadi pada mata bangsa Kryptonian. Bedanya, karena tubuh bangsa Kryptonian mampu menyimpan tenaga matahari pada setiap selnya, tenaga matahari itu bisa menghasilkan panas yang tinggi pada mata Superman sehingga bisa  memanaskan gas-gas mudah terbakar yang berada di udara atau di sekitar matanya. Lalu gas yang panas itu difokuskan melalu kelopak dan lensa matanya ke target yang dituju.

ZAP...BAKOMMMM...!!!!!!!!!

Penjelasan di atas juga menjelaskan kenapa kita sering melihat mata Superman menyala merah terlebih dahulu baru kemudian menembakkan Heat Vision, atau menyala kemerahan saat emosinya meledak-ledak. Sekedar catatan, pada saat menyamar menjadi manusia Bumi, Heat Vision adalah satu-satunya kekuatan yang bisa diatur tingkat visibilitasnya, sehingga Superman bisa memakai Heat Vision tanpa terlihat mencurigakan. Yang jadi masalah adalah Superman selalu menggunakan kacamata saat menyamar menjadi manusia, tentu lensa kacamata Bumi tidak akan terlalu kuat menghadapi gelombang panas yang dihasilkan mata Superman. Masalah ini dipecahkan Superman dengan membuat kacamata khusus yang terbuat dari kaca pelindung roket yang membawanya ke bumi saat bayi. Kaca tersebut sanggup menahan radiasi, benturan keras, gravitasi dan gelombang panas sampai jutaan derajat. Wong bayi kecil mungil Kryptonian saja bisa sampai ke Bumi dengan selamat, apalagi cuman urusan Heat Vision, kecil!

6. Super breath dan Freeze Breath

Paru-paru sang manusia baja memiliki kapasitas ribuan kali dari manusia Bumi, kemampuan ini membuat Superman mampu menahan nafas sangat lama atau memadamkan api dengan menggunakan angin yang keluar dari mulutnya. Sebenarnya daya tampung yang besar itu diperoleh berkat paru-paru bangsa Kryptonian yang mampu menghilangkan atau menambahkan tenaga kinetik ke dalam partikel yang ada di dalam gas. Dengan menghilangkan tenaga kinetik di dalam partikel gas tersebut, paru-paru sang manusia baja bisa menyimpan Oksigen ribuan kali lebih padat dan lebih rapat dari pada manusia Bumi. Efek hilangnya energi kinetik dalam partikel gas membuat gas yang ada di dalam paru-paru Superman bersuhu lebih rendah ketimbang udara di sekitarnya, Hal ini lah yang kemudian menyebabkan Superman bisa mengeluarkan udara dingin dari mulutnya, atau yang kita kenal juga sebagi Freeze Breath.

Walah Inyong Kena Nerf Nih

Untuk menciptakan angin yang sangat kuat Superman cukup meningkatkan energi kinetik gas-gas yang ada di dalam paru-parunya dan kemudian dilepaskan secara serentak sehingga menimbulkan angin keras yang memiliki struktur molekul padat. Bisa dibilang kepadatan kandungan molekul gas yang dikeluarkan  Superman saat meniupkan nafasnya hampir setara dengan angin topan. Kecepatan dan kepadatan tersebut merusak keseimbangan salah satu pilar penyebab api yaitu Oksigen (untuk menyebabkan kebakaran hanya dibutuhkan 15% kandungan Oksigen di udara).

Share this article

TENTANG PENULIS
the4th

Pemuda tambun yang hobinya main RPG (Role Playing Game. Buka Rocket Propelled Grennade) ini, memulai karirnya sebagai penulis lepas di salah satu majalah game yang tidak terlalu hit. Karena jatuh cinta pada dunia tulis menulis, Estu akhirnya memberanikan diri mengerjakan sebuah proyek portal game yang cukup ambisius di jamannya. Rupanya setelah portal game tersebut beroperasi beberapa masalah eksternal dan internal mulai menerpa silih berganti. Karena merasa kebebasannya digawangi, akhirnya Estu memutuskan berhenti dan memulai bisnis kecil-kecilan. Dari perjalanan bisnisnya Estu mendapatkan berbagai filosofi yang terus menerus dipakai hingga sekarang. Salah satunya adalah "keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan - Seneca" atau "Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat - Thomas Alva Edison". Di tengah-tengah jadwalnya yang cukup padat, Estu selalu sempat meluangkan waktu untuk bermain game, menonton film dan menulis artikel.