Know Your Superhero Power: Superman

Siapa sih yang tidak kenal Superman? Angkat tangan bila ada yang tidak kenal! Kamu yang di belakang!!, tidak kenal Superman? Haduh, baca komiknya lagi sana, atau nonton film-filmnya yang diperankan oleh Almarhum Christhoper Reeve.

1317261534000

7. Pendengaran Super

Bila manusia mampu mendengar bunyi dari 20 Hz sampai 20.000 Hz (pada beberapa tes menghasilkan angka 15 Hz, 16 Hz, 18 Hz sampai 18.000 Hz), maka sang manusia baja mampu mendengar semua frekuensi yang ada di dunia ini mulai dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi. Itu artinya Superman bisa mendengarkan suara yang keluar dari peluit anjing atau surang lengkingan Black Canary yang bisa membuat orang biasa pingsan.

Kemampuan pendengaran super sang manusia baja bisa diatur sedemikian rupa agar terfokus pada obyek-obyek tertentu saja. Misalnya bila ada orang yang berbincang-bincang di seberang Gedung Daily Planet maka Superman bisa membuat telingnya mendengarkan percakapan orang itu dengan jelas. Saat kemampuan pendengaran super ini tidak dibutuhkan telinga Superman akan berfungsi normal layaknya telinga manusia Bumi. Di masa mudanya sang manusia baja belum bisa mengendalikan kekuatan pendengarannya secara sempurna, hal inilah yang membuat Superman berdarah-darah saat berhadapan dengan Black Canary dan Siren di salah satu episode Smallville.

WTF Clark, Again???

Menurut sebuah teori, kemampuan mendengar sang manusia baja lagi-lagi diperoleh dari kemampuan sel tubuhnya menyimpan tenaga matahari. Untuk memperkuat pendengarannya, Superman cukup memanaskan gas yang ada di dalam rongga kupingnya untuk meningkatkan kepadatan molekul yang terkandung di dalam gas tersebut. Dengan kepadatan yang sangat tinggi, otomatis daya hantarnya meningkat berkali-kali lipat. Itu artinya Superman bisa mendengar suara yang sangat jauh pada frekuensi apapun.

Superb or Silly, We Can’t Decide

Pada bagian ini dirangkum kekuatan-kekuatan Superman yang tidak bisa kami putuskan hebat atau malah konyol sekali. Yah kami tidak akan menjelaskannya sedetil poin-poin sebelumnya, tapi kami akan memasukan hampir semua kekuatan Superman yang kurang populer sehingga pada akhirnya kamu tahu kalau ternyata sang manusia baja juga memiliki kekuatan tersebut. Kekuatan yang pertama adalah Immortal, Abadi, atau berumur sangat panjang.

1. Abadi

Superman diceritakan pernah mati satu kali di tangan Doomsday tetapi berhasil bangkit kembali karena ternyata nyawanya ditahan oleh kekuatan telekenesis yang dimilikinya dan berhasil memulihkan diri beberapa bulan kemudian. Bahkan Solaris menunjukkan masa depan di mana Superman hidup 83.000 tahun lagi. Sebuah kemampuan yang mengada-ada dan terlihat sekali diada-adakan. Kami tahu kematian bukanlah sesuatu yang langgeng di dunia komik, tapi tolong dong, kenapa tiba-tiba Superman memiliki kemampuan untuk hidup abadi, sedangkan musuh-musuhnya tidak. Rasanya kok seperti melihat Tails dari seri Sonic yang tidak akan mati selama Sonic masih hidup.

Tenang Aja Lois, Gue Cuman Mau Liburan Sebentar Kok

Share this article

TENTANG PENULIS
the4th

Pemuda tambun yang hobinya main RPG (Role Playing Game. Buka Rocket Propelled Grennade) ini, memulai karirnya sebagai penulis lepas di salah satu majalah game yang tidak terlalu hit. Karena jatuh cinta pada dunia tulis menulis, Estu akhirnya memberanikan diri mengerjakan sebuah proyek portal game yang cukup ambisius di jamannya. Rupanya setelah portal game tersebut beroperasi beberapa masalah eksternal dan internal mulai menerpa silih berganti. Karena merasa kebebasannya digawangi, akhirnya Estu memutuskan berhenti dan memulai bisnis kecil-kecilan. Dari perjalanan bisnisnya Estu mendapatkan berbagai filosofi yang terus menerus dipakai hingga sekarang. Salah satunya adalah "keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan - Seneca" atau "Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat - Thomas Alva Edison". Di tengah-tengah jadwalnya yang cukup padat, Estu selalu sempat meluangkan waktu untuk bermain game, menonton film dan menulis artikel.