Know Your Superhero Power: Superman

Siapa sih yang tidak kenal Superman? Angkat tangan bila ada yang tidak kenal! Kamu yang di belakang!!, tidak kenal Superman? Haduh, baca komiknya lagi sana, atau nonton film-filmnya yang diperankan oleh Almarhum Christhoper Reeve.

1317261534000

2. Jenius dan Memiliki Daya Ingat Fotografi

Ada sebuah masa di mana Superman digambarkan sangat jenius, mungkin karena saking jeniusnya Batman akan berlutut di hadapannya demi menanyakan cara memecahkan kasus rumit yang sedang terjadi di Ghotam. Untunglah kejeniusan Superman dicabut di era modern sehingga Lex Luthor bisa menjalankan rencana jahatnya dengan tenang tanpa perlu khawatir diganggu sang manusia baja dari awal. Yah walaupun pada akhirnya digagalkan juga oleh Superman. Untuk daya ingat super/fotografi, Superman masih memilikinya hingga sekarang.

3. Kemampuan Menyamar

Jangan tertawa, walaupun jarang dibahas secara serius, Superman memiliki kemampuan menyamar di atas manusia normal. Coba bandingkan dengan Batman, Green Lanter, Green Arow, Huntress, The Flash atau yang lainnya. Mereka masih membutuhkan topeng untuk menutupi identitas asli mereka. Clark? Dia hanya butuh sebuah kacamata konyol berbingkai tebal dan gaya sisiran yang berbeda. Hebatnya lagi, semua orang tidak menyadari persamaan Clark dan Superman hanya karena jambul dan kaca mata konyol itu. Ampun deh!

Serius Lu, Lu Ga Kenal Gue Siapa???

4. Super Ventriloquism

Ventriloquism atau kemampuan untuk memanipulasi suara agar seperti terdengar berasal dari arah lain sempat dikuasai Superman pada Silver/Bronze Age Superman. Kemampuan berbicara seperti boneka Mupet ini sering dipakai Superman untuk melindungi identitasnya atau menghibur anak-anak di Sesame Street. Kadang dia memakai suaranya untuk merayu anak-anak di bawah umur untuk berkunjung ke Smallviii….aduh kami sudah tidak kuat lagi menahan tawa!!

5. Time Travel

Seperti yang pernah kami sebutkan pada bagian kecepatan Superman, sang manusia baja pernah digambarkan memiliki kecepatan yang menyamai kecepatan cahaya. Rupanya kecepatan tersebut sering dipakai Superman untuk mengubah masa lalu. Perjalanan waktu tersebut dilakukan dengan cara Superman terbang berlawanan arah dengan arah rotasi bumi sehingga akhirnya bumi ikut berotasi terbalik. Kenapa enggak sekalian saja Superman digambarkan memiliki robot raksaksa sebesar gunung yang dinamai Megazord, memiliki guru yang bernama Zordon dan seorang musuh yang bernama Rita Repulsa???

Sebenarnya masih ada banyak kekuatan Superman lainnya yang merupakan percabangan, tambahan tidak menonjol ataupun versi alternatif dari kekuatan Superman. Kami tidak memasukan semuanya karena bisa-bisa artikel ini akan jadi panjang sekali. Untuk mempersingkat waktu bagaimana kalau kita langsung masuk ke bagian selanjutnya, yaitu keluarga super.

Share this article

TENTANG PENULIS
the4th

Pemuda tambun yang hobinya main RPG (Role Playing Game. Buka Rocket Propelled Grennade) ini, memulai karirnya sebagai penulis lepas di salah satu majalah game yang tidak terlalu hit. Karena jatuh cinta pada dunia tulis menulis, Estu akhirnya memberanikan diri mengerjakan sebuah proyek portal game yang cukup ambisius di jamannya. Rupanya setelah portal game tersebut beroperasi beberapa masalah eksternal dan internal mulai menerpa silih berganti. Karena merasa kebebasannya digawangi, akhirnya Estu memutuskan berhenti dan memulai bisnis kecil-kecilan. Dari perjalanan bisnisnya Estu mendapatkan berbagai filosofi yang terus menerus dipakai hingga sekarang. Salah satunya adalah "keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan - Seneca" atau "Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat - Thomas Alva Edison". Di tengah-tengah jadwalnya yang cukup padat, Estu selalu sempat meluangkan waktu untuk bermain game, menonton film dan menulis artikel.