Know Your Superhero Power: Superman

Siapa sih yang tidak kenal Superman? Angkat tangan bila ada yang tidak kenal! Kamu yang di belakang!!, tidak kenal Superman? Haduh, baca komiknya lagi sana, atau nonton film-filmnya yang diperankan oleh Almarhum Christhoper Reeve.

1317261534000

Superman Family

Sebelum melangkah terlalu jauh ada baiknya kita memahami konsep dunia pararel (multiverse) yang diapakai DC. Kenapa kita harus memahami konsep dunia pararel terlebih dahulu? Karena, DC kerap memunculkan karakter yang sama tetapi berbeda spesifikasi dan tampilannya. Contohnya? Kal-El dan Kal-L, keduanya sama-sama Superman, tapi keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda dan nama asli yang berbeda.

Trivia: Apa sih arti logo Superman? Kalau menurut komiknya, tulisan S di logo Superman itu artinya harapan dan merupakan logo keluarga El yang terhormat. Warna merah dan kuning adalah warna yang melambangkan RAO (sun-god of Krypton) dan SOL (sunlight). Bentuk tamengnya melambangkan perlindungan dan tanggung jawab. Tapi ada yang sadar tidak? huruf S Superman mirip dengan ular pada tongkat Asclepius, tongkat yang melambangkan, kehidupan, kesembuhan dan obat-obatan. Tongkat Asclepius itu apa sih? Haduh! Itu lho, lambang apotik!!

Untuk menjelaskan keanehan di atas DC memperkenalkan konsep dunia pararel yang isinya berbeda-beda dan biasanya diurutkan berdasarkan angka, eart one, earth two, dan seterusnya, bahkan sampai ada yang disebut sebagai earth zero atau dunia nyata. Dunia tempat kita hidup, tanpa adanya superhero dan tempat kita semua membaca komik-komik para superhero tersebut.

Tentu Keluarga super yang pertama akan kita bahas adalah Superman itu sendiri.

1. Superman

Kal-El atau Kal-L tergantung berasal dari dunia mana. Kal-El adalah Superman dengan spesifikasi Silver Age yang artinya dia sudah bisa terbang, sedangkan Kal-L adalah Superman dengan spesifikasi Golden Age yang artinya dia hanya bisa melompat. Kal-El biasanya dikenal sebagai Superman Earth Two, sedangkan Kal-L dikenal sebagai Superman Earth One.

Ada Cewek Cakep Arah Jam Tiga

2. Superboy

Superboy di dunia DC bisa jadi adalah panggilan Superman di masa muda atau kloningan hybird antara DNA Kryptonian Superman dan DNA manusia Bumi, Lex Luthor. Hasil kloningan tersebut memiliki sebagian kemampuan keduanya dan diberi nama Kon-El atau Connor Kent (nama Bumi). Versi mana yang dipakai tergantung berasal dari dunia mana Superboy yang dimaksud.

Connor, Kamu Telat Lagi ke Sekolah!!

3. Supergirl

Untuk Supergirl bisa saja dia adalah mahluk protoplasma buatan Lex Luthor yang diberi nama Matrix, sepupu jauh Superman yang bernama Kara Zor-El, atau anak masa depan Superman dan lois Lane yang bernama Cir-El. Untuk Cir-El, karena sifatnya yang hybird Kryptonian manusia Bumi, dia tidak bisa terbang melawan gravitasi. Yang bisa dia lakukan adalah melompat layaknya Superman Earth One.

Jujur Clark, Matamu Ngeliatin Apa Dari Tadi??

 

4. Superwoman

Superwoman bisa saja Lois Lane yang memperoleh transfusi darah Superman. Luma Lynai yang berasal dari planet Staryl. Wonder Woman jahat yang berasal dari Earth Three. Versi Mxyzptlk’s (penjahat dimensi yang sering dihadapi Superman) dari Superman (Superman menjadi wanita dan dipanggil Superwoman), atau versi-versi lainnya seperti, Laurel Kent, Kristins Wells, Dana Dearden, Lucy Lane dan masih banyak lagi.

Lucy Lane

5. Power Girl

Power Girl pernah berganti-ganti asal-muasal. Salah satunya cerita asal Power Girl yang paling terkenal adalah, Power Girl tidak lain dan tidak bukan adalah Kara Zor-L (Supergirl Earth One) yang selamat dari even Infinite Crisis. Walaupun memiliki DNA Kryptonian, Power Girl tidak memiliki Heat Vision ataupun Super Breath. Hal tersebut disebabkan karena Kara mengalami hilang ingatan sehingga melupakan sebagian kekuatannya. Power Girl juga pernah muncul sebagai kloningan Kara Zor-L yang berasal dari Project Cadmus, kloningan atau bukan yang jelas Power Girl kalah melawan Supergirl pada even tersebut.

Penulis Rela Lompat Dari Pesawat Demi Diselamatkan Dia

6. Mon-El

Kalau Kal-El berasal dari Krypton maka Mon-El berasal dari Thoron, sebuah planet yang beredar pada sistem tata surya yang sama dengan Krypton. Nama asli Mon-El adalah Lar Gand. Pesawat yang dikendarai dirinya mendarat darurat di Bumi dan diselamatkan Superman. Dalam pendaratan tersebut Lar Gand mengalami amnesia dan tidak ingat apapun. Berbeda dengan Superman, Mon-El kebal terhadap batu Krypton tetapi lemah pada timah. Timah akan membuat dirinya kehilangan kekuatan bahkan sampai berakibat fatal.

Mon-El

Aslinya sih  masih ada beberapa keluarga super lainnya yang bisa dimasukkan ke bagian Superman Family, tapi bila semua nama tersebut kami masukan semua, niscaya artikel ini akan berjalan layaknya cerita wayang semalam suntuk yang enggak ada habisnya. Ok, langsung saja yuk kita ke bagian paling akhir dari artikel Know Your Superhero Power: Superman. Yaitu bagian kelemahan Superman.

Share this article

TENTANG PENULIS
the4th

Pemuda tambun yang hobinya main RPG (Role Playing Game. Buka Rocket Propelled Grennade) ini, memulai karirnya sebagai penulis lepas di salah satu majalah game yang tidak terlalu hit. Karena jatuh cinta pada dunia tulis menulis, Estu akhirnya memberanikan diri mengerjakan sebuah proyek portal game yang cukup ambisius di jamannya. Rupanya setelah portal game tersebut beroperasi beberapa masalah eksternal dan internal mulai menerpa silih berganti. Karena merasa kebebasannya digawangi, akhirnya Estu memutuskan berhenti dan memulai bisnis kecil-kecilan. Dari perjalanan bisnisnya Estu mendapatkan berbagai filosofi yang terus menerus dipakai hingga sekarang. Salah satunya adalah "keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan - Seneca" atau "Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat - Thomas Alva Edison". Di tengah-tengah jadwalnya yang cukup padat, Estu selalu sempat meluangkan waktu untuk bermain game, menonton film dan menulis artikel.