Smart “Point-and-Shoot” Camera… Kodak Polaroid SC1630, Pertama Dengan 16 Megapixel!

Polaroid, yang pasti kamu kenal sebagai salah satu produsen kamera digital, namun produk terbarunya ini justru mengejutkan. Sebuah kamera digital dengan sensor kamera 16 megapixel, namun di dalamnya juga dilengkapi semua fungsi standar Android Gingerbread.

Aigo A8 dan Altek Leo, Bisakah Disebut Pelopor Smart Camera?

Seperti inilah Altek Leo… Bak pinang dibelah dibandingkan produk Kodak Polaroid…

Seperti inilah Aigo A8 dan Altek Leo, sebuah Droid dengan fitur kamera yang maksi… atau bisa juga disebut kamera digital yang lebih pintar. Aigo A8 dipasarkan untuk operator China Unicom. Memiliki lensa autofocus 14 megapixel dengan sensor CCD, flash Xenon, 3x optical zoom, merekam video 720p HD.  Layarnya capacitive 3.2-inchi dengan resolusi WVGA, serta di bawahnya ada tiga tombol tambahan.

Kamu tidak akan tahu ini sebuah Droid, sebelum mengoperasikan layar sentuhnya…

Di punggungnya kamu dapati selongsong lensa kamera yang bisa dipanjangkan untuk optical zoom, flash dengan lampu Xenon, dan cover baterai berbahan aluminum untuk memperlihatkan sebuah kamera point-and-shoot alias kamera saku. Menjalankan Android 2.1 TANPA satu pun aplikasi Google terinstall (jadi minus Gmail, Google Maps, atau Android Market), dan meskipun tidak dijelaskan pasti, banyak yang mengklaim prosesornya 800 MHz – bisa jadi untuk Kodak Polaroid juga menggunakan prosesor yang sama. Spesifikasi lainnya sama persis dengan SC1630, namun untuk pemrosesan gambar, Aigo dan Altek ini menggunakan software kompresi gambar Altek Sunny 9.

Dan terakhir, bandingkan dengan Aigo A8… sebagai brand dari China, kok tidak sempat “nyasar” ke pasaran Indonesia ya?

Melihat desainnya, bisa dikatakan mereka berdua menjadi yang pertama, kamera digital dengan opsi Android. Bukan smartphone yang dijejali lensa kamera tinggi, dan mengklaim diri sebagai pengganti kamera digital. Walaupun saya sendiri merasa cukup puas dengan hasil foto beberapa smartphone, seperti Nokia N8 misalnya, namun tetap jika dibandingkan dengan kamera digital yang asli, terutama jika diadu dari sisi opsi digital zoom, smartphone dengan lensa bermerk sekali pun tetap akan kalah.

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.