Sony PlayStation Vita, Kompetitor Nintendo 3DS atau Smartphone?

Seperti yang dituliskan dalam artikel Special Feature Zigma #111, berikut ini salah satu bagian artikelnya, yang sengaja dilepas untuk bisa dinikmati lebih nyaman di Duniaku.net.

1328595792000

Seperti yang kami tuliskan dalam artikel Special Feature Zigma #111, berikut ini salah satu bagian artikelnya, yang sengaja kami lepas untuk bisa dinikmati lebih nyaman di Duniaku.net – karena cukup panjang dan sarat teks… hehe! Sengaja artikel perbandingan ini kami sisihkan, karena memang Vita begitu spesial. Di ulang tahunnya yang ketujuh, PlayStation Portable terbaru ini tidak menghadapi lawan seperti ketika pertama muncul 2004 lalu.

Setelah menyapa Jepang 17 Desember 2011, kemudian Hong Kong dan Taiwan pada 23 Desember 2011, Vita dirilis di Korea 11 Februari ini, kemudian untuk kawasan US dan UK pada 15/22 Februari, serta terakhir di Australia pada 23 Februari 2012. Khusus untuk kawasan US dan UK, resminya Vita meluncur 22 Februari. Namun Sony memang sengaja merilis seminggu lebih awal untuk beberapa aksesoris resmi, sejumlah game (yang bisa kamu lihat detailnya tiap game melalui artikel di Zigma #111), serta yang menjadi iming-iming utama bagi mereka yang pengen memainkan lebih dulu dari yang lain, First Edition PS Vita Bundle.

First Edition PS Vita Bundle

Paket tersebut termasuk PS Vita model Wi-Fi+3G, case limited edition, 4GB PS Vita Memory Card (senilai sekitar $30), dan kopi game Little Deviants dengan harga US$349.99. Bisa kamu bandingkan dengan harga resmi perilisannya di US, untuk Wi-Fi US$249 dan US$299 untuk Wi-Fi+3G. Sedangkan gamenya, bakal dijual dengan harga US$9.99-$49.99. Bisa ditebak, yang termurah pasti game sederhana yang hanya dirilis di PSN (atau bakal berganti menjadi SEN). Bagaimana patokan harga tersebut bisa bersaing dengan rival terberatnya, smartphone dan tablet?

Oke, memang di atas ada pihak ketiga, Nintendo DS. Namun selain perbandingannya langsung yang lebih detail bisa kamu lihat melalui ulasan pada Zigma #111, Vita memang lebih pas disandingkan dengan tipikal smartphone / tablet. Dan tidak bisa dipungkiri, pasca revolusi mobile gaming yang dipelopori iPhone, cara pandang pasar tentang handheld game mulai berubah. Sebagian kecil menganggap handheld game adalah konsol yang diperkecil. Dan mayoritas menganggap smartphone / tablet adalah era baru handheld, dan rujukan terbaik bagi developer menerapkan konsep mobile game.

Ok, lanjut ke halaman 2

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.