Sony Xperia U, Versi “Mini” dari Xperia S!

Meskipun sudah menanggalkan brand Ericsson dan hanya memasang nama Sony Mobile, rupanya tidak membuat Sony kehilangan kebiasaannya dengan merilis versi “Mini” dari beberapa smartphone andalannya. Jika dahulu ada X10 Mini dan Pro (versi mini dari X10), Xperia Mini Pro (versi mini dari Xperia Pro), maka sekarang sambutlah Xperia U, “adik” dari Xperia S!

Jika dibandingkan dengan HTC yang langsung menembakkan meriam dengan merilis seri One-nya, Sony bisa dibilang adem ayem dalam mengikuti Moile World Congress (MWC) 2012 ini. Di awal MWC saja, Sony hanya memamerkan dua varian baru untuk keluarga Xperia, yang mereka beri nama Xperia U dan P.

Jika sekilas melihat Xperia U (atau yang sebelumnya kita kenal dengan nama Kumquat), maka kita akan teringat dengan Xperia S. Jika Xperia S memang ditujukan untuk kelas High End, maka Xperia U ini lebih ditujukan untuk menarik pasar menengah kebawah. Dari sisi prosesor, smartphone ini dipersenjatai dengan prosesor dual core dengan clock speed 1GHz setiap core-nya. Bisa dibilang, Xperia U ini memang “adik” dari Xperia S, karena selain clock speed prosesor yang lebih rendah, beberapa spesifikasi lain dari smartphone ini memang dibawah Xperia S, seperti kamera yang hanya dibekali dengan kekuatan 5MP untuk bagian belakang dan VGA untuk bagian depan serta ukuran layar yang hanya 3.5 inci.

httpv://www.youtube.com/watch?v=cLX7xP0vjYs

Banyak sisi menarik yang bisa didapat dari smartphone ini, antara lain casing bagian bawah (dibawah bar menyala yang bertindak sebagai softkey) yang bisa diganti-ganti, dimana nantinya kamu akan mendapatkan satu casing bawah tambahan dengan warna yang kontras dengan warna smartphone yang kamu beli. Jika kamu membeli yang berwarna hitam, maka kamu akan mendapatkan casing bawah tambahan berwarna pink dan jika kamu membeli unit yang berwarna putih, maka kamu akan mendapatkan yang berwarna kuning.

Saat diluncurkan nanti memang smartphone ini masih akan menggunakan OS 2.3.7 alias Gingerbread. Namun tidak mau kalah dengan “saudara tua” Xperia keluaran 2011 yang akan mendapatkan upgrade ICS pertengahan tahun ini, Sony juga memastikan bahwa ICS untuk Xperia U juga tengah dalam tahap pengembangan dan juga akan dirilis segera setelah smartphone ini dirilis nantinya.

httpv://www.youtube.com/watch?v=_NP3dfzLhRg

Xperia U meneruskan tradisi Xperia Mini dan Xperia Mini Pro yang “kecil-kecil cabe rawit” dengan tambahan senjata HDMI out yang bisa ditemukan di bagian sisi kanan unitnya. Selain itu, smartphone ini juga dipersenjatai dengan Retina Display serta kemampuan merekam dalam resolusi HD.

Bagi yang gemar dengan smartphone Android ukuran mungil tetapi memiliki kemampuan yang cukup ganas digunakan untuk memainkan game-game HD dan multitasking, seri Xperia U ini bisa menjadi prioritas kamu!

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.