HTC One XL Preview & Benchmark, Kembar Identik Namun Beda Karakteristik

Mulai kemarin perhelatan tahunan terbesar di dunia telekomunikasi, Mobile World Congress, digelar di Barcelona, Spanyol, hingga 1 Maret 2012 nanti. Makin banyak kejutan dari produsen gadget dunia. Salah satunya HTC yang mengandalkan flagship mereka HTC One X, plus varian lainnya, HTC One XL.

1330408914000

Mulai kemarin perhelatan tahunan terbesar di dunia telekomunikasi, Mobile World Congress (MWC), digelar di Barcelona, Spanyol, hingga 1 Maret 2012 nanti. Dan jelas makin banyak kejutan dari produsen gadget dunia, dengan lineup mereka yang bakal menghiasi etalase toko ponsel hingga setahun ke depan. Salah satunya HTC yang mengandalkan flagship mereka HTC One X. Dan seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada dua varian One X. Berikut ini detail penampakan HTC One XL tersebut.

Jika versi global mengandalkan chipset Tegra 3, maka varian XL ini datang dari keluarga Snapdragon S4. Wajar dipilih chipset dari Qualcomm, karena yang mendukung LTE (alias 4G, selain juga 3G dan 3G) saat ini memang baru Qualcomm saja. Dan seperti yang sering diungkapkan juru bicara Qualcomm, mulai 2012 ini semua chipset baru mereka menggunakan keluarga prosesor baru berkode nama “Krait” (yang kecepatannya bakal bisa melunjak hingga 2.5 GHz), dilengkapi GPU Adreno 225, serta prosesor pendukung bebasis DSP yang disebut Hexagon.

Digunakan untuk One XL adalah chipset Qualcomm MSM8960. Chipset tersebut menjadi rumah dua prosesor Krait (masing-masing core 1.5 GHz). Meskipun core Krait tersebut hanya ada dua, namun performanya untuk single thread  masih bisa diandalkan dibandingkan dengan Tegra 3 yang empat core — namun Tegra 3 yang berkode nama Kal-El lebih unggul di GPU.

Baik One X dan One XL sama-sama memiliki RAM 1GB LPDDR2 — standar terkini untuk Droid kelas atas – dan internal storage 32GB — 26GB diantaranya bisa kamu gunakan, plus 25GB lainnya (plus lagi dari account personalmu) selama dua tahun melalui cloud storage DropBox. Perbedaan paling kentara terletak pada logo operator AT&T di bagian atas layar — karena sementara ini baru operator tersebut yang mendapatkan One XL.

Itu perbedaan fisik yang kentara, secara kinerja, dua chipset tersebut rupanya memberi hasil yang berbeda. Berikut hasil benchmar One X dan One XL, dibandingkan dengan Droid lainnya. Kamu bisa menilai sendiri bagaimana performa dua chipset tersebut, yang bakal menghiasi banyak Droid kelas atas selama tahun 2012 ini.

Dan berikut hasil benchmark antara One X (Tegra 3), One XL (MSM8960) dan One S (MSM8260A). Terlihat jelas ketiga chipset yang bakal merajai 2012 ini unggul jauh dibandingkan kebanyakan chipset lain yang eksis di Droid keluaran setahun belakangan.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.