Nokia 808 PureView, Gadget dengan Kamera 41 MegaPixel!

Masih menimang-nimang, mending beli kamera DSLR atau sebuah smartphone ya? Gadget ini membuat pilihan tersebut tidak akan berlaku lagi. Sambut Nokia 808 PureView dengan kamera beresolusi terbesar, 41 Mega Pixel!

1330432471000

Ya, kamu tidak salah baca judul di atas. Pada Mobile World Congress 2012 (MWC 2012) hari pertama kemarin, Nokia memperkenalkan sebuah gadget yang bukan hanya membuat penggemar gadget berdecak kagum, namun juga mungkin akan membuat para fotografer profesional akan melongo, Nokia 808 PureView. Dilihat secara spesifikasi, Nokia 808 memang tidak terlalu istimewa, karena hanya diperkuat dengan prosesor single core 1.5 GHz, RAM 512 MB dan memory internal 16 GB yang bisa ditambahi dengan micro SD. Namun, daya tarik ponsel yang akan menggunakan OS Symbian Belle ini terletak pada kameranya yang diklaim Nokia memiliki kekuatan hingga 41 MegaPixel!

Untuk tampilan luarnya, gadget ini bisa dibilang terlihat cukup eksklusif. Finishing warna putih matte, dan juga empat sudut yang bukan siku-siku (masih ingat dengan iklan Nokia jaman dahulu, yang mengangkat tema tanpa sudut ini?), dan juga layar 4 inci yang sudah menggunakan Gorilla Glass. Kesan eksklusif ini semakin ditambah dengan lensa Carl Zeiss yang disematkan di bagian kamera, yang sanggup menghasilkan resolusi 41 MP (saat shooting stills) dan hingga 34 MP saat menghasilkan foto dengan ukuran 16:9.

Dengan kemampuan kamera sebesar ini, mungkin gadget ini lebih cocok digunakan untuk para fotografer daripada penggemar gadget. Resolusi sebesar ini memungkinkan fotografer untuk menghasilkan foto super besar yang mungkin tidak akan kehilangan clarity-nya saat di-zoom berkali-kali. Salah satu hasilnya bisa kamu lihat di link berikut, dimana kamu bisa melakukan zoom in berkali-kali terhadap sebuah gambar, dan tentunya hasil zoom tersebut nyaris tanpa noise dan kehilangan clarity-nya. Meskipun bisa menghasilkan foto dengan resolusi super besar, namun file yang dihasilkan tidak terlalu besar, karena Nokia memiliki teknologi kompresi canggih yang kabarnya bisa menyatukan empat sampai lima pixel menjadi satu pixel utuh.

httpv://www.youtube.com/watch?v=02wBXVnkCXc

Ingin tahu hasil jepretan sesungguhnya? Download file aslinya yang berukuran sekitar 31.4 MB diambil dari konferensi pers Nokia saat MWC kemarin. Jika kamu tertarik membawa pulang satu unit dari gadget ini, siapkan dahulu uang 450 Euro (sekitar Rp 5,5 Juta) untuk membawa pulang gadget ini saat dirilis pada bulan Mei yang akan datang.

httpv://www.youtube.com/watch?v=vfvMWyWvrAQ

image via Engadget.com

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.