Resmi Dikonfirmasikan Apple, iPad 3 Bakal Dikenalkan 7 Maret 2012

Minggu pertama Maret bakal kembali ramai. Seperti yang pernah kami beritakan sebelumnya, bahwa Apple ancang-ancang menggelar peluncuran tablet terbaru mereka, iPad 3 awal Maret 2012. Tepatnya pada 7 Maret 2012…

1330494184000

Gambar "invitation" dari Apple... Yang menjadi pertanyaan dari gambar tersebut, iPad 3 ternyata tidak memiliki tombol Home -- tidak ada tombol di bawah ikon Calendar! Plus jika melihat kerapatan pixel pada ikon tersebut, sepertinya iPad 3 datang dengan layar beresolusi tinggi...

Minggu pertama Maret bakal kembali ramai. Seperti yang pernah kami beritakan sebelumnya, bahwa Apple ancang-ancang menggelar peluncuran tablet terbaru mereka, iPad 3 awal Maret 2012. Masuk dengan schedule tahunan mereka. Selain itu memang sepanjang tahun sudah banyak gosip mengenai penerus raja tablet dunia tersebut, yang telah kami kompilasikan melalui artikel “Apple iPad 3” sebelumnya. Dan 28 Februari kemarin, Apple  resmi mengkonfirmasikan tanggal resminya, kapan event tahunan yang diprediksi menjadi momen untuk meluncurkan produk baru mereka bakal berlangsung.

Apple memastikan event tersebut bakal berlangsung Rabu, 7 Maret waktu setempet, di Yerba Buena Center for the Arts Theater, San Francisco. Tidak ada penjelasan lain diungkapkan oleh Apple, selain satu kalimat menjanjikan “something you really have to see. And touch.” Belum habis penggemar Apple dibuat sibuk dengan versi preview dari OS X Mountain Lion, awal Maret nanti akan lebih heboh jika benar event tersebut mengenai iPad 3.

Penampakan chipset Apple A5X...

Sebelum pernyataan resmi Apple tersebut, dalam kurun waktu sebulan sejak akhir Januari hingga akhir Februari ini, beberapa rumor kembali muncul sehubungan dengan penerus iPad 2. Seperti System-on-a-Chip (SoC) yang bakal digunakan. Melalui artikel kami sebelumnya, banyak yang memprediksi jika Apple bakal menggunakan chipset Apple A6. Namun pertengahan Februari lalu muncul satu foto yang diduga menunjukkan bagian chipset iPad 3. Silicon yang terpasang bukan Apple A6, melainkan A5X, serta keterangan dari chipset tersebut bahwa iPad 3 bakal menggunakan kamera beresolusi 8 megapixel.

Ini detail lempengan pada chipset tersebut... terlihat jelas logo Apple, nama A5X dan tanggal produksinya.

Namun yang jelas A5X menawarkan peningkatan performa dari A4 atau A5 pada iPad sebelumnya. Pada gambar tersebut kamu bisa lihat chipset tersebut dengan logo Apple, ditempatkan do sebelah kanan dua modul memory Hynix (bisa jadi RAM-nya pun juga meningkat). Pada chipset tersebut juga jelas terlihat stempel tanggal produksi, 1146 (dibaca: minggu ke-46 tahun 2011). Spekulasi saat ini, chipset tersebut berisi prosesor empat core, clock speed yang lebih tinggi, upgrade GPU dan lebih banyak RAM.

Lanjut ke halaman 2 untuk detail perbandingan lain dengan iPad 2….

Coba bandingkan dengan chipset Apple A5 yang dogunakan oleh iPhone 4S... gambar di atas mainboard utama iOS tersebut.

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.