Iconia Tab A510 / A511, Acer Unggulkan Kepraktisan Tablet Android

Di tengah hiruk-pikuk banyaknya tablet dari satu vendor besar yang menjadi rujukan pengguna Android, tahun lalu Acer datang menawarkan alternatif menarik nan praktis dengan Acer Iconia Tab A501… kini mereka meluncurkan penerusnya A510… Hadir dengan baterai “raksasa” yang mampu bertahan hingga 15 jam non-stop!

1332760655000

Langsung datang dengan Ice Cream Sandwich 4.0.1…

Khusus A510 ini, kamu tidak mendapati modul 3G untuk koneksi data. Namun seperti pada A500 lalu, di sini nantinya kamu juga bakal mendapat opsi Iconia Tab A511, yang sama persis dengan A510 namun sudah siap menerima kartu SIM untuk modul 3G. Sedangkan untuk port-nya kamu dapatkan HDMI serta 1 USB 2.0. Tapi tunggu dulu, USB tersebut berbentuk micro, bukan lagi port USB ukuran standar seperti A501. Demikian kamu memerlukan bantuan konektor khusus untuk bisa menghubungkannya dengan perangkat eksternal. A510 ini sendiri masih mendukung storage USB portable HDD dengan kapasitas hingga 2TB.

Seperti ini ketika Ring UI tersebut muncul di tengah layar lock… kamu bisa pilih mau aktifkan satu dari empat shortcut yang disediakan…

Pada casing belakangnya, selain kamera yang masih sama seperti sebelumnya, berkemampuan 5 megapixel (2560 x1920 pixel) dengan satu flash LED, kamu juga bakal menemukan ada logo olimpiade (olympic) di sebelah logo Acer. Wajar saja, karena Acer sendiri menjadi partner ofisial di bidang perlengkapan komputer untuk ajang olahraga tersebut, yang pastinya merujuk pada event olahraga internasional yang bakal digelar tahun ini di London, Britania Raya (2012 Summer Olympics) mulai Juli 2012 mendatang. Masih dengan kamera, untuk keperluan video call, kamera sekunder di bagian depan justru diturunkan menjadi 1.3 megapixel saja (1280 x1024 pixel) — lagian, buat apa kamera sekunder beresolusi besar, karena hanya untuk keperluan video call / chat.

Di bagian sisi kiri-atasnya, kamu dapati tombol power dan port audio…

Lebih jauh mengenai layarnya,  resolusi yang diberikan di sini masih sama, WXGA 1280 x 800 pixel dengan aspect ratio 16:10, serta kerapatan tiap inchinya pun tidak jauh dari A501, hanya berkisar 149.2 PPI saja. Namun dengan resolusi tinggi dan ukuran 10.1 inchi, kami rasa sudah lebih dari cukup. Sayangnya, layarnya yang masih menggunakan konsep anti glare seperti A501, kamu bakal kembali menemukan susahnya menggunakan A510 ini di bawah terik matahari. Layarnya ini pun masih sama, doyan menangkap jejak jari-jemarimu ketika menggunakannya. Acer sendiri mengklaim layar A510 cukup tajam dan nyaman meskipun dilihat dengan sudut 85 derajat. Kami yang sempat menggunakan A501 juga merasa tablet tersebut memiliki viewing angle yang lebar, sangat membantu ketika menggunakannya ketika, misalnya sambil tiduran di tempat tidur.

Lanjut ke halaman 3, dan rupanya Acer berhasil menurunkan berat badan A510 ini…

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.