Iconia Tab A510 / A511, Acer Unggulkan Kepraktisan Tablet Android

Di tengah hiruk-pikuk banyaknya tablet dari satu vendor besar yang menjadi rujukan pengguna Android, tahun lalu Acer datang menawarkan alternatif menarik nan praktis dengan Acer Iconia Tab A501… kini mereka meluncurkan penerusnya A510… Hadir dengan baterai “raksasa” yang mampu bertahan hingga 15 jam non-stop!

1332760655000

Layarnya memang biasa, namun tetap memberi viewing angle yang bagus…

Dan seperti Iconia Tab A200, kamu mendapatkan beberapa aplikasi tambahan dalam paket software default A510 ini, seperti  Polaris Office 3.5 dan Acer Clear.fi, yang berguna untuk mempermudah saling streaming media antara perangkat Acer baik smartphone, tablet, komputer atau media storage. Untuk keperluat printing, kamu bisa manfaatkan Acer Print, yang mempermudah mencetak file secara wireless ke banyak tipe printer yang mendukung koneksi nirkabel. Kemudian antar mukanya juga mendapatkan polesan dari Acer. Kamu mendapati adanya launcher yang begitu bernuansa cincin dan disebut Acer Ring UI: menyentuh tombol virtual di tengah taskbar bakal meluncurkan cincin dengan empat tombol jalan pintas yang bebas dikustomisasi, sekaligus juga ada tombol berbentuk carousel (berputar) di sebelah kanan. Selain itu layar lock-nya pun juga dibuat bernuansa cincin, dengan empat shortcut, bukanya dua shortcut seperti pada tipikal stock ROM Android 4.0.

Tombol carousel di sebelah kanan ini juga menyimpan banyak shortcut fungsi lainnya…

Iconia Tab A510 ini bakal dijual dengan pilihan warna silver (A510-10s32u) dan hitam (A510-10k32u), dan selama pre-order di US dan Kanada saat ini, mulai dijual dengan harga US $449.99, atau masih lebih murah sekitar $50 dari Eee Pad Transformer Prime TF201 yang sudah dilengkapi docking keyboard — sementara Prime unggul di kamera yang lebih besar serta layarnya yang sudah berteknologi IPS. Selain Prime, A510 juga bakal menghadapi persaingan ketat dengan banyak Droid quad-core lainnya, seperti Galaxy Tab 2, serta tentu saja “sang raja” tablet iPad 3 yang harganya US $150 lebih mahal untuk versi 32GB. Jangan lupakan juga pasukan tablet-tablet Windows 8 dengan antar muka baru Metro Style-nya yang mulai menggempur Oktober 2012 mendatang…

Meskipun menurut kami A510 ini masih kurang memberi inovasi secara desain selain software yang menarik, namun harga dan spesifikasi yang ditawarkan sangat menggiurkan. Dan semoga saja Acer Indonesia kembali memasukkan tablet Tegra 3 mereka ini, dan menambah pilihan kita untuk Droid dengan empat core. Serta tentu saja, unsur kepraktisan yang mungkin susah saya dapatkan dari tipikal tablet Galaxy yang aksesorisnya begitu ekslusif (dan agak mahal), atau dari Transformer Prime yang serasa “disunat” kemampuannya tanpa docking keyboard.

Dan berikut video yang cukup banyak menjelaskan polesan antar muka dari Acer Ring UI…

httpv://youtu.be/afeTySVDFH8

Sumber: Acer Indonesia dan Acer US

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.