Inilah Maskot Anime Militer Jepang!

Kalau bicara mengenai Jepang, sudah pasti anime adalah salah satu yang langsung ada di pikiran kita. Nah, mengenai seberapa nilai anime di Jepang, bisa dibaca di artikel ini, dimana saking kuatnya budaya anime disana, militer pun memanfaatkan hal tersebut.

1334540305000

Definisi Anime sendiri adalah sebuah budaya dan sebuah jenis seni yang sering saya melihat menjadi tag tersendiri di situs-situs seni dunia, contohnya saja deviantart.com ada kategori tersendiri untuk manga dan anime. Nah, melihat Anime yang semakin mendunia, tentu saja militer Jepang tidak ketinggalan juga untuk memanfaatkan media anime untuk kampanye mereka. JSDF ( Japan’s Self-Defense Forces) yang ternyata sudah cukup dikenal dengan penggunaan karakter-karakter moe/bishoujo (gadis cantik) sebagai maskot untuk menarik perhatian para pemuda Jepang, melanjutkan tren ini dengan merilis tiga maskot promosional yang didesain oleh seorang siswi sekolah.

Ketiga karakter maskot ini mewakili tiga divisi dari JSDF, yakni divisi angkatan darat, divisi angkatan laut, dan divisi angkatan udara.

Sakura Tomiyasu (Letnan Satu, Angkatan Darat)

Nanami Yamane ( Letnan Junior , Angkatan Laut)

Asuka Nishifukubara ( Letnan Satu, Angkatan Udara)

Menurut Kapten Takeshi Okeya, yang bertanggung jawab dalam  proyek ini, dia menjelaskan bahwa banyak fan dari anime yang cukup umur untuk menjadi anggota di JSDF. Militer tentu saja berusaha menarik mereka dengan promosi ini yang berkonsep ‘easy to access’  dan ’friendly’ . Unik bukan ?

Share this article

TENTANG PENULIS
Hiccun

Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.