Ternyata Google Tidak Menjual Rugi Tablet Nexus 7!

Dengan spesifikasi tinggi standar quad-core, banyak yang berspekulasi jika Google menjual rugi tablet Nexus 7 mereka. Namun Google mengungkapkan, mereka tidak mengambil banyak untung. Apa benar skenarionya seperti itu?

Ketika Google mengkonfirmasikan tablet pertama mereka Nexus 7, banyak yang kaget dengan harganya. Kamu bisa mendapatkan versi 8GB dengan hanya US $199 dan yang 16GB meningkat menjadi $249. Dengan spesifikasi tinggi standar quad-core, banyak yang berspekulasi jika Google menjual rugi tablet produksi Asus mereka tersebut dengan harapan menyaingi Amazon dengan Kindle Fire-nya. Namun Google mengungkapkan, mereka tidak mengambil banyak untung. Apa benar skenarionya seperti itu?

Beberapa waktu lalu perusahaan yang terkenal menjadi rujukan bagi kita untuk mencari panduan perbaikan do-it-yourself alias DIY untuk gadget yaitu iFixit, memberikan panduan untuk membongkar Nexus 7. Melalui video panduan mereka (ada di bawah) kita bisa mengetahui “jeroan” Nexus 7. Mulai layar 1280 x 800 pixel yang terpasang permanen di lapisan Corning Gorilla Glass, baterai 4,326 mAh yang ternyata mudah digonta-ganti, dan juga chipset Tegra 3.

Namun tidak lama kemudian ada yang berhasil mendiagnosa apa saja part yang digunakan untuk membangun Nexus 7 seharga $199 dan $249 tersebut. Melalui TechInsight diketahui jika model 8GB marjinnya cukup kecil. Jika pun ada, Google hanya mengambil laba sangat kecil karena keseluruhan untuk membangunnya diperkirakan diperlukan $184. Dengan harga jual $199, bisa dihitung sendiri berapa keuntungannya. Dan sepertinya tidak akan bisa menutupi biaya produksi, marketing, pengapalan atau research and development. Namun kenyataan Nexus 7 tidak ada slot memory eksternal, dan jika saya mampu membeli yang 8 GB, tentu menambah $50 bukan masalah, bukan?

Itulah strategi Google. Memang mereka sengaja menjual model 16GB $50 lebih mahal. Padahal modul memory yang 2x lipat lebih besar dari yang 8 GB membutuhkan setidaknya hanya $8 saja. Selebihnya kedua model tersebut sama. Demikian sebenarnya Google hanya mengambil sedikit laba dari penjualan Nexus 7 mereka, dan itu sama seperti yang mereka ungkapkan sebelumnya.

Tampilan detail chipset NVIDIA Tegra 3, dimana terlihat empat core CPU di tengahnya!

Berikut ini komponen penting yang terlihat di dalam Nexus 7 tersebut:

  • NVIDIA Tegra 3 – Quad-core mobile applications processor
  • Hynix H5TC2G83CFR – 2Gb DDR3 SDRAM
  • Kingston KE44B026BN/8GB – 8GB Memory Module
  • Realtek (RMC) ALC5642 – Audio CODEC + Headphone Amplifier
  • Maxim MAX77612A – Power Management IC
  • Texas Instruments TPS63020 – Buck-Boost Converter
  • Fairchild FDMC6675BZ – P-Channel Power MOSFET
  • Texas Instruments SN75LVDS83B – LVDS Display SERDES
  • ELAN Microelectronics eKTF3624BWS – Controller for Resistive Touchscreen
  • ELAN Microelectronics eKTH1036BWS – Controller for the Resistive Touchscreen
  • Broadcom BCM4751 – Integrated Monolithic GPS Receiver
  • InvenSense MPU-6050 – Six-Axis (Gyro + Accelerometer) MEMS Device
  • AzureWave AW-NH665 – 802.11n WiFi / Bluetooth / FM Radio module
  • NXP Semiconductor PN65 – Secure NFC Module

Nexus 7 Teardown Review

httpv://youtu.be/xZL1mly7rZ0

Sumber: TechInsight, iFixit

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.