Nonton Yuk: Serial TV Marvel Tahun 70-an

Menyambut Marvel’s Phase II yang akan dibuka perdana dengan rilisnya Iron Man 3 akhir bulan depan. Yuk, kita flashback kembali dan melihat ‘wajah’ superhero Marvel di serial TV tahun 70-an

1364616031000

Kalau Jum’at minggu lalu kita melihat bagaimana wajah serial tv Marvel tahun 60-an, hari ini kita akan melihat bagaimana wajah serial tv Marvel tahun 70-an.

Berbeda dengan satu dekade sebelumnya yang semuanya film kartun, era 70-an beberapa superhero Marvel sudah dibuat versi live action-nya seperti Spider-Man, Hulk dan Captain America, tentunya ini tidak bisa dibandingkan dengan film-film Marvel saat ini karena keterbatasan teknologi pada saat itu.

Kalau sekarang para fans dibuat antusias dengan rencana Marvel menyiapkan live action Doctor Strange dalam proyek Marvel’ Phase III-nya, tapi tahukah kamu kalau Doctor Strange sudah pernah dibuat filmnya tahun 1978 silam? Tanpa panjang lebar lagi, yuk simak film-film Marvel yang menghiasi tahun 70-an dibawah ini:

Spidey Super Stories (1974-1977)
Baik Marvel dan Spider-Man memilih vakum selama empat tahun sambil menunggu Marvel memikirkan langkah selanjutnya. Setelah sukses dengan film animasinya di era 60-an, mereka pun berpikir untuk membawa manusia laba-laba ini menuju live-action. Akhirnya muncullah Spidey Super Stories di The Electric Company yang merupakan program TV anak-anak di PBS pada waktu itu. Disini Spidey bertemu dengan banyak musuh yang kurang dikenal, dan Spidey tidak berbicara, tapi ia mengekpresikannya dengan balon kata-kata.

The Amazing Spider-Man (1977-1979)
Spider-Man terus berlanjut ke The Amazing Spider-Man. Meski jalan ceritanya tidak selaras dengan komiknya, namun serial ini sangat diminati pada waktu itu dan mendapat rating yang tinggi.

The Incredible Hulk (1977-1982)
Tak hanya serial adaptasi Spider-Man yang berhasil, live action The Incredible Hulk pun juga tak kalah sukses, dengan bintangnya: Bill Bixby sebagai Bruce Banner dan Lou Ferrigno sebagai Hulk.

Serial ini berjalan sampai lima season, hingga Bill Bixby meninggal di tahun 1993. Namun Ferigno masih tetap ambil bagian dalam film Hulk (2003) dan The Incredible Hulk (2008), meski hanya sebatas cameo..

Doctor Strange (1978)
Langkah Marvel untuk membawa satu per satu superheronya menjadi film live action pun berlanjut. Setelah Spider-Man dan Hulk, kini giliran Doctor Strange. Sayangnya serial ini tak mampu meraih sukses.

Fantastic Four (1978)
Selain live action Doctor Strange, ditahun yang sama juga dirilis film kartun Fantastic Four di NBC. Masalahnya, secara hukum karakter Human Torch dimiliki oleh perusahaan lain, yang juga akan meluncurkan serial TV sendiri untuk Human Torch. Jadi, Mr. Fantastic, Invisible Girl dan The Thing pun akhirnya mendapat robot H.E.R.B.I.E. sebagai ganti Human Torch.

Spider-Man (1978-1979)
Di tahun ini Toei pun tertarik mengadaptasi tokoh Spider-Man untuk pasar Jepang. Sayangnya, selain kostum dan gadget, cerita Spider-Man disini sangat berbeda dengan cerita komiknya, dan tampil layaknya film Tokusatsu.

http://www.youtube.com/watch?v=MMDZ1c3VJ6w

Captain America (1979)
Serial TV live action selanjutnya adalah Captain America yang mengambil setting waktu di masa modern.

Fred And Barney Meet The Thing (1979)
The Flinstones dan Marvel pun melakukan crossover dengan menampilkan The Thing bersama Fred dan Barney.

http://www.youtube.com/watch?v=yIbM-sftdWA

Spider-Woman (1979)
Menutup dekade ini adalah Spider-Woman, versi perempuan dari Spidey.

http://www.youtube.com/watch?v=S_gbqDymwFQ

Share this article

TENTANG PENULIS
Reza

Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.