Duniaku Recap: Top Trending Articles of the Week!

Tim Duniaku yang sudah menyiapkan banyak artikel untuk April 2013 ini. Namun sebelum kamu menikmati secangkir teh atau kopi dan sepiring snack sambil membaca artikel kami sepekan nanti, berikut resume trending article Duniaku di minggu terakhir Maret 2013.

1364779592000

Penny Arcade Expo (PAX) 2013 menjadi highlight Duniaku sepanjang minggu terakhir Maret 2013 kemarin. Event yang mulai digelar sejak 2004 lalu itu awalnya mengambil setting Seattle, Boston, dan Melbourne, Australia tersebut diciptakan oleh Jerry Holkins dan Mike Krahulik, penulis dari webcomic Penny Arcade, dengan tujuan mengadakan sebuah event yang mengangkat beberapa hobi di dalam satu wadah, dan perhatian mereka jatuh pada game konsol, PC, serta tabletop — di Indonesia baru-baru ini juga berlangsung event tabletop tingkat internasional di Jakarta.

Pada perkembangannya, PAX akhirnya menjadi sebuah event perayaan budaya para gamer, dan itu menjadi karakteristik khusus yang membedakannya dengan event game sejenis. Bagian acara yang selalu ada selama PAX seperti keynote dari figur yang dikenal di industri game, konser game, diskusi panel dengan topik sehubungan game, ada exhibitor booth yang sebagian besar dari developer independen (dan ini yang menjadi ciri khas PAX), namun juga ada developer dan publisher besar, LAN party, turnamen tabletop, hingga parade cosplay yang seakan menjadi menu tetap setiap ajang PAX. Sedangkan PAX 2013 ini diadakan 22-24 Maret lalu berlangsung di Boston (menjadi tuan rumah hingga tahun 2023 mendatang), karena itulah disebut PAX East 2013.

Beberapa artikel sehubungan event tersebut kami kompilasikan kembali di bawah:

  • Wizards of the Coast konfirmasikan Magic: The Gathering – Duels of the Planeswalkers 2014, yang untuk pertama kalinya juga bakal dirilis untuk platform Android.
  • Gazillion Entertainment dengan proyek MMO ambisius mereka yang dikembangkan bekerja sama dengan Marvel, Marvel Heroes, membeberkan jadwal rilis game online tersebut selama PAX East 2013. Dari ssi pesaingnya, DC Comics, kami juga mengulas MMO baru dengan judul Infinite Crisis yang menampilkan banyak jagoan DC di sana.
  • Seperti tahun sebelumnya, stand Blizzard menjadi salah satu stand yang paling meriah dalam PAX East 2013. Salah satu penyebabnya adalah demo Diablo III yang dijalankan di PS3.
  • Salah satu publisher besar yang ikut serta, Capcom, mengumumkan DuckTales Remastered, sebuah remake dari game DuckTales yang dirilis tahun 1989 untuk NES!
  • BioWare membawa kejutan menarik bagi para penggemar Mass Effect dalam PAX East 2013 ini. BioWare mengungkapkan bahwa mereka kini sedang menyiapkan satu game Mass Effect baru yang fresh dan sangat berbeda dengan seri-seri sebelumnya.
  • Salah satu daya tarik PAX adalah para cosplayer yang melenggang bebas sepanjang acara berlangsung di hari pertama PAX East 2013. Bisa kamu lihat penampilan mereka melalui Rubrik Eye Candy.
  • Salah satu game terbaik 2012, XCOM: Enemy Unknown siap memasuki babak baru. Dalam perhelatan PAX East 2013, Firaxis sang pengembang mengkonfirmasikan bahwa mereka siap untuk membawa game ini untuk menjajal platform iOS.
  • Gearbox memberikan lebih banyak detail sehubungan dengan downloadable content baru untuk Borderlands 2, yaitu Psycho Pack dan Ultimate Vault Hunter, yang berisi karakter baru dan bakal meningkatkan semua level musuh menjadi 50-61.
  • Selain DuckTales Remastered, Capcom juga membawah game arcade klasik Dungeons & Dragons: Tower of Doomdan Dungeons & Dragons: Shadow of Mystara yang di-remake dalam Dungeons & Dragons: Chronicles of Mystara.
  • Lalu dari Activision, kita membawa Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows, game downaload yang dikembangkan Dev Studio Red Fly untuk Xbox Live Arcade, PlayStation Store dan Steam, dan diadaptasi dari versi reboot serial televisi Kura-kura Ninja versi tahun 1980.

Pemberitaan kami yang juga mendapat sambutan meriah adalah International TableTop Day. Event yang menjadi bagian dari Duniaku Checkpoint dan menjadi event perdana Duniaku tersebut menjadi hasil kerja bareng dengan komunitas board game di Indonesia, Indoboardgames. International TableTop Day sendiri merupakan perayaan dari fans game tabletop, dimana selama satu hari penuh kamu bebas bermain game fisik, baik tabletop game, board game atau card game. International TableTop Day ini pertama kali dicetuskan oleh salah satu channel premium di YouTube, Geek and Sundry dan tahun ini adalah perhelatan pertamanya. International TableTop Day ini sendiri akan diperingati setiap tanggal 30 Maret, dimana pada tanggal tersebut para penggemar game tabletop dianjurkan untuk berkumpul di game center atau tempat berkumpul komunitas lainnya untuk memainkan game tabletop bersama-sama sehari penuh!

Event lain yang juga banyak difavoritkan Citizen Duniaku adalah launching Knight Age Indonesia yang dibawa ke Indonesia oleh Digital Eight. Apa yang membuat game online ini dinantikan adalah karena memiliki satu fitur unik. Game MMORPG ini memberi kita kesempatan bertarung dengan cara menunggang kuda, layaknya ksatria abad pertengahan. Melalui fitur ini, pemainnya dapat bertarung secara dinamis, yaitu tidak perlu berdiam diri sementara mereka menyerang. Selain itu, mount tersebut juga dapat meningkat kemampuannya melalui kenaikan level layaknya karakter dalam game.

Kemudian mengiringi dirilisnya BioShock Infinite pada 26 Maret 2013, kami juga memberikan beberapa artikel khusus untuk menyambutnya. Mulai dengan fakta dibalik pengembangan BioShock Infinite. Disana disebutkan seperti script-nya yang diklaim memiliki sekitar 20.000 kata lebih banyak daripada rata-rata novel yang berada di pasaran. Fakta menarik lainnya adalah para staff Irrational mengerjakan kode program yang sangat banyak, dan jika dibentangkan, kode-kode tersebut panjangnya bisa mencapai 631 mil atau sekitar 1.015 km, 241 km lebih jauh jika kamu berkendara dari Washington DC menuju Boston yang merupakan dua kota di pesisir barat dan timur dari benua Amerika. Selain itu, kami juga membuatkan artikel khusus Ultralist fakta game tersebut dari sang kreator, dan juga artikel Eye Candy yang menampilkan banyak propaganda dan poster-posternya.

Setelah PAX East 2013 usai, event lainnya yang juga berlangsung minggi lalu adalah Game Developers Conference 2013, yang digelar di San Fransisco mulai tanggal 25 hingga 29 Maret 2013. Jika PAX lebih nyantai, maka untuk GDC ini, sesuai namanya dimana menjadi ajang berkumpulnya para pengembang game, termasuk ajang yang profesional dan lebih serius. Semenjak pertama kali digelar pada tahun 2009, fokusnya adalah saling membagi ilmu mengenai pengembangan game. Biasanya dua hari pertamanya tertutup untuk umu, dan hanya para developer saja yang terlibat, saling membeberkan rencana mereka, tutorial teknologi, atau bahkan bagaimana mereka mengelola sisi bisnis dari bidang yang mereka kembangkan. Salah satu nama yang sangat dinanti oleh penggemar game, dan Electronics Arts khususnya adalah konfirmasi Battlefield 4, serta trailer pertamanya.

Highlight lain dalam event tersebut seperti absennya penerus Xbox 360. Awalnya Microsoft sudah berencana mengkonfirmasikan konsol next-gen yang sementara ini disebut Xbox 720 tersebut selama event GDC 2013. Namun ternyata kita harus gigit jari. Microsoft mengkonfirmasikan, bahwa mereka absen dalam GDC 2013, yang artinya tidak akan ada konfirmasi Xbox 720 selama pelaksanaan GDC, baik untuk konsol maupun untuk demo-demo teknologi yang akan disematkan di konsol tersebut.  Sepertinya harapan terakhir untuk mendapatkan berita mengenai Xbox terbaru tersebut adalah event Electronics Entertainment Expo 2013, yang bakal digelar Juni mendatang. Microsoft harus mengakui langkap cepat Sony, yang bahkan selama GDC lalu juga memberi berita baru sehubungan PlayStation 4, seperti antar muka konsol tersebut, penjelasan detail Dual Shock 4, dan juga dukungan aplikasi smartphone.

Dan satu lagi yang tidak kalah mengejutkan dari keputusan absennya Microsoft, adalah konfirmasi Kojima Productions yang menegaskan jika The Phantom Pain adalah benar-benar seri Metal Gear Solid baru mereka! Judul lengkapnya pun terungkap, MGS V: The Phantom Pain, dengan Hideo Kojima sendirilah yang mengkonfirmasikannya sekaligus membeberkan banyak detail baru dari game ini selama GDC. Sehubungan dengan Metal Gear Solid baru dengan Fox Engine besutan Kojima Productions yang kualitas grafisnya begitu realistis, GDC memang selalu identik sebagai ajang pamer otot kelebihan suatu engine grafis khusus. Dua pengembang engine, Epic Games dan Crytek pun memberikan demo dari engine versi baru mereka. Paling disukai oleh Citizen adalah teknologi baru engine dari Epic yang mengajukan tech demo Elemental dan Infiltrator.

Dari sisi Iptek, Citizen juga jangan melewatkan review mendalam kami atas salah satu smartphone Android yang cukup ramai dibicarakan akhir-akhir ini, Lenovo IdeaPhone S890. Smartphone tersebut sudah diluncurkan resmi pertengahan Februari 2013 lalu, namun baru dijual menjelang Maret 2013 berakhir. Apa yang membuatnya menarik adalah ukuran layarnya, masuk kategori ponsel raksasa dengan bidang layar 5-inchi, serta juga ada fitur dual SIM yang masih menjadi fitur laris di Indonesia. Apalagi S890 juga sudah menggunakan OS Jelly Bean, prosesor dual-core, dan ukuran RAM-nya yang 1GB cukup memadai untuk banyak task berat. Selain impresi hands-on, kami juga memberikan panduan yang lebih underground untuk Lenovo S890, khusus bagi kamu yang membutuhkan panduan akses ROOT.

Dan satu lagi yang tidak boleh kalian lewatkan, Iron Man 3. Editor movie Duniaku sudah menyiapkan banyak info menarik sehubungan dengan aksi manusia besi tersebut, yang rencananya mulai tayang 26 April 2013 mendatang. Seperti beberapa yang difavoritkan Citizen, kabar mengenai armor baru yang bakal dikenakan Tony Stark, dan yang terakhir dikonfirmasikan adalah Red Snapper dan Gemini Armor. Selain itu juga ada konfirmasi Gameloft yang mengumumkan mereka sudah menyiapkan game mobile Iron Man 3, yang menariknya dengan gameplay ala Temple Run.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.