Google Perkenalkan Nose, Fitur Pencarian Berdasarkan Aroma!

Google terus berinovasi dari waktu ke waktu. Kali ini mereka memperkenalkan fitur baru Google Nose, fitur pencarian berdasarkan aroma lengkap dengan teknologi indera penciumannya!

Google tidak ada hentinya melakukan inovasi. Didukung dengan search engine nomor satunya, Google kini memperkenalkan fitur baru yang mereka sebut dengan Google Nose. Inovasi yang diperkenalkan Google pada hari ini membuatmu bisa mencari sesuatu di Internet hanya dengan menggunakan aroma hal tersebut dan indra pembaumu saja!

Google menyebut teknologinya kali ini sebagai Scent-sation Search dengan klaim database aroma yang mencapai 15 juta lebih scent-bytes. Ya, selain kamu bisa mencari sesuatu dengan mengenalkan aromanya kepada mesin pencari, kamu juga bisa membagi aroma tersebut kepada teman-temanmu melalui fitur Share Smell via Google Plus. Mungkin suatu saat kamu menemukan sesuatu di Google yang ingin kamu ketahui aromanya seperti apa. Nah, dengan Google Nose ini, kamu tinggal menekan tombol Smell yang ada di hasil pencarian, maka aroma dari benda tersebut akan keluar langsung dari PC ataupun Smartphone kamu. Ingin mengetahui aroma sebuah mobil baru? Langsung saja ketikkan “Smell of New Car” maka seketika akan muncul hasil pencarian mobil baru, yang bisa kamu cium aromanya.

Bisa kamu lihat di sebelah kanan, kamu bisa mencium aroma dari anjing yang basah dengan menggunakan tombol Smell. Ingin membagi aromanya kepada teman? Tekan tombol Share Smell yang ada di sebelahnya!

Google sudah mengkonfirmasikan bahwa nantinya fitur baru ini akan memanfaatkan penuh teknologi-teknologi lain yang saat ini tengah mereka kembangkan, mulai dari SMELLCD™ 1.8+, Street Sense, hingga Android Ambient Odor Detection yang bisa mendeteksi aroma dan menampilkan hasil pencariannya langsung di Smartphone kamu. Sayangnya, fitur ini masih dalam fase beta saja dan Google belum mengkonfirmasikan kapan fitur ini akan diimplementasikan secara penuh. Namun jika kamu tertarik untuk mencicipinya versi beta-nya, silahkan menuju ke Google, cari satu hal yang ingin kamu cium aromanya, dan tekan tombol Smell yang ada, atau bagikan aroma tersebut kepada teman-teman kamu di Google Plus!

Dan sayangnya juga, Google Nose adalah salah satu lelucon Google di April Mop tahun ini. Hihihi.. 

[Sumber: SearchEngineLand]

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.