[Game On] Apakah Ada Pasar untuk OUYA?

Dalam artikel Game On pertama kali ini, saya membahas tentang OUYA. Apakah ada pasar untuk OUYA, dan bagaimana posisinya di mata gamer? Simak selengkapnya di dalam!

1364873443000

Salam gamer, Citizen! Saya Marvel Sutantio, mulai sekarang mengisi rubrik Game On dengan pengalaman, analisa dan pendapat saya seputar dunia game. Mulai dari game-game Limited atau Collector’s Edition yang saya miliki, hands on impression untuk game-game atau console terbaru, menggali game lebih dalam lagi, hingga perkembangan dari industri game itu sendiri.

Seperti yang diberitakan sebelumnya , artikel pertama saya akan membahas seputar console OUYA yang sudah mulai didistribusikan untuk para backer di Kickstarter. Nama OUYA yang muncul tahun kemarin cukup membuat heboh dunia game. Bagaimana tidak? Console berbasis Android yang dibandrol hanya $99 dolar ini memberikan kesempatan untuk developer dan programmer game independen untuk mendistribusikan game karya mereka, tanpa biaya besar untuk lisensi atau birokrasi lainnya. Di atas kertas, konsep ini sangat bagus, terlalu bagus malah, sehingga banyak yang menganggap kalau OUYA itu hanya hoax. Tapi pada kenyataanya developer console ini benar-benar serius, begitu pula para pendukungnya. Sehingga pengumpulan dana melalui project Kickstarter untuk OUYA berhasil meraup $8,596,474, sembilan kali lipat dari target awalnya.  Keseriusan itu pulalah yang membuahkan hasil, didistribusikannya 1200 developer kit OUYA, 28 Desember 2012 kemarin. Sekarang, kita sebagai gamer hanya bisa menunggu para developer membuat game mereka, hingga peluncuran resminya, tanggal 28 Maret kemarin ini untuk para pendukung di Kickstarter dan Juni 2013 mendatang, ketika dijual secara resmi.

Tampilan terkini console OUYA.

Walaupun tidak perlu diragukan kalau tim Boxer8 akan kembali berhasil memenuhi tenggat waktu dan kuota pemesanan kloter pertama OUYA, tidak bisa dipungkiri pula kalau ekosistem baru yang diciptakan OUYA ini menimbulkan sejumlah pertanyaan besar yang layak kita pertimbangkan.

Bagaimana positioning OUYA di mata gamer? Lanjut ke halaman 2.

Share this article

TENTANG PENULIS
Marvel

Sudah menjadi gamer sejak umur 4tahun, Marvel tumbuh sambil menikmati perkembangan industri game, mulai dari 8 bit hingga sekarang. Hal ini disusul minatnya pada dunia advertising sejak berumur 7 tahun, dan dunia gadget pada umur 19 tahun. Tapi passionnya di dunia game dan limited edition baru benar-benar on fire setelah Marvel memulai karirnya sebagai copywriter freelance di salah satu advertising agency multi-national di Jakarta. Kini, koleksi limited edition dan pengetahuan Marvel dalam dunia game sudah semakin level up, berbarengan dengan portfolionya sebagai Senior Copywriter. Selain game dan gadgets, Marvel juga dikenal sebagai pemain trading card game, miniature table top game, serta pemerhati komik dan film.