Kumpulan Berita dan Lelucon Selama April Mop 2013! (Continued)

Merasa tertipu dengan beberapa pemberitaan selama satu hari kemarin? Hehe. Itu belum seberapa, dalam artikel kali ini kamu bisa menemukan banyak berita palsu (yang juga bisa menjadi real) lainnya sepanjang April Mop kemarin. Selamat menyimak!

April Mop! Mungkin sebagian besar dari kamu sudah menyadari bahwa kemarin dunia merayakan hari “berbohong” sedunia, tak terkecuali dengan Duniaku. Sebagian besar artikel yang kamu baca tertanggal 1 April 2013 kemarin banyak yang hanya merupakan lelucon, seperti Google NoseYouTube yang menutup layanannyaRazer yang meng-update mouse menjadi perangkat VOIP, konfirmasi Kingdom Hearts baru selama GDC 2013, dan kemudian yang kami update dengan beberapa produk techno dari Sony, Samsung dan juga Nokia. Selain itu, masih ada kabar menarik lainnya yang muncul bersamaan dengan momen April Mop, bisa kamu simak berikut. Bagaimana menurutmu, mana yang kabar bohongan, dan mana yang bakal diseriusi dan terwujud dalam sebuah update fitur baru dari produk atau layanan, atau bahkan benar-benar dijual di pasaran, dari apa yang kami beberkan berikut ini? Bagi komentar kalian di kolom comment Citizen!

The Teleport Transporter-Beta

Kamu yang dulu mengikuti serial Star Trek pasti mengenal The Teleport Transporter. Kini alat yang mampu membuatmu berpindah tempat dengan jarak yang sangat jauh itu tersedia untuk mobile, dan khusus untuk Android dalam bentuk aplikasi The Teleport Transporter-Beta. Yup, karena masih beta, kemampuannya memindahkan kita pun terbatas. Sementara ini hanya bisa men-teleportmu ke 10 portal saja, yang disebar ke kota seperti New York, London, Berlin, Amsterdam, Sydney, Cape Town, Rio de Janeiro, Brazil, Moscow, Hong Kong dan Fukushima. Untuk memindahkanmu ke kota tersebut, diperlukan koneksi internet, plus juga aktifnya GPS. Oh ya, karena masih beta, jangan heran ketika kamu mau teleport terkadang muncul pesan error. Namun jika berhasil, jangan kaget jika kamu menemukan dirimu menurut penanda GPS benar-benar berada di tengah kota tersebut.

Download: The Teleport Transporter-Beta dari Google Play Store

Improved Google Play Developer Console

Kamu para pengembang aplikasi Android, bisa merasakan benefit fitur baru dari Google ini. Mereka memberi opsi yang memungkinkanmu untuk menambahkan tidak hanya aplikasi baru, atau otomatis membuatkanmu aplikasi keren yang bisa mendukug semua gadget, namun juga bisa bebas memilih dimana seharusnya aplikasi tersebut ditampilkan. Kok bisa semudah itu ya? Yup, kini Google memberi kita kesempatan untuk memilih dengan siapa kita akan mengembangkan aplikasi tersebut, bahkan kita bisa memilih penemu Google Larry Page dan Sergey Brin untuk bekerja mengembangkan aplikasi kita, dan seakan sihir saja, aplikasi tersebut langsung jadi kan kita tinggal menikmati hasilnya. Penawaran baru Google ini jelas membuat biaya US $25 untuk masuk Google Play Developers benar-benar sangat besar benefitnya. Jadi kamu para developer aplikasi Android, dengan siapa mau bekerjasama untuk mengembangkan aplikasi barumu? Masuk saja dulu ke halaman Developer Console berikut ini untuk mendaftar.

“Telur Paskah” dari Google?

Kebetulan, tanggal 1 April kemarin masih bernuansa Easter/Paskah, dan apa yang identik dengan hari raya tersebut secara umum adalah telur. Google memiliki cara tersendiri menghadirkan Telur Paskah alias Easter Egg mereka. Coba kamu masukkan perhitungan berikut dalam Google Search.

1.2+(sqrt(1-(sqrt(x^2+y^2))^2) + 1 – x^2-y^2) * (sin (10000 * (x*3+y/5+7))+1/4) from -1.6 to 1.6

Untuk mendapatkan hasil Easter Egg tersebut, kamu perlu membuka halaman search tadi menggunakan browser yang mendukung WebGL Untuk browser PC sih tidak masalah, namun jika kamu mau mencobanya dengan browser mobile, gunakan saja Chrome, namun dengan lebih dulu mengaktifkan dukungan experimental WebGL, yang bisa kamu akses dengan mengetikkan chrome:flags di address bar Chrome.

Google +Emotion

Bagi kamu yang doyan menggunakan Google+, kini Google memberikan update baru, yang memungkinkan kita memberi efek dalamnya emosi suatu foto dengan cara menempelkan ikon emoticon pada foto-foto tersebut. Bisa kamu lakukan dengan cara membuka sembarang foto Google+ di albummu, dan tekan tombol baru “Add emotion” di sebelah tombol Delete…  voila, kamu mendapatkan opsi otomatis memasukkan emoticon, yang disesuaikan dengan konfisi wajah di foto tersebut!

Gmail Blue

Emoticon yang mewakili foto memang keren, namun ternyata Google masih memiliki “guyonan” lain untuk produk mereka yang juga sangat populer, Gmail. Kali ini aplikasi email yang sudah kita kenal sejak tahun 2004 tersebut mendapatkan nuansa baru dari yang biasanya dominai putih dan merah, yaitu biru. Sebenarnya sama seperti Gmail yang kita kenal, hanya saja terlihat lebih biru dan bersinar terang. Masuk saja ke link ini untuk melihatnya, atau bisa kamu ikuti video di bawah. Jelas sekali Google menyindir Microsoft yang baru-baru ini mengumumkan Windows Blue, update terbaru Windows 8.

Introducing Gmail Blue

International Space Station Pada Google Analytics

Bagi yang biasanya menggunakan Google Analytics, ada kabar baru dari Google. Rupanya salah satu fitur Google yang membantu kita atau pemilik suatu website mendapatkan statistik seberapa besar trafik suatu website, mendapatkan semua data-datanya melalui ruang kendali yang berada di luar angkasa. Sayang karena real time, kamu tidak akan mendapatkan informasi space station itu lagi ketika mengakses Analytics.

Google Fiber Poles

Google Fiber merupakan layanan broadband dari Google, yang saat ini hanya ditawarkan di kansas City. Sedangkan Google Fiber to the Pole merupakan update terbarunya, dengan layanan yang sebelumnya menyediakan akses internet berkecepatan fibre optic itu hanya bisa melalui rumah saja, kini bisa dinikmati dimana saja. Cukup hubungkan kaptop yang ingin dihubungkan dengan Fiber melalui kotak-kotak Google Fiber yang tersebar di seluruh penjuru kota. Hmmm, kalau di kota-kota Indonesia, gak bisa kami bayangkan antriannya ketika mau menggunakan akses berkecepatan gigabit tersebut.

Introducing Google Fiber to the Pole

Annncng: Twttr

Puas dengan Google, sekarang kami bawa kamu pada Twitter. Kemarin jejaring sosial 140 kata tersebut akhirnya menemukan cara terbaik bagaimana mengkomersilkan layanan mereka, khususnya bagi pengguna aktif Twitter. Mulai akhir Maret lalu, Twitter membagi layanannya dalam dua pola: Semua orang bisa menggunakan layanan basic-nya, Twttr, namun hanya bisa menggunakan kata konsonan saja. Dan dengan biaya US $5 setiap bulannya, kamu bisa memanfaatkan layanan premium Twitter, yang juga memasukkan huruf vokal ketika menuliskan Tweets. Bagaimana jadinya jika Tweets kita hanya berisi huruf konsonan saja? Bisa kamu lihat pada gambar di atas, yang menampilkan versi mockup dari Tweet yang paling banyak di-Retweet.

Mesin Panggang Masa Depan

Mesin toaster yang diklaim aman digunakan di luar dapur, dan begitu canggihnya sehingga terintegrasi dengan jejaring sosial, mampu memberi notifikasi apa saja bahan yang diperlukan untuk melengkapi roti yang saat ini dipanggang, bahkan mampu mencetak logomu sendiri di permukaan roti yang dipanggang. Kamu memesannya melalui Apple iTunes Store atau Google Play Store dengan harga pre-order hanya Rp. 1,5 jutaan!

Baterai MugenPower 558,000mAh Untuk Galaxy Note II

Kita mengenal Mugen Power sebagai brand yang menawarkan baterai tambahan untuk smartphone atau laptop. Dan kemarin mereka mengkonfirmasikan produk terbarunya, menjadi yang pertama dan terbesar di dunia. Inilah baterai dengan kapasitas 558,000 Atomic Battery untuk Samsung Galaxy Note II, yang diklaim memberi kemampuan 180 kali lebih tahan lama dibandingkan baterai standar Galaxy Note II yang hanya 3,100 mAh. Menggunakan baterai ini sama saja kamu terbebas dari colokan listrik selama 6 bulan, dan bahkan ada garansi 365 hari tukar barang jika terjadi masalah dengan unitnya. Harganya? Bukan main, karena kamu bisa dapat satu unit Samsung Galaxy S III (kondisi 2nd sih!) dengan harga baterai super ini, yang dipatok US $499, atau sekitar Rp. 4,8 jutaan. Jika tertarik membelinya, bisa langsung masuk halaman Mugen Power di sini.

Toshiba Masuki Pasar Gaming Melalui Shibasphere!

Kabar yang tak kalah mengejutkan, Toshiba berniat masuk pasar gaming dengan mengkonfirmasikan konsol next-gen mereka yang disebut Shibasphere! Konsol ini sama sekali tidak memerlukan kontroler untuk mengoperasikannya, dan didesain untuk berkompetisi langsung dengan konsol next-generation dari Sony (PlayStation 4) dan Microsoft (Xbox 720).

Berikut pernyataan resmi Toshiba sehubungan konsol Shibasphere:

“Life will never be the same once you’ve entered the Shibasphere. Extraordinary innovation packed into every spherical inch makes this the most intense game console ever conceived by Toshiba. Forget controllers and cameras. The Shibasphere’s 809.3b infrared motion detection captures your every move in incredible high resolution and puts you right in the action. And with Toshiba’s exclusive Logical Aggression Monitoring, your gaming experience will be all smiles. It’s a real game-changer.”

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Toshiba juga mengungkapkan spesifikasi hardware konsol baru itu. Di sisi hardware sepertinya tidak meragukan, benar-benar monster yang bisa membungkam konsol dari Sony atayu Microsoft! Shibasphere dilengkapi dengan racikan berikut ini:

  • 12 Core 3.5GHz processors
  • 4GB GDDR5 RAM Graphics Card
  • 809.3b Infrared Motion Detection
  • 1080p Full HD Support
  • 7.1 Channel Surround
  • 5 HDMI ports and more!

Kemudian Shibasphere nanti bakal dirilis dengan 6 launch title, dengan beberapa diantaranya (dari judulnya sih!) cukup membuat penasaran!

  • Pet the Dog
  • Contract Negotiations: Union Labor
  • Let’s Travel
  • Stare Down
  • Trade Show: Vegas Edition
  • Organic Farming

Kamu bisa mengetahui lebih jauh mengenai Shibasphere dengan membuka halaman ofisialnya di  Toshiba.com!

Toshibasphere

http://youtu.be/848JwQ1WHZo

SwiftKey Tilt – Mengetik Dengan Sensor Gerakan

But perusahaan asal Inggris SwiftKey, yang kita kenal melalui metode input Android SwiftKey mengumumkan fitur baru unutk keyboard virtual mereka tersebut. Jika selama ini SwiftKey identik dengan menyentuh atau menggeserkan jari pada bidang huruf pada layar, maka kini mereka mengenalkan cara baru. Tidak cukup dengan satu jari saja, kamu perlu menggerakkan keseluruhan tubuhmu untuk mengetikkan setiap huruf-hurufnya. Sepertinya merepotkan ya? Kamu lihat saja langsung video berikut ini.

SwiftKey Tilt – a whole-body typing experience

Walaupun belum dirilis resmi, namun kamu sudah bisa mencoba fitur tilt tersebut. Jika kamu memiliki SwiftKey ter-install, ketikkan saja kata ’tilt’ di sembarang layar input, sentuh-tahan kata prediction yang muncul, dan sentuh “SwiftKey Tilt.” Untuk hasil terbaiknya, kamu perlu meng-install megaktifkan opsi Flow, sehingga kamu dengan mudah bisa memandu kursor mengalirkan pada tiap kata.

Google Wallet Mobile ATM

Jika kamu termasuk paling doyan mampir ke ATM dan menarik dana tunai, Google menawarkan satu solusi baru. Mereka mengkonfirmasikan versi baru Google Wallet Mobile ATM. ATM mobile ini dengan mudah bisa disambungkan ke sembarang smartphone, dan kamu bisa menarik uang dengan mudah secara instan, tanpa perlu repot mencari bank atau ATM terdekat. Teknologi Google Wallet Mobile ATM memungkinkanmu menarik berapapun jumlah uang yang kamu perlukan langsung dari smartphone-mu, atau bisa juga melalui dispenser yang bisa mengenali suara. Masuk saja ke halaman resmi Mobile ATM tersebut di sini.

Google Japanese Input Patapata Version

Website Google Jepang mengkonfirmasikan perangkat baru yang memungkinkanmu memasukkan kata-kata dalam bahasa Jepang dengan hanya satu jari saja. Kamu cukup menyentuhkan jarimu pada tombol, maka dia akan memunculkan semua huruf, yang tinggal kamu pilih untuk dimasukkan ke dalam kata yang kamu susun. Ketika mencapai huruf yang kamu inginkan, langsung lepaskan saja jarimu.

Google 日本語入力パタパタバージョン

Nominasi Pertama Kompetisi Video Terbaik YouTube

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Google sebenarnya membuat YouTube sebagai sarana untuk mencari video terbaik dari seluruh penjuru Bumi. Jejaring sosial sharing video tersebut tidak lebih dari sebuah kompetisi video terbesar di dunia, dan selama ini diam-diam Google sudah menyeleksi video terbaik yang sudah di-upload ke dalam server mereka, dengan rata-rata ada 72 jam video terus di-upload setiap menitnya. Berikut ini link video pertama untuk Day 1, nominasi video terbaik di dunia.

YouTube Announces The Nominees For Best Video (Day 1)

http://www.youtube.com/watch?v=HGeMGqVKD6A

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.