Epic Games: PlayStation 4 Setara dengan PC Terbaik di Dunia

Setelah menunjukkan demo Unreal Engine 4 menggunakan PS4, Epic Games menunjukkan kekagumannya terhadap konsol besutan Sony tersebut. Simak penuturan Epic Games melalui Mark Rein di artikel ini.

Meskipun belum menampakkan wujud asli dari konsolnya, rupanya Sony sudah membuat banyak pihak terkagum-kagum dengan arsitektur hardware-nya, yang kali ini menggunakan PC sebagai basisnya. Tak terkecuali dengan Epic Games, yang beberapa waktu lalu sempat menunjukkan demo Unreal Engine 4 yang dijalankan dengan sangat memukau menggunakan hardware PS4. Melalui wakil presidennya sekaligus kreator Unreal Engine Mark Rein, Epic menunjukkan kekagumannya terhadap hardware PS4 dan menyebutnya setara dengan PC gaming terbaik yang ada di dunia.

“Saya pikir, Sony sudah melakukan langkah yang sangat pintar dengan menggunakan arsitektur PC yang dimodifikasi sedemikian rupa dan memberikan banyak inovasi di dalamnya,” ungkap Rein seperti dikutip dari wawancaranya dengan CVG. “Lupakan bahwa PS4 memiliki memory 16 kali lipat lebih banyak dibandingkan PS3. Jika nantinya banyak mesin yang memiliki hardware seperti itu, kami bisa membuat banyak hal gila dan tidak masuk akal untuk mesin tersebut!” ungkapnya lebih lanjut.

“Satu hal menarik lainnya jika kamu berpikir tentang Windows, banyak orang menggunakan Windows hanya dengan memory sebesar 2 GB. Hal ini tentu membuka kemungkinan PS4 bisa melakukan banyak hal yang bisa dilakukan PC di seluruh dunia, karena sebagian besar PC di dunia menggunakan versi 32-Bit dari Windows. Memiliki PS4 sama halnya dengan kamu memiliki PC terbaik di dunia,” pujinya.

http://youtu.be/dNuIzOxOfn8

Bukan hanya memuji hardware PS4. Lebih lanjut Rein juga memuji beberapa fitur yang ditanamkan Sony di PS4 seperti Background Download, yang disebutnya sebagai fitur yang sangat memudahkan. “Dengan banyak hal yang mereka umumkan dan kerjakan, serta tingkat kemudahan penggunaannya, saya rasa mereka sudah membuat sebuah PC gaming yang benar-benar sempurna,” ujarnya.

Bagi kamu yang belum mengetahui seperti apa hardware berarsitektur PC yang ditanamkan Sony dalam PS4, berikut ini adalah spesifikasi singkatnya.

  • Octa-core x86 64-bit CPU dari AMD
  • Sekitar 2 TeraFLOP/s GPU juga dari AMD, terintegrasi pada CPU die
  • Ada teknologi grafis dedicated yang mampu memberi fungsi kompersi dan dekompresi media video
  • Ada dedicated chipset kedua yang akan diserahi tugas mengerjakan background task, dan itu bahkan selama mode sleep. Semacam penerapan inti tambahan pada prosesor mobile.
  • System Memory 8GB GDDR5 yang akan digunakan oleh CPU dan GPU dengan bandwidth memory 176GB per detik
  • Internal storage yang sangat besar, belum disebutkan berapa kapasitasnya
Terakhir, Rein memberikan sedikit komentar tentang bagaimana rencana Microsoft dengan Xbox barunya. Menurutnya, apa yang dilakukan Microsoft untuk Xbox baru nanti tidak akan jauh berbeda dengan PS4 terutama dalam arsitektur hardware-nya.

[Sumber: CVG]

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.