Liputan Event Perdana Duniaku Checkpoint: International TableTop Day!

Duniaku Checkpoint mengadakan event perdananya bekerja sama dengan Indoboardgames bertajuk International TableTop Day. Seperti apa suasananya? Simak liputannya di dalam!

Apa kabar Citizen Duniaku? Ada yang masih ingat apa itu Duniaku Checkpoint? Betul! Duniaku Checkpoint adalah program yang baru saja diluncurkan oleh Duniaku Network yang berfungsi untuk mewadahi berbagai macam komunitas game dan pop culture yang ada di Indonesia. Nah, sebagai sebagai event perdananya, Duniaku Checkpoint mengadakan International TableTop Day yang diadakan di 1/15 Coffee, Gandaria pada hari Sabtu, 30 Maret 2013 kemarin. Event yang diselenggarakan bekerja sama dengan komunitas Indoboardgames ini sekaligus untuk memperingati International Tabletop Day yang pertama kali diperingati tahun ini dan dicetuskan oleh sebuah channel premium di YouTube bernama Geek and Sundry.

Event kali ini berlangsung seharian penuh, dimulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Walaupun peserta yang ingin datang diharuskan membayar sebesar Rp. 50,000 dikarenakan tempatnya yang terbatas, hal ini tidak menghalangi para pecinta boardgames untuk datang dan bermain bersama. Boardgames yang disediakan pun jumlahnya cukup banyak, bahkan hingga acara selesai masih ada beberapa boardgames yang tidak sempat dibuka dan dimainkan. Kenapa bisa begitu? Ternyata, untuk memainkan boardgames itu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Durasi permainan memang tergantung dari kompleksitas boardgames itu sendiri, namun rata – rata boardgames menghabiskan waktu antara 1.5 jam sampai lebih dari 3 jam, hanya untuk menyelesaikan satu ronde saja. Beberapa boardgames yang dapat dimainkan antara lain Lord of The Rings : Confrontation, Mansion of Madness, Chaos in The Old World, REX: Final Days of an Empire, Smallworld dan masih banyak lagi.

Walaupun kelihatannya lama, jika kita sudah bermain bersama para pecinta boardgames yang lainnya, waktu tidak akan terasa. Biasanya, yang memakan waktu lama adalah jenis permainan boardgame (menggunakan papan permainan) sedangkan untuk permainan yang lebih singkat berupa cardgame. Mau bukti keseruan bermain boardgames? Banyak peserta yang menunda makan siangnya hanya untuk menyelesaikan 1 permainan terlebih dahulu! Dan, jika kamu menyangka bahwa peserta event ini kebanyakan adalah anak kecil dan pelajar, kamu salah besar! Banyak peserta yang datang sebenarnya sudah berumur ataupun sudah bekerja, dan bahkan ada yang rela mampir sejenak untuk bermain sebelum menjemput anaknya dari sekolah.

[nggallery id=478]

Asyik bukan? So, pastikan kamu datang di event Duniaku Checkpoint selanjutnya, yang dijamin pasti seru!

 

Artikel oleh Aditya Pratama

TENTANG PENULIS
duniaku

Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.