Windows in Blue, Ambisi Baru Microsoft Membawa Windows Phone ke Wilayah Desktop

Sejak dirilis pertama kali 26 Oktober 2012 lalu, Windows belum meng-update sistem operasi Windows 8. Baru pada awal February 2013 dilaporkan bakal ada update untuk OS yang dikembangkan untuk tablet dan desktop itu, dan disebut dengan kode nama Windows Blue.

Live Tile-nya ada yang besar dan kecil…

Sejak dirilis pertama kali 26 Oktober 2012 lalu, Windows belum meng-update sistem operasi desktop terbaru mereka, Windows 8. Baru pada awal February 2013 (juga sudah terdengar desas-desusnya sejak akhir 2012) dilaporkan bakal ada update untuk OS yang dikembangkan untuk tablet dan desktop itu, dan disebut dengan kode nama Windows Blue.

Dengan tile di start screen yang lebih kecil, memberi lebih banyak opsi layout. Fitur ini dibawa dari Windows Phone 8, memungkinkan lebih banyak tile tampil pada layar. Kustomisasi start screen juga menjadi lebih mudah, dimana kamu bisa menemukan opsi color dan background langsung di menu setting start screen, bukanya di dalam aplikasi Settings.

Menjadi milestone alias major upgrade pertama Windows 8, Blue menawarkan beberapa pembaruan untuk membuat sistem operasi terkini Microsoft tersebut menjadi lebih diterima publik, dan saat ini dipercaya progress pengembangannya nyaris selesai, mengingat banyak versi alfanya yang bocor di internet mulai akhir Maret lalu. Blue dikabarkan bakal hadir Agustus 2013 mendatang, dan versi beta pertamanya dirilis bulan Juni 2013 nanti. Windows Blue juga bakal memperbanyak pilihan tablet Microsoft, karena fokus utamanya adalah unit yang lebih kecil (sehingga ada juga yang menyebut Blue sebagai manifestasi Windows Phone melalui layar yang membesar), termasuk tablet yang ukuran 7 dan 8-inchi, yang beberapa diantaranya ditujukan untuk mobile gaming. Harganya pun direncanakan tidak akan terlalu mahal. Tablet Windows Blue mini tersebut akan dijual di kisaran US $199 sampai $249 saja! Jelas menjadi ancaman untuk tablet-tablet murah Google Android. Meskipun fokusnya untuk perangkat berlayar mini, upgrade  baru Windows 8 ini juga menyediakan varian x86 dan x64 bagi mereka pengguna desktop kelas berat.

Lebih banyak opsi kustomisasi warna theme. Kamu tinggal mengakses sidebar untuk memunculkan opsi kustomisasinya. Oh ya, dalam Windows 8, untuk menggerakkan Live Tile kamu tinggal memilih satu dan bebas menggerakkannya ke atas atau bawah. Namun dalam Blue, mode kustomisasi khusus harus diaktifkan dengan menahan Live Tile tersebut lebih lama.

Dan memang benar proses pengembangannya sudah nyaris selesai, karena kamu bisa men-download versi baru OS yang sebelumnya disebut sebagai Windows 9 tersebut dengan meng-install versi leak-nya yang banyak bertebaran di file sharing internet. Windows Blue yang mendapat identitas build 9364 dalam sebuah file image sebesar 2,63 GB ISO (9364.0.FBL_PARTNER_OUT13.130315-2105_X86FRE_CLIENT) tersebut tampaknya ditujukan untuk komputer workstation 32-bit eksklusif partner Microsoft di Prancis. Meskipun ada status eksklusif, tidak menghindarkan installer tersebut bocor. Jika penasaran, kamu bisa mem-burn ISO-nya dari file torrent seperti di sini atau di sini, atau kompilasi beberapa link file sharing di sini. Atau, cukup melihat banyak screenshot tampilan barunya di bawah.

Nantinya bakal disebut sebagai Windows 8.1.

Kabar terbarunya, rupanya nama Windows Blue tetap berakhir sebagai sebuah kode nama saja. Karena kemarin muncul berita baru jika nantinya update tersebut akan dirilis sebagai Windows 8.1. Screenshot baru yang menunjukkan build baru Windows Blue dengan Build 9375 menegaskannya, dinama Blue akan tetap ditempatkan di bawah payung Windows 8, bukanya disebut sebagai Windows 9 seperti yang banyak disebut-sebutkan akhir tahun lalu. Selain itu, update Windows Blue untuk Microsoft RT nantinya juga akan disebut sebagai Windows RT 8.1. Namun berkenaan dengan makin mengecilnya resolusi layar minimal yang dibutuhkan Windows 8, yang berujung kemungkinan muncul perangkat dengan layar yang lebih kecil, muncul rumor jika ke depan Microsoft bakal menghentikan dukungan untuk Windows RT, dan akan fokus pada Windows 8.1.

Integrasi SkyDrive lebih dalam dalam Windows Blue, dimana kini kamu bisa mengatur free space, device backup, dan juga file syncing langsung dari aplikasi Setting Windows Blue.

Perubahan yang paling jelas terlihat dari Windows baru ini adalah Live Tile-nya yang lebih fleksibel, dengan adanya pilihan lebih besar dan lebih kecil dari biasanya, memungkinkan kita mengkustomisasi Start Screen lebih dalam — dan aplikasi kini bisa diperkecil tampilannya ke dalam ikon kotak yang sangat kecil seperti pada Live Tile-nya Windows Phone. Kemudian disediakan tampilan yang memungkinkan aplikasi muncul secara bersebelahan dengan lebar yang sama ala multi-windows-nya smartphone Android Samsung Galaxy.

Aplikasi Setting menjadi salah satu sasaran perubahan terbesar dalam Windows Blue. Pada Windows 8, aplikasi Setting tersebut memaksa kita masuk ke dalam Control Panel, yang juga menjadi rujukan banyak pengaturan umum, seperti mengubah setting network, resolusi layar, atau waktu sistem saat ini. Fitur tersebut kini dijadikan satu dalam aplikasi Setting yang kini bernuansa Metro. Di sana pengaturan basic lebih banyak kamu temukan, dan mengaksesnya pun cukup mudah, dengan hanya dua tingkatan subsection dari setiap bagian setting umum.

Tampilan tersebut pasti disukai mereka yang doyan multitasking, karena lebih efisien, tidak perlu sering berganti jendela untuk melihat aplikasi yang tidak aktif. Dan karena opsi multitasking baru itu, muncul update kebutuhan minim spesifikasi Windows 8, yaitu resolusi layar untuk tablet yang akan menggunakan Windows 8 diubah menjadi 1024 x 768-pixel dari 1,366 x 768-pixel, yang mengindikasikan jika nantinya kita bakal mendapatkan gadget baru yang menjalankan Windows 8, namun ukuran layarnya lebih kecil.

Windows 8 di layar yang lebih kecil? Kenapa tidak!

Beberapa fungsi kustomisasi antar muka juga diberikan, termasuk warna theme, dan integrasi SkyDrive yang lebih dalam, atau ada penambahan lainnya seperti adanya opsi Play pada panel Devices, tombol screenshot pada sidebar Share, dan Internet Explorer 11, yang langsung dibundel bersama versi baru OS tersebut. Beberapa aplikasi lainnya yang dimasukkan dalam versi alfa tersebut seperti aplikasi alarm dengan countdown timer dan stop watch, perekam suara yang sangat basic, serta ada pengganti Movie Maker, yang disebut Movie Moments. Kalkulator baru yang disebut Calculate dengan fungsi tidak hanya perhitungan scientific, namun juga ada fungsi konversi.

Nantinya Lock Screen bakal seperti Windows Phone 8, bisa menampilkan slideshow koleksi gambarmu.

Microsoft juga dikabarkan mengembangkan opsi rahasia, seperti shutdown utility slide to unlock untuk layar lock screen, plus beberapa opsi setting untuk kustomisasi antar muka yang kini lebih banyak bernuansa Metro. Misalnya, fitur yang sudah ada pada Windows Phone 8, yaitu picture frame tool bakal mencari gambar yang tersimpan di perpustakaan lokal hard disk-mu atau bahkan gambar di akun SkyDrive, otomatis mengimpornya dan memunculkan sebagai slideshow di layar lock screen, tida peduli kamu menggunakan Blue versi desktop atau RT.

Tampilan File Manager yang dibalut nuansa Metro.

Untuk Internet Explorer 11, Microsoft memasukkan beberapa teknologi baru yang diharapkan bisa lebih stabil dan cepat dibandingkan IE sebelumnya. Yang sudah diketahui adalah IE11 mendukung SPDY, protocol yang didesain Google untuk meload website lebih cepat, dengan perkiraan website akan ter-load 64% lebih cepat dari versi IE sebelumnya. Versi Metro dari IE11 ini juga memiliki download manager terintegrasi yang memungkinkan kita untuk mem-pause, resume dan melacak download lama yang pernah kita lakukan. Meskipun fungsi tersebut cukup basic dan umum ditemui di browser modern mana pun, namun pasti banyak pengemar IE yang menyambut kabar ini.

IE11 mendapatkan peningkatan melalui dukungan HTML5 yang lebih baik, kemudian ada opsi untuk mensinkronisasikan tab yang kamu buka. Namun yang paling “aneh” kamu tidak lagi mengenalinya sebagai “MSIE,” justru “like Gecko.” Gecko sendiri menjadi engine rendering yang digunakan Firefox, dan sebagian besari WebKit juga mengaku sebagai “like Gecko.”

Selain itu, versi Metro dari IE11 ini juga mendapatkan setting Tracking Protection. Pada Internet Explorer 10 ada opsi Do Not Track yang secara defaukt diaktifkan. Melalui IE11 kamu mendapatkan opsi untuk men-disable setting tersebut. Namun yang paling mengejutkan, dalam IE11 Microsoft memasukkan command “Like Gecko” yang membuat IE11 mereka mengemulasikan Firefox, dan memaksa semua website mengenali IE11 sebagai browser Mozilla.

Salah satu perubahan signifikan Windows Blue, seberapa baik multitasking bisa ditangani. Windows 8 memiliki snap view, dimana dua aplikasi Metro bisa ditempatkan berdampingan. Satu aplikasi fix ditempatkan pada kolom selebar 320-pixel, sedangkan yang lain memenuhi sisanya. Namun dalam Blue menjadi lebih fleksibel. Pertama, minimal lebar pixelnya 320, namun kamu bisa membagi lebar pixel layarmu dengan rata, katakanlah 50/50. Limitnya pun juga bertambah, bergantung lebar pixel layar. Pada layar 1920×1080-pixel, tiga aplikasi bisa kamu jajarkan dengan sama rata, sedangkan pada layar resolusi 2560×1440 bertambah menjadi 4.

Namun jika layarmu hanya 1024 x 768-pixel, hanya ada dua aplikasi bisa tampil bersamaan seperti di atas.

Sedangkan untuk release date, belum ada pengumuman resmi soal itu, namun baru-baru ini Microsoft menyebutkan bahwa mereka bakal mengadakan 2013 BUILD developer conference, yang berlangsung selama Juni 2013 mendatang. Bisa jadi event tersebut digunakan untuk mengkonfirmasikan keberadaan Windows 8.1 ini. Sejauh ini baru Frank X. Shaw, Corporate Vice President of Corporate Communications at Microsoft, yang mengakui secara pribadi keberadaan proyek Blue ini melalui blog ofisial Microsoft.

First Look: Windows 8.1 (Blue) Build 9364

Windows BLUE Tour

http://youtu.be/28ewKf16ro0

Plus di bawah ada video yang bocor dari Microsoft, menunjukkan versi baru aplikasi Paint yang akan disertakan dalam Windows Blue. Fitur baru yang menjadi sorotan dalam video seperti dukungan watercolor selain oil paint yang sudah kita kenal melalui aplikasi Paint lawas. Kemudian juga ditambahkan di dalamnya, opsi untuk mengimpor gambar tertentu dan mengubahnya ke mode watercolor.

Fresh Paint for Windows Blue

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.