Arkana, Vandaria Wars Revival

Tim Kreator Vandaria saat ini tengah mempersiapkan kebangkitan dari Vandaria Wars. Eh, ini bukan barita April Mop lho. Vandaria Wars Revival is REAL! Penasaran? Baca bocoran testplay-nya.

1365048967000

Vandaria Wars Revival Project

Salah satu tonggak dalam sejarah Vandaria Saga adalah Vandaria Wars. Banyak sekali yang telah dicapai oleh Vandaria Wars, termasuk pembentukan fanbase, cerita jangka panjang, serta sejumlah rekor yang diperoleh. Selain itu, bagi saya Vandaria Wars adalah TCG dengan gameplay terbaik yang benar-benar merepresentasikan perang perebutan wilayah. Meski saat ini Vandaria Wars berada dalam kondisi vakum, namun banyak sekali fans Vandaria Wars atau bahkan fans novel Vandaria Saga yang menantikan kebangkitannya.

Tim pengembang Vandaria Wars saat ini sedang mempersiapkan kebangkitan dari Vandaria Wars. Namun harus diakui bahwa Vandaria Wars memiliki kompleksitas permainan yang sangat tinggi, sehingga sangat sulit untuk dipelajari oleh pemain baru. Vandaria Wars baru ini atau yang kita sebut sebagai codename Arkana akan memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah. Game ini ditargetkan untuk pasar semua umur dan keluarga. Permainan yang disajikan juga bersifat party games, dimana banyak pemain (sekitar 3 hingga 6 pemain) bermain secara bersama dalam satu meja.

Rynaldo C. Hadi, Penulis Vandaria Saga: Tabir Nalar (terbitan Gramedia), inisiator Vandaria Wars Revival Project

Vandaria Arkana merupakan sebuah card game yang terdiri dari tiga jenis kartu, yaitu: Territory, Follower, dan Action. Territory merupakan kartu wilayah yang akan menjadi syarat kemenangan, Follower merupakan kartu pasukan yang dapat digunakan untuk menyerang atau mempertahankan wilayah, dan Action merupakan kartu sekali pakai yang memiliki efek khusus. Terasa seperti Vandaria Wars? Jangan khawatir, karena skill-skill dalam set kartu ini sangat sederhana.

Testplay Vandaria Arkana

Untuk dapat menggunakan kartu tersebut, pemain perlu membayar resource sesuai harga kartu tersebut. Harga kartu berada di angka 1 hingga 3, dan pemain memiliki 3 resource setiap turn yang tidak dapat diakumulasikan. Penggunaan kartu secara umum hanya dapat dilakukan pada gilirannya.

Unsur deployment tidak ada dalam Vandaria Arkana. Territory dan Follower tidak saling terkait. Namun Follower dapat mempertahankan Territory ketika Territory manapun diserang. Follower hanya dapat menyerang ketika pemain memiliki kartu action untuk menyerang. Permainan menjadi semakin dinamis melalui kartu Respond yang memiliki harga 0 dan dapat dilakukan kapanpun. Penyerangan tidak akan menghancurkan Territory, namun merebut Territory pemain lain.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan permainan adalah untuk mengumpulkan Territory. Kemenangan tercapai apabila salah satu pemain telah memiliki sejumlah Territory dengan total harga 10 atau lebih.

Bersama kru Duniaku dan Zigma Omega

Satu hal yang menarik dalam Vandaria Arkana adalah: Card Game ini merupakan Card Game yang hidup dalam dunia Vandaria. Vandaria Arkana merupakan sebuah permainan yang populer di kalangan Frameless Edenion. Nantinya dalam cerita Vandaria Saga (novel, game, komik, dsb), kartu ini akan memiliki peran di dalamnya. Bayangkan, bagaimana jika ternyata Raja Tunggal suka mengkoleksi kartu Arkana?

Vandaria Arkana dipersiapkan sebagai Card Game yang akan diperkenalkan dalam event Gerakan Indonesia Bermain. Event ini merupakan kelanjutan dari Indonesia Bermain yang sebelumnya diselenggarakan oleh Agate Studio dan Kummara. Gerakan Indonesia Bermain akan dimotori oleh Duniaku Network dan Binus University, di mana event ini akan bertemakan Hari Bermain Nasional dan mengangkat game-game lokal. Penasaran? Tunggu berita selanjutnya!!

TENTANG PENULIS
Adelva

Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.