Facebook Konfirmasikan Launcher Android Home, Pertama Diterapkan Untuk HTC First

Seperti yang kami ungkapkan kemarin, Facebook menggelar event Facebook Home, yang ternyata selain mengumumkan smartphone HTC first, juga untuk mengkonfirmasikan sebuah launcher khusus Android bernuansa Facebook yang disebut Home.

1365147907000

Seperti yang kami ungkapkan kemarin, Facebook menggelar event yang disebut Facebook Home. Petunjuk awalnya, event ini berhubungan dengan Android. Dugaan awal, mereka bakal mengkonfirmasikan smartphone Facebook khusus yang diproduksi HTC. Namun ternyata bukan hanya smartphone, Facebook juga membuat satu launcher bernuansa Facebook yang disebut Home.

Seperti tipikal launcher untuk Android lainnya, Facebook Home bakal menggantikan homescreen standarmu dengan “Cover Feed” – sebuah tool yang memberi kita opsi pengoperasian menggunakan goresan tangan pada post, picture, status atau apa pun yang ditarik dari akun Facebook teman kita ke layar homescreen Android.

Facebook Home bakal diluncurkan untuk Android di Google Play pada 12 April 2013 nanti untuk beberapa tipe smartphone Android tertentu, dan yang pertama pasti mendapatkannya seperti Samsung Galaxy S IV, Galaxy S III dan Galaxy Note II, kemudian dari HTC ada HTC One, One X dan One X+. Melalui CEO Mark Zuckerberg, Facebook berusaha membuat Home lebih baik dari tipikal launcher, meskipun kemungkinan nantinya bisa dinikmati semua Android. Demikian Facebook harus berusaha membuat Home tersebut bisa berjalan semulus mungkin seperti layaknya sebuah aplikasi / launcher bawaan smartphone (misalnya: TouchWiz, HTC Sense, LG UX), seperti versi terbaru aplikasi Facebook untuk Android yang menurt kami sudah jauh lebih baik dari versi-versi awalnya.

Home sendiri pertama kali akan muncul untuk smartphone Android yang menjadi koleborasi Facebook dengan HTC, yaitu HTC First (gambar atas), yang bakal dijual secara bundling oleh operator AT&T pada 12 April nanti. Kamu bisa memesannya secara pre-order (yang sayangnya dikunci ke operator AT&T) melalui web ofisialnya di sini, dengan harga hanya US $99.99 untuk kontrak dua tahun. Sebagai duta pertama Facebook Home, HTC First mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 400 dengan prosesor dual-core CPU Krait dari teknologi 28 nm dan Cortex-A7 yang kecepatannya 1.4 GHz, serta dipadukan dengan 1 GB RAM dan GPU Adreno 305. Layarnya sendiri dimensinya 4.3-inchi dengan resolusi 720 x 1280-pixel, ada kamera utama 5-megapixel, dan mendukung koneksi 4G LTE. Versi Android-nya pun sudah 4.1 Jelly Bean.

Facebook mendesain launcher mereka ini bukan sekadar polesan pada homescreen dan daftar aplikasi. Namun mulai dari lockscreen kamu juga langsung merasakan nuansa news feed. Disebut sebagai Cover Feed, tampilan layar ini menggantikan lock screen dan home screen, dan menjadi jendela pada apa yang terjadi pada teman-temanmu, baik dalam bentuk status update atau foto. Menjadi sentral dari perhatianmu pada smartphone, maka kamu tidak akan ketinggalan update dari teman-temanmu. Untuk melihat news feed lainnya, kamu tinggal menyapukan jari untuk menggeser tampilan ke update teman yang lain, dan sentuh dua kali layar untuk melihat lebih detail update tersebut.

Sementara ini cover feed hanya mendukung beberapa fungsi saja, seperti photo stories (meng-update profile photo, meng-update cover photo, membuka graph stories dengan user generated photos, memberi like pada foto, men-tag seseorang pada foto, memberi komentar pada foto seseorang, membagikan foto). Lalu untuk fungso selain photo stories, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti meng-update status, menempatkan check-in dengan sebuah pesan, membagikan link urls dengan meng-klik tombol “share” pada story yang lain, dan mem-post url dari timeline-mu. Dan fungsi terakhir cover feed adalah page post, yang bakal berguna bagi para admin ketika mau mengelola foto dari suatu Page.

Fitur utama kedua dari launcher ini disebut Chat Heads. Satu bagian dimana kamu bisa terus berkomunikasi chatting dengan temanmu, meskipun kamu menggunakan aplikasi lainnya, entah itu sedang menulis email, browsing web dan mendengarkan musik. Ketika temanmu mengirimkan pesan, ada chat head yang nongol di sisi layar dengan ikon wajah temanmu, jadi kamu bisa langsung menandai siapa yang menyapamu saat itu. Kamu bebas menggerakkan chat head atau merespon pesan tersebut. Dan berkat integrasi SMS pada Facebook Messenger sejak pertengahan Desember 2012 lalu, melalui chat head kamu juga bisa langsung mengakses pesan teks, selain komunikasi chat.

Selain kedua fungsi utama tersebut, seperti aplikasi Facebook yang kita kenal dan membantu dengan notifikasi ketika ada sesuatu terjadi dalam akun Facebook-mu, kini melalui Home fungsi notification tersebut juga diperbaiki. Bukan sekadar tulisan saja, namun dalam cover feed notifikasi itu kini memperlihatkan foto dari teman yang berinteraksi denganmu, khususnya untuk notifikasi penting, seperti ketika ada yang mem-post sesuatu di timeline-mu. Kemudian seperti tipikal launcher lainnya, kamu bisa menempatkan aplikasi favorit yang ada dalam drawer aplikasimu pada home screen atau cover feed.

UPDATE: Ketika kami mengamati halaman ofisial Facebook Home, tepatnya di bagian notification, di sana disebutkan jika ternyata versi gratis dari aplikasi Home yang bisa mulai kamu download pada 12 April nanti akan menghilangkan fungsi notifikasi standar Android seperti ketika ada panggilan masuk, SMS/MMS, email, Google Play, event, dan notifikasi yang berhubungan dengan aplikasi! Lain jika kamu membeli HTC First, aplikasi launcher Home lebih bersahabat dan bisa memunculkan semua notifikasi standar Android.

How to Use Cover Feed on Facebook Home

http://youtu.be/tWKE0HTl0ig

How to Use Chat Heads on Facebook Home

http://youtu.be/9p_y9dAK94Q

Using Facebook Home Notifications on your New HTC First Smartphone

http://youtu.be/HKyO0hJEp-g

[cb type=”company”]Facebook[/cb]

Sumber: Facebook, (2), (3)

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.