Star Wars 1313 Awalnya Adalah Game Tentang Boba Fett

Setelah penutupan studio kemarin, beberapa staff membeberkan banyak hal tentang dua game Star Wars yang dibatalkan. Simak apa kata mereka tentang Star Wars 1313, yang kabarnya bakal menempatkan Boba Fett sebagai protagonis utama.

1365149556000

Kemarin, kita sudah mendapatkan kabar buruk dengan penutupan studio LucasArts yang dilakukan oleh Disney dan LucasFilm. Menjadi semakin memburuk setelah mengetahui kabar bahwa dua game Star Wars yang sejatinya akan dirilis, 1313 dan First Assault pengembangannya dibatalkan dan tidak dialihkan kepada pengembang lain. Setelah pembatalan ini, beberapa staff LucasArts pun membeberkan beberapa fakta menarik seputar 1313, termasuk seperti apa seharusnya game tersebut jika tidak dibatalkan pengembangannya.

Salah satu sumber dari LucasArts menyebutkan bahwa game ini sejatinya akan mengangkat Boba Fett sebagai protagonis utama. Tidak bisa dipungkiri, bahwa pemburu bayaran ini adalah salah satu karakter favorit dari para fans Star Wars, dan sebuah game tentang dirinya tentu sudah sangat ditunggu-tunggu. Semuanya terjadi pada bulan Mei tahun lalu atau sebelum diselenggarakannya E3. Pada saat itu, George Lucas sempat melihat konsep dari 1313 yang sudah banyak berubah, dan sejurus kemudian dia menginginkan bahwa game ini haruslah menceritakan Boba Fett. Dua concept art awal game ini bisa kamu simak di artikel ini, dimana di salah satu art (di bawah ini) terlihat Boba Fett yang berdiri di atas seorang pemburu bayaran mirip kadal yang disebut-sebut sebagai Bossk. Adegan ini pun terjadi di Coruscant, tempat yang memang direncanakan untuk menjadi setting Star Wars 1313.

Kilas balik dalam E3 lalu, pada saat itu LucasArts memberikan sedikit deskripsi untuk game ini termasuk demonya. Sesuai judulnya, game ini akan ber-setting di Level 1313, sebuah sarang kriminal yang paling berbahaya di galaksi dan terletak di bawah permukaan planet Coruscant. Dalam game ini, kamu akan memerankan seorang pemburu bayaran (yang saat itu belum diketahui siapa, dan akhirnya terbongkar bahwa pemburu tersebut adalah Boba Fett), yang harus membongkar konspirasi kriminal yang terjadi di sarang tersebut.

Sayang sekali, game ini bersama dengan First Assault urung dilanjutkan pengembangannya setelah LucasArts ditutup kemarin. Meskipun LucasArts sebelumnya sempat memiliki rencana untuk menjual lisensi pengembangan dua game ini kepada developer pihak ketiga lain, namun sumber internal menyebutkan bahwa peluang tersebut sangatlah kecil. Pengembangannyapun disebut-sebut sudah dihentikan pada akhir tahun lalu.

Mungkin ini kabar yang sangat buruk bagi para penggemar Star Wars, yang ingin melihat aksi Boba Fett dalam sebuah game yang terfokus pada dirinya. Namun, kita harapkan saja semoga pengembangan game ini jadi berpindah tangan, sehingga meskipun LucasArts hanya tinggal kenangan, setidaknya dua game yang sudah separuh jalan ini jadi dirilis dan menjadi warisan yang berharga.

[Sumber: Kotaku]

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.