Tekken Card Tournament, Kombinasi Game Fighting dengan TCG ala Tekken

Namco Bandai mulai merilis Tekken Card Tournament untuk iOS, Android dan Web sekaligus. Seperti apa kombinasi antara Trading Card Game (TCG) dengan game fighting dengan aroma Tekken ini? Simak di dalam!

Sekitar awal tahun lalu, Namco Bandai mengkonfirmasikan pengembangan Tekken Card Tournament, sebuah game Trading Card Game (TCG) beraroma fighting dengan mengusung nama besar Tekken. Dalam konfirmasinya saat itu, Namco Bandai mengungkapkan bahwa game ini terdiri dari dua fase yang berbeda. Fase pertama adalah sebuah game card battle dengan format free to play yang bisa dimainkan secara online melalui tablet, smartphone dan browser, sedangkan fase kedua adalah tersedianya beberapa kartu fisik yang akan beredar di pasaran dalam tahun ini juga.

Nah, mulai hari ini, Namco Bandai sudah merilis fase pertama dari game tersebut. Dalam fase pertama ini, kamu bisa memainkan Tekken Card Tournament melalui tiga platform berbeda, Android, iOS dan Web. Yang menarik, game ini menggunakan metode cross platform, sehingga pemain di web bisa bertarung melawan pemain yang memainkan versi Android, ataupun pemain versi iOS. Gerakan-gerakan fighting di dalam game ini diubah menjadi kartu-kartu yang bisa kamu kumpulkan, susun menjadi deck dan digunakan dalam pertarungan.

Game ini cukup mudah dimainkan. Dalam pertarungan, kamu hanya perlu melakukan satu dari tiga aksi di tiap satu putaran, yaitu Focus, Strike atau Block. Jika kamu memilih Focus, maka dalam fase tersebut kamu bisa men-draw satu kartu dari deck kamu, tetapi kamu tidak bisa menyerang dan akan terkena damage bila lawan melakukan Strike. Setelah mengumpulkan kartu dengan melakukan Focus, kamu bisa melancarkan Strike yang bisa memberikan damage ke HP lawan. Untuk melakukan Strike ini minimal kamu memerlukan satu buah kartu yang bisa kamu draw dengan menggunakan perintah Focus. Sedangkan untuk Block, kamu bisa mengeblok damage dari dua kartu serangan milik lawan. Jadi, jika lawan memiliki tiga kartu atau lebih, hanya dua kartu saja yang damage-nya menjadi 0. Damage sisa akan tetap terdistribusi ke HP kamu.

Tiap kartu tidak hanya memiliki nilai damage saja. Beberapa kartu juga memiliki efek spesial seperti draw kartu jika blocking kamu gagal, atau tambah HP saat Strike kamu berhasil masuk ke HP lawan. Jika salah satu pemain HP-nya sudah mencapai 0, maka pemain lawan akan menjadi pemenangnya. Kamu hanya bisa membawa maksimal lima kartu saja di tangan, alias maksimal lima serangan (tiga jika musuh melakukan Block) yang bisa kamu lancarkan bersamaan. Selain kartu serangan, terdapat pula satu kartu istimewa yang disebut dengan Power Card, dimana kamu hanya bisa membawa satu saja di deck. Power Card ini akan diaktifkan satu kali di awal pertarungan, dimana kamu bisa mendapatkan efek bermacam-macam yang sifatnya permanen sampai pertarungan berakhir, seperti tambahan maksimal HP karakter kamu.

Untuk menambah koleksi kartu, game ini menggunakan metode freemium. Terdapat beberapa booster kartu yang bisa kamu beli menggunakan koin atau gold. Kamu bisa mendapatkan koin dan gold setiap selesai pertarungan, atau membelinya dengan menggunakan uang nyata seperti tipikal game-game freemium lainnya. Fitur lain yang disediakan game ini antara lain tutorial dan juga deck editor dalam menu Cards yang bisa kamu gunakan untuk mengatur deck kamu. Terdapat pula sebuah fitur Fusion yang bisa kamu gunakan untuk membuat kartu baru dengan cara menggabungkan dua kartu yang sudah kamu miliki.

Ini baru langkah awal saja dari Tekken Card Tournament. Kabarnya, pada pertengahan tahun ini juga Namco Bandai siap merilis sekitar 191 kartu fisik yang bisa kamu beli. Kartu-kartu fisik ini bisa kamu tambahkan di deck-mu dengan cara melakukan scan pada QR Code-nya, atau memunculkan efek-efek Augmented Reality (AR) dengan menggunakan kamera gadget kamu.

Tertarik memainkan game ini? Langsung saja kunjungi website resminya untuk memainkan versi web-nya, atau download game untuk iOS-nya di sini dan untuk Android di sini.

[Sumber: Official Website]

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.