LucasArts Ditutup, Dua Game Star Wars Menjadi Open Source

Penutupan LucasArts rupanya banyak membuat pihak prihatin, termasuk Raven Software yang pernah bekerja sama membuat beberapa game Star Wars. Untuk itu, mereka memutuskan untuk merilis kode program dari dua game-nya, yang bisa didapatkan gratis.

Penutupan LucasArts yang dilakukan oleh Disney dan LucasFilms beberapa hari lalu rupanya memberikan dampak yang cukup besar. Bukan hanya untuk studio-nya sendiri atau untuk gamer yang sudah menunggu-nunggu game barunya dirilis, tetapi juga berdampak pada developer lain yang pernah bekerja sama dengan LucasArts sebelumnya. Salah satunya adalah Raven Software, developer yang pernah bekerja sama dengan LucasArts untuk mengembangkan beberapa game Star Wars seperti Jedi Knight.

Beberapa saat setelah pengumuman penutupan LucasArts, Raven pun merilis dua source code dua game yang pernah mereka kembangkan, yaitu Jedi Knight II: Jedi Outcast dan Jedi Knight: Jedi Academy untuk umum secara gratis. Artinya, kode program ini tentu menjadi open source, dan memungkinkan para modder untuk memberikan mod-mod menarik bagi dua game ini. “Raven sangat sedih mendengar penutupan studio LucasArts hari ini. Kami sangat respek kepada mereka dan sangat menikmati bekerja bersama mereka selama beberapa tahun ini,” tulis Raven dalam pernyataan resminya seperti dilansir dari Kotaku. “Kami berharap yang terbaik bagi seluruh orang-orang bertalenta yang meninggalkan studio tersebut dan berharap mereka bisa mendapatkan tempat kerja yang lebih baik di industri ini,” tulisnya lebih lanjut.

Selanjutnya, mereka menuliskan alasan mereka merilis dua game ini dalam bentuk kode program yang open source. “Kami mencintai dan mengapresiasi pengalaman kami saat mengembangkan Jedi Knight II: Jedi Outcast dan Jedi Academy bersama LucasArts. Sebagai kado untuk fans game kami yang loyal dan untuk mengingat LucasArts, kami merilis kode program dari dua game ini untuk dinikmati dan dimainkan,” tulis mereka.

Tertarik untuk mendapatkan kode program dua game ini? Kamu bisa langsung men-download-nya di sini untuk Jedi Knight II: Jedi Outcast dan di sini untuk Jedi Academy. Sesuai deskripsinya, kode program kedua game ini ditulis dalam bahasa C dan C++. Dan tentu saja, untuk bisa mengutak-atik kode program ini atau mengkustomisasinya, kamu membutuhkan sedikit pengetahuan pemrograman dan bahasa tersebut.

Jadi jangan heran, jika dalam beberapa hari ke depan akan banyak versi mod dari game ini ya!

[Sumber: Kotaku]

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.