Pengenalan Fitur Dragona Online

Simak penting dari Dragona Online Indonesia mengenai Crafting, Quest, Instance Dungeon, Guild System dan Party dan Expedition.

Kali ini Dragona Online Indonesia akan mengulas beberapa fitur penting dalam game ini meliputi: Crafting, Quest, Instance Dungeon, Guild System dan Party dan Expedition.

Crafting
Crafting merupakan Sistem dalam Dragona agar gamers dapat membuat “Unique Item” dengan menggunakan Crafting item dan material dari monster. Jika kamu telah memiliki semua material yang dibutuhkan maka kamu dapat membuat item tersebut dengan menggunakan Crafting System yang telah tersedia dalam game Dragona.

Unique Item yang diproses  melalui System Crafting lebih istimewa dibandingkan item lainnya. Crafting material dapat diperoleh dari monster, mini bos dan bos yang berada di dalam Instance Dungeon.

Quest
Untuk memahami permainan serta alur cerita dalam game Dragona, kalian  harus mengikuti setiap quest yang ada. Menyelesaikan quest akan membantumu mendapatkan EXP serta item hadiah.

Cara mendapatkan quest
1. Auto Notifikasi
Quest akan muncul secara otomatis ketika pemain telah menyelesaikan quest sebelumnya.
2. NPC
Quest ini dapat di peroleh apabila terdapat tanda “!“ di atas kepala dari NPC.

* Apabila setelah level 15 quest tidak muncul lagi maka kalian harus meningkatkan level dari karakter kalian untuk mendapatkan quest berikutnya.

Menyelesaikan Quest
Apabila semua persyaratan quest telah terpenuhi, maka akan muncul sebuah tanda yang menunjukkan bahwa quest tersebut telah selesai, atau kalian juga dapat menampilkan pop-up quest dengan menekan tombol “J“ untuk mengetahui detail mengenai quest yang sedang dijalankan.

Jenis Quest
Dalam Dragona, terdapat 3 jenis quest yang berbeda diantaranya adalah Mission, Normal dan Quest Daily.

1. Mission
Mission merupakan quest yang akan membantu kalian memahami cerita mengenai Dragona.

2. Normal
Quest dimana kalian diberikan tugas untuk memburu monster.

3. Daily
Quest harian diterima setiap harinya. Bagi pemain yang telah menyelesaikan quest harian akan menerima quest baru keesokan harinya.

Instance Dungeon
Instance Dungeon merupakan fitur lainnya yang sangat istimewa pada game Dragona ini. Untuk dapat masuk ke dalam instance dungeon gamers harus memiliki kunci dari dungeon tersebut, yang mana dapat di peroleh dengan berburu monster atau transaksi dengan pemain lain. Di dalam Instance Dungeon kalian bisa memperoleh item istimewa kalian dan dapat mengalahkan moster di dalam dungeon tersebut.

Syarat Memasuki Dungeon:

  1. Karakter dengan level 10 tidak dapat masuk ke dalam dungeon.
  2. Pergi ke pintu masuk dari dungeon yang diinginkan.
  3. Berbicara pada NPC yang bernama Harok.
  4. Masukkan kunci dungeon pada tempat yang telah disediakan.
  5. Pilih tipe dungeon yang diinginkan: Single / Party / Guild.
Guild System

Pada game Dragona, kalian dapat membentuk komunitas dengan pemain Dragona lainnya. Ketika pemain bergabung dalam guild maka mereka dapat saling membantu pada saat dungeon, menjalankan quest, dan saat Guild War.

Pertempuran antar guild disebut siege battle. Kalian dapat ikut ambil bagian dalam aktivitas ini untuk memperebutkan castle serta mengumpulkan pajak ketika kalian berhasil memenangkan pertarungan dalam siege battle, membentuk aliansi dengan guild lainnya, dan menyatakan perang dengan guild lainnya. Aktivitas lainnya yang dapat kalian ikuti adalah setiap anggota guild dapat membantu untuk meningkatkan level guild.

Syarat membentuk Guild :
1.   Karakter level 20 atau lebih.
2.   Uang 30 gold.

Apabila semua syarat telah terpenuhi maka kalian bisa mengunjungi Gallactus di Suer untuk membentuk sebuah Guild.

Hak dan kewenangan Guild
Guild terdiri atas 5 title: Guild Master, Elder, Guard, Regular Member, dan Pending Member. Ketika seorang pemain baru bergabung dengan guild, title yang akan di terima adalah Pending Member, dan  title ini hanya dapat diubah oleh Guild Master.

Membubarkan dan Meninggalkan Guild
Guild hanya dapat dibubarkan jika title dari anggota guild dikembalikan menjadi Pending member dan nama guild telah terdaftar.

* Ketika guild dibubarkan maka item yang ada dalam guild storage akan hilang.

Kalian dapat meninggalkan guild kapan saja, tetapi kalian tidak dapat bergabung atau membentuk sebuah guild selama 10 hari sejak kalian keluar dari sebuah guild. 

Membentuk Guild

Untuk membentuk sebuah guild kalian memerlukan Guild Emblem.

Untuk membangun sebuah guild diperlukan sebuah guild emblem, kalian bisa memperoleh EXP dan membangun guild dengan mengembalikan guild emblem pada Gallactus NPC.

Berikut ini merupakan cara untuk mendapatkan guild emblem :

  1. Berburu monster.
  2. Mengikuti quest guild.

Guild quests hanya bisa dilakukan oleh Guild Master dan seluruh anggota  guild dapat mengembalikan guild emblem. Kalian bisa meningkatkan jumlah anggota guild apabila level guild naik.

Party dan Expedition
Party & Expedition adalah sebuah grup yang dapat dibuat dengan cara mengundang orang lain untuk bergabung ke dalam party, dan yang membuatnya mendapatkan hak untuk menjadi party leader atau expedition leader.

Meskipun ada segala macam keperluan untuk mengatur party atau expedition, alasan terbesar di Dragona adalah untuk berburu monster yang kuat dalam Instance Dungeon atau untuk bermain dalam sistem pertandingan (PVP, PK sistem).

Berikut ini beberapa hal  yang harus diperhatikan mengenai Party/Expedition :

  1. Gamers dapat mengajak pemain lain untuk bergabung dalam Party/Expedition dengan mengetik “/Invite [Character ID]” pada jendela chat.
  2. Pemain yang telah berada di dalam Party/Expedition dapat dilihat dengan cara mengklik kanan pada pemain tersebut.
  3. EXP akan meningkat sesuai dengan jumlah orang yang berada di dalam Party/Expedition.
  4. Catatan: Karakter dengan perbedaan 10 level atau lebih tidak akan mendapatkan EXP.
  5. Apabila party lebih dari enam orang, maka secara otomatis akan berubah menjadi sebuah expedition, dengan anggota maksimal 35 orang.

Untuk informasinya lebih lengkapnya para gamers dapat kunjungi website http://dragona.co.id/  juga fans page http://www.facebook.com/DragonaOnlineIndonesia  dapatkan informasi-informasi mengenai Game Dragona Online Indonesia.

Share this article

#
TENTANG PENULIS
Reza

Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.