Microsoft Gunakan AMD X86 Untuk Xbox 720, Permudah Pengembangan Konsol dan PC

Banyak yang menunggu datangnya konfirmasi Microsoft atas Xbox Durango, atau yang lebih dikenal sebagai Xbox 720. Sayangnya, rumor rencana peluncuran akhir April 2013 ini pun ditunda. Kabar terbaru, Xbox 720 bakal menggunakan hardware yang sama dengan PS4.

Banyak yang menunggu datangnya konfirmasi Microsoft atas Xbox Durango, atau yang lebih dikenal sebagai Xbox 720. Sayangnya, rumor rencana peluncuran akhir April 2013 ini pun ditunda sebulan menjadi 21 Mei mendatang. Kemudian spesifikasinya yang juga telah banyak dibocorkan, seperti prosesor delapan core dari arsitektur x64. Yang belum kita ketahui, siapa vendor yang menyediakan otak utama Durango.

Hari ini muncul rumor baru, jika ternyata Microsoft akan menantang langsung Sony, dengan menggunakan seri prosesor berasitektur X86 dari AMD untuk konsol next generation mereka itu, karena Sony pun juga memilih arsitektur 64-bit yang sama. Konsol yang sampai sekarang masih terselimuti kabut tersebut dipercaya menggunakan CPU “Jaguar” dengan GPU terintegrasi (sama seperti yang diterapkan Sony untuk PlayStation 4), meninggalkan racikan teknologi IBM PowerPC yang digunakan pada Xbox 360.

Itu sama dengan kesatuan, karena PlayStation 4 dan Xbox terbaru (dan juga PC tentunya) memiliki aksitektur yang sama, bakal mempermudah pengembangan game multiplatform. Hasilnya bisa saja menuntut Microsoft dan Sony memikirkan layanan tambahan dan kemudahan apa yang ditawarkan setiap konsol mereka untuk menarik minat gamer, secara kemungkinan lebih besar game dirilis secara multiplatform untuk keduanya. Sayang sekali, karena peralihan teknologi ini, maka konsol baru itu makin susah mengamulasikan game-game lama.

Demikian kedua konsol itu, dan juga PC, berbagi arsitektur yang sama, memudahkan developer mengembangkan game untuk ketiganya, kecuali tentu saja, Nintendo Wii U yang memang paling berbeda teknologinya.

Xbox terbaru Microsoft diharapkan bakal hadir akhir tahun ini, dengan peluncuran resminya selama E3 2013 awal Juni mendatang. Microsoft juga memastikan memasukkan Xbox sebagai bagian agenda selama acara BUILD developer conference 2013 yang mereka gelar akhir Juni mendatang, yang sejauh ini dipercaya juga menjadi acara peluncuran resmi update terbaru Windows 8, yang sementara ini disebut dengan kode nama Windows Blue.

Melalui acara tersebut developer bisa memahami rencana dan strategi ke depan Microsoft untuk sistem operasi mereka, dimana Xbox terbaru itu juga menjadi satu bagian pentingnya, seperti akan menggunakan OS Windows 8. Bisa dibayangkan, sebuah ekosistem baru Microsoft yang terwujud ketika PC desktop Windows 8, konsol Xbox, smartphone Windows Phone dan tablet Windows Blue saling terhubung satu sama lain.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.