Ni no Kuni – PSN version: Versi Lebih Hemat?

Ni no Kuni akhirnya dirilis secara digital oleh pihak Level-5, apakah hal ini menguntungkan? Tentunya ada hal positif dan negatif yang harus dipertimbangkan, sebab versi digital ini tidak merubah fitur apapun dari versi retailnya. Selengkapnya dapat kamu baca disini.

1365475527000

Seperti yang kita ketahui, Ni no Kuni: Wrath of White Witch sudah dirilis untuk PS3 secara retail sejak peretengahan Januari 2013 lalu. Karena digadang-gadang merupakan salah satu RPG terbaik untuk PS3, hingga harga BluRay Disk-nya memuncak, akhirnya pihak Namco-Bandai bersama Level-5 merilis kembali versi digital dari Ni no Kuni ini.

Secara keseluruhan gameplay dan kontennya sama persis dengan versi retailnya. Hanya saja perbedaanya adalah pada penyajiannya saja. Antara versi retail maupun versi digital sama-sama memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Untuk versi digitalnya, kamu dapat membelinya melalui PSN dengan harga yang sedikit lebih hemat (kamu dapat menghemat hingga 50 usd). Sayangnya, kamu perlu mengunduh file game-nya yang besarnya mencapai kurang lebih 20 Gb. Selain itu, kelemahan lainnya adalah versi digital ini memakan memory instal yang lebih banyak dibandingkan versi retailnya. Bagaimana menurut pembaca? Apakah versi ini lebih hemat dalam jumlah finansial atau malah boros memory? Hehe..

Nah, jika kamu sudah membelinya via PSN, kamu hanya perlu mengunduhnya kurang lebih sebesar 20 Gb.

Membuka Kesempatan Untuk Para Hacker

Meskipun ide digital ini menarik, tetapi hal ini malah dipakai para hacker untuk membajaknya. Sebenarnya versi retail-nya pun sudah dapat dibajak dan dimainkan. Hanya saja ketika versi retailnya di copy, terdapat error di bagian suara yang mengakibatkan game akan selalu terjadi crash ketika dimainkan. Dan bug ini tidak dapat di patch maupun dibenahi dengan cara apapun.

Sedangkan untuk versi digital ini, error yang terjadi di sound sudah terbenahi sehingga dapat dimainkan di Hard Disk Internal PS3 dengan normal. Sayangnya, untuk memindahkan save game data dari versi retail ke versi digital sangat beresiko untuk korup, sehingga saya sendiri tidak berani untuk mencobanya. Jadi bagi kamu yang ingin bermain Ni no Kuni di CFW, saya sarankan untuk mengulangnya dari awal melalui versi digital atau PSN ini.

Share this article

TENTANG PENULIS
Naburo

Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.