Batman: Arkham Origins Blackgate, Seri Arkham Perdana untuk Handheld!

Selain mengkonfirmasikan Batman: Arkham Origins, Warner Bros. Interactive Entertainment dan DC Entertainment juga mengkonfirmasikan spin off untuk handheld yang berjudul Batman: Arkham Origins Blackgate. Simak preview dan detailnya di dalam!

Selain mengkonfirmasikan pengembangan Batman: Arkham Origins untuk konsol, Warner Bros. Interactive Entertainment dan DC Entertainment juga mengkonfirmasikan spin off-nya yang berjudul Batman: Arkham Origins Blackgate yang akan dirilis untuk PS Vita dan 3DS. Berbeda dengan Arkham Origins yang dikembangkan oleh WB Games Montreal, untuk Arkham Origins Blackgate kini tengah dikembangkan oleh Armature, developer yang sebelumnya membesut Metal Gear Solid HD Collection untuk PS Vita.

Game ini ber-setting setelah ending dalam Arkham Origins, di sebuah tempat bernama Blackgate Penitentiery, sebuah penjara yang berada di sebuah pulau terisolasi. Di dalam game ini, Batman diharuskan untuk terjun mengambil resiko di penjara tersebut untuk menghentikan kerusuhan yang ada di sana. Untuk gameplay-nya, dalam game ini kamu akan menemukan versi 2.5D dari Batman yang akan mengingatkanmu dengan gaya ala Metroid. Tidak mengherankan jika game ini memiliki gaya mirip dengan Metroid, karena Armature sendiri dibentuk oleh beberapa mantan punggawa Retro Studios, pengembang beberapa game Metroid seperti Metroid Prime. Batman bergerak secara side scrolling sembari melawan musuh, mengambil perlengkapan-perlengkapan baru, hingga mempelajari rahasia dari para penghuni penjara tersebut.

Tidak seperti versi konsol dari Arkham Origins, game ini tidak terfokus kepada peningkatan kemampuan Batman. Tim pengembang mengungkapkan, bahwa dalam game ini mereka ingin memberikan rasa ingin untuk mengkoleksi yang besar kepada pemain. Semua peningkatan skill bisa didapatkan dengan mengambil beberapa item upgrade yang tersedia sepanjang perjalananmu.

Karena bergaya 2.5D, maka disini kamu akan menjalankan Batman dalam 2D, namun juga bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa area yang didesain secara 3D. Batman bisa menjelajah, bertarung atau berinteraksi dengan objek baik objek tersebut berada di depan layar maupun yang ada di background. Sebagai contoh, Batman bisa menangkap Gargoyle yang ada di balkon yang ada di background, dan membawanya untuk menuju depan layar. Sistem pertarungannya sendiri mirip dengan versi konsol, dimana game ini juga menggunakan sistem pertarungan Freeflow, dimana tombol-tombol bisa kamu gunakan untuk menyerang, melakukan counter dan menggunakan gadget. Beberapa gadget yang sudah dikonfirmasikan antara lain Batarang yang bisa kamu gunakan untuk membuat musuh menjadi stun, Line Launcher untuk melompati jarak yang besar antara satu platform dengan platform lain, hingga berbagai macam variasi Explosive Gel.

Level dalam Arkham Origins Blackgate terbagi menjadi beberapa section, dimana masing-masing section bisa kamu akses setelah kamu menemukan jalan keluar dari section sebelumnya. Tidak ada ruangan untuk melakukan save data disini, dimana pihak pengembang mengatakan bahwa kamu bisa menyimpan permainanmu dimana saja. Game ini menggunakan sistem checkpoint modern, sehingga kamu bisa mengalahkan boss-boss dalam game ini tidak harus selalu berurutan. Sama seperti versi konsol, game ini juga akan menyediakan Detective Mode. Jika musuh berwarna hijau, maka dia tidak melihatmu. Sebaliknya, jika warnanya berubah menjadi merah, maka kamu harus berhati-hati karena dia sudah menyadari keberadaanmu. Detective Mode ini juga bisa kamu gunakan untuk menemukan beberapa rahasia, klu hingga menganalisa situasi yang saat ini kamu hadapi.

Menurut rencana, game ini akan dirilis bersamaan dengan perilisan Arkham Origins pada 25 Oktober yang akan datang.

[Sumber: GameInformer/GamingEverything]

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.