Google Konfirmasikan Update Play Store 4.0.25, Interface Baru Manjakan Pengguna Tablet

Setelah sempat bocor beberapa hari lalu, akhirnya Google mengumumkan secara resmi bahwa mereka meng-update aplikasi Play Store dengan antar muka baru untuk smartphone dan tablet. Perubahan paling kentara dari versi baru ini adalah user interface-nya.

Setelah sempat bocor beberapa hari lalu, akhirnya Google mengumumkan secara resmi bahwa mereka meng-update aplikasi Play Store dengan antar muka baru untuk smartphone dan tablet. Perubahan paling kentara dari versi baru ini adalah user interface-nya, yang difokuskan pada user agar mereka makin mudah menemukan content yang diinginkan.

Melalui blog ofisial Android mereka, Google menjelaskan jika fokus utama redesign kali ini adalah untuk memungkinkan user menemukan content lebih mudah. Hal itu dicapai dengan merubah ukuran ikon tiap aplikasi / game yang bakal kamu cari menjadi lebih besar, plus ada rekomendasi baru yang sesuai dengan aplikasi yang kamu cari, dan juga aktivitas checkout yang lebih cepat ketika kamu berbelanja di sana.

Play Store dengan versi 4.0.25 ini bakal mengelompokkan aplikasi / game rekomendasi dengan lebih baik, walau kini tampilannya hanya satu kolom saja. Kamu memang akan lebih panjang menggeser rekomendasi tersebut ke bawah, namun penulis merasa Play Store baru ini juga lebih cepat interface-nya. Kemudian seperti disebutkan sebelumnya, proses pembelian aplikasi atau in-app-purchase menjadi dipermudah dan cepat. Kamu tinggal meng-klik ikon di pojok kanan-atas dari setiap kotak aplikasi untuk memunculkan menu Install, atau meng-clear Wishlist (jika sebelumnya aplikasi tersebut masuk daftar Wishlist. Jika aplikasi atau game itu gratis, tinggal klik Install. Jika berbayar, ketika kamu membelinya, kamu tidak perlu berganti tampilan, karena jendela konfirmasi pembayaran akan langsung muncul melayang di atas tampilan aplikasimu tadi.

Ikon shortcut install ada di pojok kanan-atas dari setiap kotak aplikasi. Itu tuh, ikon vertikal dengan tiga titik di sisi kanan setiap kotak aplikasi.

Ikon aplikasi dan game yang lebih besar menandakan jika Google memang menitikberatkan update kali ini untuk tablet, walaupun smartphone tetap bisa menikmati dengan nyaman antar muka baru ini. Kamu yang menggunakan Android dengan versi OS minimal Android 2.2 Froyo bisa menjalankannya.

Layar konfirmasi untuk install atau membeli aplikasi kini melayang di atas jendela keterangan aplikasi / game. Prosesnya menjadi lebih cepat.

Update ini seharusnya mulai digulirkan Google, tentu saja berkala dan bergantung wilayah tempat tinggalmu. Namun jika kamu sudah tidak sabar mencobanya, bisa langsung men-download .apk-nya melalui link berikut ini.

Sumber: Blog Android

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.