Xiaomi Luncurkan Xiaomi Mi2S, Android 3 Jutaan yang Mampu Tandingi Galaxy S4

Melihat spesifkasi Xiaomi MI-Two, kita hanya bisa ngiler saja. Karena Android super tersebut hanya dijual di China. Kini belum setahun setelah MI-Two dirilis, kemarin Xiaomi sudah merilis penerusnya melalui Xiaomi Mi2S, yang diklaim lebih kencang dari Galaxy S IV.

1365578126000

Melihat spesifkasi Xiaomi MI-Two, kita hanya bisa ngiler saja. Karena Android super tersebut hanya dijual di China. Jika pun berhasil keluar tirai bambu, dijual oleh banyak toko online dengan harga di atas banderol resminya. Belum setahun setelah MI-Two dirilis, kemarin Xiaomi sudah merilis penerusnya melalui Xiaomi Mi2S.

Xiaomi merupakan salah satu cerita sukses produsen smartphone China. Cara marketingnya tidak biasa. Mereka menjual Xiaomi-nya secara langsung, ada berapa unit selesai diproduksi, itulah yang langsung diberikan bagi mereka yang memesan secara langsung via online atau pre-order — dan hebatnya, langsung ludes dalam hitungan menit. Xiaomi tidak terlalu banyak memikirkan masalah retail atau marketing, mereka hanya ingin menjual produknya secara langsung ke konsumen, agar bisa menekan harga jual. Karena itulah mereka lebih memilih forum dan jejaring sosial semacam Weibo (microblogging-nya China) untuk mendapatkan pembeli atau menerima feedback. Tidak heran jika Xiaomi ini pun tidak kita temukan di luar China.

Beberapa kali penulis menanyakan apakah Xiaomi akan ekspansi keluar China dan ekspansi ke Indonesia, namun sepertinya masih belum ada rencana ke sana.  Namun dengan direct marketing semacam itu, Xiaomi dengan cepat berkembang. Hanya dengan dua setengah tahun, mereka sudah menjual lebih dari 5 juta unit smartphone dan memperkerjakan 1,700 orang.

Kembali kada penerus MI-Two, smartphone baru ini juga sama, affordable namun juga sangat kuat, Xiaomi Mi2S dipersenjatai dengan Snapdragon 600 yang diklaim lebih optimal, sehingga berdasarkan data benchmark yang mereka klaim, mampu mengalahkan skor yang dimiliki Samsung Galaxy S4 dalam beberapa benchmark. Detailnya, Xiaomi Mi2S menjalankan chipset Qualcomm APQ8064T Snapdragon 600 dengan empat into prosesor Krait 300 yang masing-masing bekerja di clock speed 1.7GHz, didukung GPU Areno 320, dan RAM 32-bit dual-channel LPDDR3. Racikan Xiaomi yang diklaim optimize itu menghasilkan skor AnTuTu hingga 25,913, dan dari data mereka, sudah melampaui nilai Galaxy S4 dari varian chipset yang sama (bahkan clock speed Galaxy S4 1.9GHz), yang nilainya 25,446. Bisa kamu lihat data benchmark Xiaomi di sini.

Dengan kemampuan setara Galaxy S4, Xiaomi Mi2S dibanderol sangat murah. Seperti biasa, Xiaomi menawarkannya tanpa kontrak, tanpa slot micro SD, dan ada dua pilihan storage. Yang 16GB dengan kamera 8-megapixel dijual dengan harga 1999 yuan, atau sekitar Rp. 3,1 jutaan. Sedangkan yang 32GB dengan kamera 13-megapixel dijual 2299 yuan, atau sekitar Rp. 3,6 jutaan. Sisa spesifikasinya, seperti menggunakan firmware custom terkenal MIUI versi 5 (berbasis Android 4.1 Jelly Bean), layar 4.3-inchi dengan resolusi HD 720p dan baterai 2,000-mAh (dengan baterai opsional 3,000-mAh). Sayang, layar IPS-nya hanya 4.3-inchi… Jika sama-sama 5-inchi, bisa menjadi pilihan yang worth it. Bicara masalah layar, dengan bidang yang lebih kecil, juga wajar jika Xiaomi Mi2S ini berhasil mengungguli Galaxy S4 yang resolusinya full HD dan layar 5-inchi.

Sumber: Xiaomi

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.