Proyek Internal LucasArts Version Two, Inikah Cikal Bakal Star Wars: Battlefront III?

Selain Star Wars 1313 dan First Assault, menjelang akhir “hayatnya” ternyata LucasArts juga mengembangkan satu game lain yang diberi kode Version Two. Apakah ini merupakan cikal bakal Star Wars: Battlefront III?

Nama LucasArts saat ini mungkin hanya tinggal kenangan saja setelah Disney dan LucasFilms memutuskan untuk menutup studio tersebut minggu lalu. Namun, berita tentang studio ini masih saja terus bergulir, mulai dari deretan proyek yang urung dirampungkan, hingga beberapa developer yang merilis source code program dari game-game yang pernah dikembangkan bersamanya.

Saat ditutup minggu lalu, tercatat LucasArts tengah menggarap tiga proyek sekaligus, Star Wars 1313 yang mengisahkan Boba Fett, First Assault yang merupakan game FPS untuk XBLA, dan yang terakhir diberi kode Version Two. Setelah rekaman gameplay dari 1313 dan First Assault telah lebih dulu muncul ke permukaan, kali ini giliran video gameplay Version Two yang dibeberkan oleh sumber internal LucasArts. Dalam video Version Two ini, kamu bisa melihat pertempuran secara first person, dan semakin brutal dengan hadirnya kendaraan-kendaraan ala Star Wars, mulai dari pesawat seperti X-Wing dan TIE Fighter, AT-AT Walker, hingga Hoverbike yang ditumpangi para trooper. Video ini terlihat jauh berbeda dengan First Assault, dimana dalam First Assault lalu hampir tidak ada kendaraan-kendaraan yang ikut dalam pertempuran.

Apakah Version Two ini adalah cikal bakal Star Wars: Battlefront III?

Menurut sumber internal LucasArts, rencananya memang Version Two bakal menjadi Battlefront III yang sudah banyak ditunggu-tunggu. Selama pengembangannya, Battlefront III memang sering berpindah tangan developer seperti Free Radical Design yang mengembangkan game ini mulai 2006 hingga 2008. Karena terlalu sering berpindah tangan, akhirnya LucasArts memutuskan untuk mengembangkannya sendiri, dan akhirnya diberi kode dengan Version Two.

Melihat video selama satu menit di atas, game ini tampak sangat menjanjikan. Sayang sekali jika game ini dibatalkan pengembangannya dan “terkubur” bersama penutupan LucasArts bersama dan dua game Star Wars lainnya. Semoga saja, Disney bisa menemukan developer yang pas untuk melanjutkan pengembangan tiga game ini kembali dan meneruskan semangat game Star Wars dari LucasArts.

[Sumber: Kotaku/AGB]

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.