Samsung Resmi Konfirmasikan Galaxy Mega 5.8 dan Galaxy Mega 6.3

Kemarin kita mendengar jika Samsung berencana menghadirkan dua Galaxy berukuran jumbo, melalui Galaxy Mega 5,8 dan Galaxy Mega 6.3. Keduanya belum jelas penampakan atau spesifikasinya. Namun hari ini Samsung resmi mengungkapkan keduanya.

1365662403000

Dua hari lalu kami mendengar jika Samsung berencana menghadirkan dua anggota keluarga Galaxy berukuran jumbo, melalui Galaxy Mega 5,8 dan Galaxy Mega 6.3. Keduanya belum jelas penampakan, atau juga spesifikasinya, terutama Galaxy Mega 6.3. Namun hari ini Samsung resmi mengungkapkan keduanya.

Samsung Galaxy Mega 6.3

Mulai dengan Samsung Galaxy Mega 6.3, smartphone raksasa ini menggunakan layar LCD berukuran 6.3-inchi  dengan resolusi 720 x x1280-pixel atau 720p dengan kerapatan 233-ppi, dan ditenagai chipset Exynos 5250 yang mengadopsi dua inti prosesor dari keluarga ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 1.7GHz, dan dipadukan dengan RAM 1.5GB serta GPU Mali-T604 GPU. Chipset tersebut juga diterapkan Samsung untuk tablet Google Samsung Nexus 10. Dengan layar yang cukup lega, Galaxy Mega 6.3 yang langsung menjalankan Android 4.2 tersebut dengan nyaman bisa menjadi partner selama menjalankan fitur-fitur Multi Window (multitasking split-screen) dari antar muka Samsung TouchWiz terbaru, atau bahkan fitur Air View (mendeteksi jarimu berada kurang lebih 1 cm di atas layar) seperti pada Galaxy S4. Sayagnya, tidak seperti Galaxy Note, kamu harus rela mengoperasikan fitur tersebut tanpa melalui S Pen.

Kamera utama Galaxy Mega 6.3 adalah 8-megapixel, plus 1.9-megapixel untuk kamera depan. Kamera ini menggunakan modul yang sama seperti Galaxy S III, dengan beberapa setting seperti Best Face, Beauty Face, HDR, continuous shooting, dan lebih banyak fitur ala TouchWiz lainnya, seperti S Translator, WatchON untuk streaming media, Pop Up Play dan Multi Window, serta S Voice 2.0 untuk mengendalikan smartphone via perintah suaramu.

Sisi konektivitasnya diserahkan pada fitur standar seperti Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0, A-GPS yang mendukung GLONASS dan NFC, dan bahkan ada modul  4G LTE serta IR emitter, memungkinkan ponsel mirip tablet ini bertindak sebagai remote control. Karena didesain sebagai salah satu partner Galaxy S4, kamu juga bisa menghubungkan si mega dengan Galaxy S4s dan Galaxy Grands melalui aplikasi Group Play — bisa kamu lihat artikel ini untuk mengetahui seperti apa Group Play.

Menjadi tempat bidang layar 6.3-inchi menempel, jelas Galaxy Mega 6.3 ini bukan gadget yang kecil. Samsung sendiri berusaha membuatnya tetap kompak untuk dipegang dengan satu tangan, dan mendapatkan profil 167.6 x 88 x 8.0-mm dan beratnya 199-gram. Masih tetap tipis dan ringan dibandingkan banyak smartphone lain yang layarnya lebih kecil. Sedangkan untuk menghidupinya, kamu bisa bergantung pada baterai berkapasitas 3,200mAh. Seperti tipikal Samsung lainnya, nanti ada opsi internal storage 8GB atau 16GB, selain juga slot microSD hingga 64 GB.

Samsung Galaxy Mega 5.8

Kemudian untuk Samsung Galaxy Mega 5.8, sebagian spesifikasinya yang bocor kemarin ternyata cocok dengan pernyataan Samsung kali ini. Langsung membedakannya dengan Mega 6.3 adalah layarnya yang hanya 5.8-inchi. Resolusi LCD-nya itu pun hanya qHD, alias 540 x 960-pixel, cukup lah meskipun mungkin akan terlihat pixelated dalam penglihatan jarak dekat. Sedangkan clock speed CPU-nya juga berkurang menjadi 1.4GHz, yang tetap dual-core, yang belum dijelaskan, entah menggunakan chipset Broadcom dengan GPU Videocore IV seperti pada Galaxy Grand, atau bisa juga kembali menggunakan Exynos 4412 seperti pada keluarga Galaxy S II dan Galaxy Note pertama.

Konsekuensi kelasnya yang lebih rendah, Mega 5.8 itu pun juga harus puas dengan koneksi data maksimal sampai HSPA+ saja, selain juga internal storage-nya yang hanya 8 GB dan opsi NFC dihilangkan di sini. Namun kamu masih mendapatkan fitur IR emitter untuk fungsi remote. Selain itu, ukuran Mega 5.8 ini masih masuk kantong, dengan dimensi 162.6 x 82.4 x 9.0 mm, dan berat 182-gram, sudah termasuk baterai dengan kapasitas 2,600-mAh.

Duo Samsung Galaxy Mega ini bakal mulai dijual di seluruh dunia mulai dengan Eropa dan Rusia Mei 2013 mendatang. Untuk harganya, masih belum diungkapkan oleh Samsung. Semoga saja segera dirilis, karena dengan desain yang begitu mirip Galaxy S4, pasti berpotensi membuat keduanya juga ikut-ikutan diburu.

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.