Ragnarok Online Valkyrie Uprising Resmi Hadir di iOS, Buka Opsi Multiplayer Bersama Android

Ragnarok Online masih tetap bertahan menjadi salah satu game online yang paling digemari selama satu dekade belakangan. Gravity sebagai pengembang pun mencoba ekspansi ke mobile. Dan akhirnya hari ini versi iOS RO Valkyrie Uprising dirilis menemani versi Android-nya.

Ragnarok Online-nya  Gravity (Lyto di Indonesia) tetap bertahan menjadi salah satu game online yang paling digemari selama satu dekade belakangan. Model permainan free-to-play, gameplay sederhana dan karakter anime dengan sprite 2D yang menggoda menjadi beberapa keunggulannya. Januari lalu Gravity mengkonfirmasikan jika MMORPG unggulan mereka itu bakal mendapatkan varian online yang lebih “kecil” untuk Android dan iOS, dengan rencana awal rilis Februari. Memang meleset, namun game yang berjudul Ragnarok Online Valkyrie Uprising tersebut akhirnya resmi dirilis 20 Maret lalu untuk Android, atau hari ini untuk versi iOS-nya.

Ragnarok Online Valkyrie Uprising sebenarnya sudah eksis di Korea sejak pertengahan tahun lalu untuk Android dan iOS. Bisa kamu buka link ini dan di sini untuk iOS untuk melihat versi Korea-nya, atau di sini untuk versi portal game Mobage-nya. Untuk versi Korea tersebut memang sudah masuk ke versi yang lebih tinggi. Namun versi internasionalnya, atau lebih tepatnya, hanya dipasarkan untuk pengguna Android dan iOS di US, masih berada di versi 1.0.3. Penulis memang tidak mencoba versi Korea-nya, jadi tidak bisa melihat apakah beda versi yang jauh itu berimbas pada fitur dalam permainannya. Namun sejauh ini, walaupun versi bahasa Inggris Valkyrie Uprising sebenarnya dikhususkan untuk pengguna Amerika Serikat, penulis bisa memasuki server-nya tanpa hambatan dan memainkannya secara online dimana pun juga.

Seperti RO yang kita kenal, Valkyrie Uprising juga bisa dimainkan gratisan, lengkap dengan guild, party (atau mau main solo), pertarungan player-versus-player, raid, tuntutan leveling untuk pembagian status manual, chat dan emoticon, hingga memaksamu berdiri di kota ketika mau menjual sesuatu. Sehingga bisa dikatakan ini adalah versi mini dari RO di PC. Petualanganmu masih sama diarahkan jalan cerita yang sudah di atur di tengah setting Rune Midgard, dimana kamu bisa memilih salah satu dari tiga kelas utamanya, Swordsman, Mage dan Acolyte. Sementara ini baru dua server disediakan, yaitu Mimir dan Poring, dan keduanya cukup lega penulis masuki dan mainkan, tanpa lag. Tentu saja, semua juga bergantung pada koneksi internet mobile-mu.

Oh ya, ketika mendaftarkan New ID di menu awal game ini kamu bisa memilih mau login game menggunakan akun Guest atau Facebook. Guest cocok bagi yang sekadar mencoba-coba dulu, karena semua data dan progress permainanmu hanya akan tercatat di perangkat yang kamu gunakan untuk memainkannya saat ini. Seandainya kamu nanti berganti gadget, maka progress-mu tidak akan berlanjut. Lain jika kamu login menggunakan akun Facebook, seperti tipikal game-game mobile lainnya. Progress-mu tercatat dengan aman, dan data karaktermu bisa tetap digunakan meskipun kamu memainkannya menggunakan perangkat Android / iOS lainnya. Satu lagi, kamu juga tidak bisa bertransaksi jika login dengan akun Guest.

Game bermula dengan tutorial mengenai kontrol dasar game ini, yang telah disesuaikan untuk kendali touchscreen, bukanya mengharuskanmu mengikuti tutorial mendetail seperti versi PC-nya yang sekaligus mengantarkan hingga 10. Begitu kamu menyelesaikan basic control bisa langsung memasuki kota utama Lan Forta. Bagi newbie, ada opsi “System” yang memberi panduan lengkap game ini, yang bisa kamu akses nanti seandainya memerlukan bantuan di tengah permainan.

Kontrolnya sendiri cukup mudah, kamu menggunakan joystick yang ada di kiri-bawah layar untuk menggerakkan karakter, atau jika joystick itu dinonaktifkan, kamu tinggal sentuh layar untuk memerintahkan karakter bergerak ke poin tersebut. Untuk bicara dengan NPC, kamu bisa menyentuh karakternya, atau menekan tombol T (Target) di sisi kanan-bawah (sentuh tombol T lagi untuk memilih NPC mana yang ingin diajak bicara) dan kemudian menyentuh ikon NPC Face di sebelahnya. Sedangkan ketika mau menyerang musuh juga sama. Pilih target musuh yang mau kamu serang (atau tekan T), dan sentuh ikon wajah “meringis” tersebut untuk mulai beraksi.

Untuk class-nya, yang tersedia baru dua tier, dan hanya tiga class saja yang tersedia di awal game. Nantinya kamu bisa mengakses job yang lebih tinggi melalui lan Forta Elder pada Job Level 35. (Swordman – Knight, Mage – Wizard dan Acolyte – Priest). Sayang sekali para penggemar archer, merchant dan thief harus rela menggunakan karakter selain favorit mereka tersebut. Well, toh ini memang versi mini dari RO yang kita kenal. Namun seharusnya kamu masih terpuaskan karena banyak fitur RO utama seperto eksplorasi Party /Guild, membesarkan Pet dan membuat Weapon masih tersedia di sini.

Meskipun game ini free-to-play, namun jangan heran jika kamu menemukan di dalam permainan membutuhkan banyak Ruby untuk mempermudah karaktermu menjelajahi seisi Midgard, entah itu untuk membeli Pet Egg, material seperti Forging Set, equipment atau item consumeable lainnya. Dan pengguna Android yang sudah meng-update Play Store ke versi yang baru, transaksi in-app-purchase-nya berjalan sangat smooth di sini.

Atau jika lebih suka grinding, kamu bakal mendapatkan bonus jika memainkannya setiap hari — kamu bisa mendaftarkan akun RO-mu di sini untuk mendapatkan item spesial. Apa yang kami sukai, game ini juga mendukung multi-platform, yang artinya pengguna iOS pun bisa bertemu pemain Android dan bermain bersama. Dan dengan penggunaan grafis serta sprite yang relatif sama dengan versi awal di PC-nya dulu, penulis yakin banyak Android kelas menengah yang bisa menjalankannya, dan siap menemani para penggemar RO bernostalgia.

Ragnarok Online Valkyrie Uprising dikembagkan oleh Neo Cyon, Inc., developer Korea yang didirikan pada 2000, dengan spesialisasi mobile game dan MMORPG. Developer ini diakuisisi Gravity pada 2005, dan sejak saat dikhususkan untuk mengembangkan game mobile Ragnarok Online. Game pertama mereka Ragnarok Violet sudah dirilis 2011 lalu untuk iPhone dan iPod Touch.

  • Download Ragnarok Online Valkyrie Uprising Android versi US / Internasional via Play Store
  • Download Ragnarok Online Valkyrie Uprising Android versi Korea via Play Store
  • Download Ragnarok Online Valkyrie Uprising iOS versi Korea via iTunes Store
  • Download Ragnarok Online Valkyrie Uprising iOS versi US / Internasional via iTunes Store
  • Download APK Ragnarok Online Valkyrie Uprising Android versi US / Internasional via link alternatif dan install secara offline.

Sumber NeoCyon, Gravity, Facebook

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.