Madura Mewakili Indonesia di Ajang Imagine Cup 2013 Rusia!

Di tahun ini, Indonesia akan mengirimkan perwakilannya di ajang bergengsi dari Microsoft, Imagine Cup 2013. Dan yang beruntung dan berhasil mengalahkan tim-tim lain untuk kategori pengembangan game adalah studio game dari pulau Madura, The Solite Studio.

Indonesia patut berbangga. Di tahun 2013 ini, Madura akan mewakili Indonesia di ajang Microsoft Imagine Cup 2013 di Rusia! Tidak lain tidak bukan adalah Solite Studio dari Universitas Trunojoyo Madura. Tepatnya pada jumat kemarin, mereka muncul sebagai pemenang setelah para juri melakukan penjurian terhadap delapan finalis di Jakarta.

Melalui game mereka yang berjudul Save the Hamster mereka berhasil membuat para juri dan peserta lain berdecak kagum. “Konsep solusinya sudah matang dan berhasil memadukan aspek edukasi matematika dengan permainan yang menarik,” tutur Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro seperti yang dilansir dari KompasTekno.

Game ini sendiri menceritakan mengenai empat ekor hamster yang tersesat dan tugas para pemain adalah menuntun mereka untuk pulang. Game ini sendiri dibuat untuk platform Windows Phone. Pelajaran matematika disisipkan dalam bentuk simbol matematika di tanah yang harus dicocokkan dengan hamster yang bersarang di tempat tersebut.

Nantinya, Solite Studio bersama peserta dari 108 negara lain di seluruh dunia, akan meluncur menuju acara final dunia Imagine Cup 2013 di St.Petersburg, Rusia, 8-17 Juli mendatang. Mereka akan memperebutkan hadiah utama sebesar Rp 500 juta.

Bagi kalian yang belum tahu banyak mengenai Imagine Cup, ia adalah kompetisi tahunan antara para mahasiswa dan pelajar untuk menciptakan sebuah karya teknologi yang dapat mengatasi suatu permasalahan tertentu dan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sejak tahun 2003, Imagine Cup telah menghasilkan banyak juara, namun Indonesia belum satu kalipun menjadi juara di salah satu kategori utama. Namun Andreas yakin hal tersebut tidak lama lagi akan berubah.

“Saya menargetkan kita harus membawa gelar juara dari Rusia. Pemilihan juri untuk Imagine Cup 2013 Indonesia kali ini jauh lebih ketat, supaya (tim) yang kita kirim juga berkualitas bagus,” ujarnya kepada KompasTekno dalam acara konferensi pers final Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia.

Solite Studio akan mewakili Indonesia di kategori game. Selain kategori ini, ada dua kategori utama lainnya, yakni Innovation dan World Citizenship. Semoga Solite Studio bisa mengharumkan nama Indonesia dan mengibarkan bendera nusantara kita tercinta!

sumber: KompasTekno

Share this article

#
TENTANG PENULIS
Hiccun

Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.