Akhirnya Google Umumkan Spesifikasi “Handsfree Bluetooth Cerdas” Google Glass

Setahun pasca pertama kali Google mengkonfirmasikan Google Glass, akhirnya muncul kabar baru. Proyek yang nantinya memberi kita aksesoris kacamata hands-free berbasis augmented reality tersebut diumumkan spesifikasi resminya.

1366090777000

Setahun pasca pertama kali Google mengkonfirmasikan Google Glass, akhirnya muncul kabar baru. Proyek yang nantinya memberi kita aksesoris head-mounted display (alias HMD) yang berbasis augmented reality, dan bekerja bersamaan dengan smartphone Android tersebut diumumkan spesifikasi resminya.

Bagi yang belum tahu, Google Glass merupakan prototip gadget bersistem operasi Android dari Google, yang konsepnya berupa head-mounted display berwujud kacamata (ke depannya bahkan bisa diterapkan langsung pada kontak lensa mata), yang bisa menampilkan gambar berbasis augmented reality, dengan layar pada kacamata tersebut menampilkan wujud interaksi dengan Google Glass dengan smartphone atau tablet Android. Sebutan mudahnya, Google Glass adalah “hands-free bluetooth yang sangat cerdas.” Glass ini bertindak seakan kamera yang bisa kamu gunakan untuk menangkap gambar dan video dari sudut pandangmu menarik, membagikannya sehingga orang lain bisa melihat apa yang menurutmu menarik dan tertangkap oleh mata.

Kemarin Google meng-update website mereka untuk Google Glass tersebut, memasukkan spesifikasi yang nantinya kamu dapatkan ketika mendapatkan kacamata futuristis tersebut. Pertama-tama, standar Google Glass memiliki layar dengan resolusi 640 x 360-pixel. Kecil memang, namun layar tersebut berada sangat dekat dengan matamu. Menurut Google, resolusi tersebut setara dengan layar high definition berukuran 25-inchi yang dilihat dari jarak sekitar 2.5 meter. Kamera terintegrasinya mampu menangkap gambar 5-megapixel dan video HD 720p. Kemudian suara yang ikut terekam juga akan kamu dengarkan melalui telinga melalui konsep Bone Conduction Transducer.

Di dalamnya kita juga berhak atas storage 16GB, dimana 12GB diantaranya bisa dimanfaatkan, ada Wi-Fi 802.11b/g dan Bluetooth. Dengan baterai standarnya, Google Glass bisa bertahan seharian dengan pengoperasian normal, kecuali kamu melakukan aktivitas seperti video chat via Hangout, atau merekam video, yang pasti bakal dengan cepat menguras baterainya. Baterai tersebut bisa di-charge melalui tipikal charger yang menggunakan port microUSB. Kemudian untuk mengoperasikannya, kamu membutuhkan Android yang sudah ter-install aplikasi MyGlass, dan keduanya terhubung melalui Bluetooth. Syarat lainnya, Android tersebut minimal menjalankan sistem operasi Ice Cream Sandwich, alias Android 4.0.3.

Berikut detail spesifikasi yang diungkapkan Google.

Fit

  • Adjustable nosepads and durable frame fits any face.
  • Extra nosepads in two sizes.

Display

High resolution display is the equivalent of a 25 inch high definition screen from eight feet away.

Camera

  • Photos – 5 MP
  • Videos – 720p

Audio

  • Bone Conduction Transducer

Connectivity

  • Wifi – 802.11b/g
  • Bluetooth

Storage

  • 12 GB of usable memory, synced with Google cloud storage. 16 GB Flash total.

Battery

One full day of typical use. Some features, like Hangouts and video recording, are more battery intensive.

Charger

  • Included Micro USB cable and charger.

While there are thousands of Micro USB chargers out there, Glass is designed and tested with the included charger in mind. Use it and preserve long and prosperous Glass use.

Compatibility

  • Any Bluetooth-capable phone.
  • The MyGlass companion app requires Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) or higher. MyGlass enables GPS and SMS messaging.

Selain terhubung dengan smartphone Android, kita bisa membuat Google Glass berinteraksi dengan internet melalui perintah suara. Tujuannya adalah melepaskan ketergantungan tangan kita pada smartphone, dan menempatkan semua fokus aktivitas umum yang biasa kita akses melalui smartphone langsung di depan mata. Informasi seperti petunjuk arah selama navigasi peta, atau selama melakukan video chat, memberi perintah suara pada smartphone, mengambil gambar untuk di-upload ke jejaring sosial, atau bahkan streaming video. Google menarget tahun 2014 sebagai awal mereka merilis gadget masa depan ini, dengan pre-order sudah dibuka mulai tahun lalu, dengan harga US $1,500. Varian Google Glass nantinya tersedia dalam lima pilihan warna, gray, orange, black, white, dan light blue. Beberapa aktifitas keren yang bisa kamu lakukan menggunakan Google Glass antara lain:

1. Menu

Glass menunjukkan opsi apa saja yang bisa kamu akses, mulai mengambil gambar, masuk ke Google Hangout di Google Plus, merekam video, atau berbagi sesuatu yang kamu lihat menggunakan kameranya dengan orang lain.

2. Reminders

Glass memunculkan can pop reminder pada layar, yang bisa mengingatkanmu akan appointment yang akan segera terjadi, atau jadwal pertemuan lainnya yang kamu rencanakan.

3. Weather

Seperti kartu-kartu yang muncul melalui Google Now-nya Google Search, Google Glass ini juga bisa memunculkan informasi cuaca langsung dimana kamu berada.

4. Dictate Texts

Kamu memang bisa memerintah Glass melakukan fungsi tertentu, namun alat ini juga bisa membacakan pesan teks atau email langsung tanpa harus memaksamu membuka smartphone.

5. Travel Alerts

Dalam salah satu demonya, Glass juga diperlihatkan memberi informasi mengenai apa yang terjadi pada sarana transportasi yang bakal kita gunakan, langsung pada layar mungilnya.

6. Maps

Meskipun tidak ditampilkan satu layar penuh, namun untuk fitur Google Maps, Glass memperlihatkan tampilan separuh layar secara transparan dari jalur yang bakal kamu lalui. Kamu tidak perlu kerepotan mengalihkan perhatian dari jalanan karena jalur yang harus kamu lalui terlihat langsung di depan matamu

7. Photos

Fungsi dasar Glass adalah untuk mengambil foto. Dengan ukuran sekecil ini, jangan harap modul kameranya bagus. Setidaknya gambar yang ditangkap masih layak dibagikan ke jejaring sosial.

8. Hangout

Menggunakan Glass, kamu dengan mudah bisa berbagi apa yang kamu lihat langsung ke lawan bicaramu ketika melakukan video chat Hangout di Google Plus.

UPDATE

Google juga sudah merilis aplikasi Android khusus untuk mengatur Google Glass ketika dirilis nantinya. Aplikasi yang disebut MyGlass tersebut bisa diakses melalui PlayStore.

[cb type=”company”]Google[/cb]

Sumber: Google

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.