EA Siap Tutup Layanan Tiga Game Sosial di Facebook

Setelah Zynga yang ramai-ramai menutup layanan game Facebook-nya, kini langkah serupa dilakukan EA yang berencana menutup tiga game sosial mereka, The Sims Social, SimCity Social dan Pet Society.

1366101256000

Setelah Zynga yang akhir tahun lalu ramai-ramai menutup layanan game-nya di Facebook, kali ini hal serupa juga dilakukan oleh EA. Semalam melalui Community Manager-nya, EA mengkonfirmasikan siap menutup layanan tiga game sosial mereka di Facebook yang dikembangkan oleh Playfish, The Sims SocialSimCity Social dan Pet Society. Kabar ini sendiri didengungkan EA lewat forum resmi Playfish dan juga di blog resminya.

Sontak pengumuman ini pun menuai reaksi yang sangat keras dari para pemainnya yang bergabung di forum tersebut. Sebagian besar menyayangkan penutupan ini karena mereka sudah menghabiskan banyak uang untuk bermain di tiga game tersebut. Tiga Game ini sendiri menurut rencana akan segera ditutup pada tanggal 14 Juni 2013 mendatang atau kurang lebih dua bulan lagi. Selama dua bulan ini, EA menyarankan bagi yang sudah terlanjur membeli Playfish Cards untuk menggunakan kartu tersebut atau jika sampai tanggal 14 Juni kartu tersebut belum digunakan, maka kamu bisa menghubungi customer service mereka. Pun dengan uang di dalam game yang dimiliki, pemain juga dianjurkan untuk menghabiskannya sebelum tanggal tersebut atau mereka tidak akan bisa menggunakannya sama sekali.

Tidak banyak yang diungkapkan EA perihal alasan penutupan ini. Mereka hanya mengatakan bahwa ingin mengalokasikan sumber daya manusia yang mereka miliki untuk mengembangkan game lainnya, dan meninggalkan ranah game sosial. Selain menutup game-nya, EA juga akan menutup forum resminya per tanggal tersebut. Terakhir, EA juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para pemain atas loyalitasnya terhadap tiga game ini dan berjanji akan segera merilis judul baru yang tidak kalah menarik. Sebagai kompensasi, EA siap memberikan penawaran menarik bagi para pemain untuk mendapatkan game-game miliki PopCap Games. Namun sayang, sampai saat ini EA belum mengumumkan detail pastinya.

Kabar ini menambah “mendung gelap” di markas EA selama beberapa bulan terakhir. CEO mereka, John Riccitielo mengundurkan diri pada bulan Maret karena merasa bertanggung jawab atas menurunnya finansial perusahaan. Lantas, minggu lalu, EA mengkonfirmasikan pemotongan jumlah developer di perusahaan mereka, yang menyebabkan beberapa orang kehilangan pekerjaan mereka. Derita tersebut terus bertambah setelah Consumerist’s Worst Company Awars menganugerahi EA sebagai perusahaan terburuk dalam dua tahun terakhir berturut-turut.

Bagi para pemain game-game sosial milik EA, sekarang nikmatilah dua bulan terakhirmu untuk berinteraksi di game tersebut ya.

[Sumber: Playfish Forum]

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.