Launching Komik Neraka Borneo Besutan Komikus Senior Man dan Alfie Zachkyelle!

Siapa yang tidak pernah membaca komik? Tua maupun muda semua pasti suka membaca komik. Kali ini, komikus senior Man berduet dengan komikus muda Alfie Zackyelle dan menerbitkan komik dengan aroma mitologi yang sangat kental!

1366074537000

Halo Citizen! Kalian semua pasti suka membaca komik bukan? Penikmat komik saat ini tidak lagi terbatas pada anak kecil saja, namun sudah menjadi konsumsi orang dewasa. Ini bisa dilihat dari banyaknya genre komik yang beredar di pasar. Di tengah derasnya arus komik asing, baik itu berupa manga maupun komik – komik keluaran DC Comics dan Marvel, masih banyak judul komik lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan komik asing. Terhitung dari tanggal 11 hingga 20 April 2013, ada event Pameran Retro Man : 50 Tahun Berkarya di Gedung Bentara Budaya Jakarta. Pameran ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap komikus senior Mansjur Daman alias MAN.

Hari Minggu, 14 April 2013, Pak Man kembali merilis komik terbarunya, hasil kolaborasi dengan Alfie Zachkyelle yang berjudul Neraka Borneo. Komik Neraka Borneo pada asalnya adalah proyek pribadi Alfie yang sudah dikembangkan sejak tahun 1997. Neraka Borneo termasuk komik dengan materi yang cukup berat, oleh karena itu Alfie menyasar pembaca dari level remaja keatas. Komik ini bertemakan mitologi dan konspirasi dengan tebal 110 halaman. Komik ini bercerita mengenai gunung di wilayah Borneo yang diselimuti oleh kekuatan supranatural. Suatu tim ekspedisi dikirim oleh pemerintah untuk menyelidiki dan menyibak tabir misteri di gunung tersebut. Tim ini pun menemui banyak rintangan dan para anggotanya menjadi korban keganasan gunung tersebut. Konflik menjadi semakin dalam ketika muncul kepentingan – kepentingan pribadi dari para anggota ekspedisi tersebut.

Alfie mengatakan bahwa seri Neraka Borneo ini akan terdiri dari 3 buah buku. Dia sudah menyiapkan banyak kejutan – kejutan menarik untuk seri yang berikutnya. Aroma mitologi di komik ini sungguh kental, dimulai dari area pegunungan Borneo yang diselimuti oleh aura mistis, kaitan dengan mitos Pantai Selatan serta kemunculan makhluk – makhluk mitologi yang didasarkan pada legenda lokal di Kalimantan. Selain dari segi cerita yang menawan, keberhasilan Alfie untuk berduet dengan Pak Man adalah suatu prestasi tersendiri. Pak Man adalah komikus senior yang sangat disegani di Indonesia, selama 50 tahun dia tidak pernah berhenti berkarya. Bahkan, belum lama ini, pada tahun 2008, Pak Man terlibat dalam proyek prestisius, yaitu menggarap komik New World Order yang diterbitkan oleh Image Comics, sebuah penerbit bergengsi di Amerika Serikat. Dalam proyek ini, Pak Man mendapat tugas di bagian pencils & inks.

Neraka Borneo menjanjikan suatu pengalaman baru dalam membaca komik, dimana pembaca diajak untuk merubah total pola pikir mereka. Alfie berharap dengan karyanya ini, dia ingin para pembaca dapat melihat suatu permasalahan tidak hanya dari satu sisi saja. Penasaran seperti apa cerita lengkapnya? Ayo segera beli komik Neraka Borneo dan temukan jawaban dari misteri pegunungan Kalimantan!

Share this article

TENTANG PENULIS
Aditya Pratama

Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.