Siapkan Game Baru, Bethesda Akhiri Pengembangan Skyrim

Setelah hampir dua tahun sejak perilisan perdananya, akhirnya hari ini Bethesda mengkonfirmasikan penghentian pengembangan Skyrim termasuk juga DLC-nya untuk menyiapkan sebuah game baru yang tidak kalah megah!

1366111397000

Setelah hampir dua tahun sejak perilisan perdananya pada 11 November 2011 lalu, akhirnya hari ini Bethesda mengkonfirmasikan bahwa mereka sudah menghentikan pengembangan The Elder Scrolls V: Skyrim. Menghentikan pengembangan ini dengan artian Bethesda sudah tidak akan merilis DLC baru untuk game yang sudah dimulai pengembangannya sejak 2006 ini.

Dalam pernyataan resmi yang mereka tulis di blog mereka, Bethesda mengungkapkan bahwa penghentian ini dilakukan karena tim mereka ingin memfokuskan diri untuk “petualangan” selanjutnya, alias game baru yang tidak kalah megah dibandingkan Skyrim. “Selama beberapa tahun terakhir, kami selalu bekerja untuk mengembangkan konten baru untuk Skyrim, mulai dari update-update, Creation Kit, Steam Workshop, dukungan untuk Kinect, hingga DLC,” tulis Bethesda dalam posting tersebut. “Sebagian dari tim kami sudah berada di fase pra produksi untuk proyek besar kami berikutinya, dan game tersebut sudah mencapai titik dimana dia sudah membutuhkan perhatian penuh dari seluruh studio untuk menjadikannya karya terbesar dan terbaik kami,” tulis Bethesda lebih lanjut.

Namun, hal tersebut bukan berarti membuat Bethesda benar-benar lepas tangan terhadap Skyrim. “Meskipun kami sudah berpindah (ke proyek baru), kami tetap memiliki beberapa update minor yang dibutuhkan untuk Skyrim. Kami sudah menginvestasikan banyak tenaga kami untuk Skyrim, dan kami tidak akan pernah benar-benar mengucapkan selamat tinggal begitu saja kepadanya,” tegas Bethesda.

Terakhir, tak lupa Bethesda juga mengucapkan terima kasih untuk para pemain atas dukungan mereka. “Terima kasih untuk semua dukungan kalian. Kami berharap kalian tetap berada di komunitas game di sini atau di manapun kalian berada. Game adalah hiburan terbaik di dunia karena mereka bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan hiburan lain, yaitu memberimu keajaiban dari eksplorasi dan kebanggaan atas prestasi. Kami sudah tidak sabar untuk berbagi petualangan kami selanjutnya bersama kalian,” tulis Bethesda mengakhiri pengumuman ini.

Tercatat, selama hampir dua tahun Bethesda sudah merilis tiga DLC untuk Skyrim, yaitu Dawnguard, Hearthfire dan Dragonborn. What next Bethesda? Apakah kalian sedang mengembangkan Fallout 4?

[Sumber: Bethesda Blog/VG247]

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.