Detail Mode Multiplayer Grid 2, Sistem Rival dan Integrasi Layanan Sosial RaceNet

Codemasters tidak mau mode multiplayer Grid 2 mengurangi keseluruhan poin game tersebut. Mode multiplayer Grid 2 dibuat lebih besar dari prekuelnya, lebih sosial, dan terintegrasi dalam layanan sosial RaceNet yang dibuat khusus untuk franchise game racing Codemasters.

1366167546000

Salah satu game aercade racing terbaik adalah Race Driver: Grid. Game yang dirilis tahun 2008 lalu itu mampu melepas kejemuan penggemar game racing dari banyaknya suguhan game racing yang kini lebih berkonsep simulasi. Apa yang ditawarkan Grid adalah aspek fun dari arcade racing, efek damage yang realistis, dan fitur Flashback yang memungkinkan kita memutar kembali gameplay hingga 10 detik kebelakang, dan memulai kembali racing dari point yang dipilih. pada Juli 2010, Codemasters selaku developer mengkonfirmasikan sekuelnya, dan sudah dipastikan pada Agustus 2012 lalu jika Grid 2 dirilis pada tahu 2013, tepatnya 28 Mei mendatang.

Dalam sekuelnya yang dikembangkan untuk PC Windows, Xbox 360 dan PlayStation 3 ini, Codemasters sudah menyiapkan beberapa fitur baru. Satu yang sudah diungkapkan tahun lalu adalah LiveRoutes, sebuah fitur yang mampu merubah desain sirkuit yang saat ini menjadi lokasi balapan secara dinamis. Codemaster juga berusaha membuat sekuelnya ini lebih otentik dengan lebih banyak sirkuit nyata, seperti di Abu Dhabi, Paris, beberapa lokasi di Amerika Serikat, dan banyak lagi lainnya. Pilihan mobilnya pun bervariasi, dengan mengambil varian mobil yang eksis hingga empat dekade ke belakang. Kemudian untuk handling-nya, Codemaster kali ini menyebutnya sebagai ‘TrueFeel’, yang bertujuan menggabungkan feel yang realistis serta kemudahan gamer beradaptasi. Pilihan sudut pandang selama racing tidak memasukkan mode first-person, karena Codemasters mengklaim hanya 5% gamer menggunakan mode tersebut selama seri pertamanya.

Secara grafis, Grid 2 menawarkan sistem lighting yang lebih advance, dengan efek bayangan pada bangunan yang lebih dalam dan mendetail. Engine physics Grid 2 dioperasikan pada 1000 Hz untuk mendukung tercapainya semua efek grafis baru tersebut. Grid 2  nantinya juga akan memperbaiki salah satu keluhan gamer akan minimnya fitur online Grid pertama, dengan mengimplementasikan layanan RaceNet, layanan komunitas online Codemasters yang setara dengan apa yang ditawarkan Electronic Arts melalui Autolog. Nantinya RaceNet tersebut akan menjadi satu platform komunitas online untuk game-game racing karya Codemasters, seperti serial F1, F1 Race Stars, dan juga franchise Grid dan Dirt.

Grid 2 juga menawarkan skenario yang lebih emosional. Grid 2 bertujuan mencari driver terbaik, mengumpulkan pembalap dari seluruh dunia, yang berkompetisi di Amerika Serikat, Eropa dan Asia, dalam sebuah wadah World Series of Racing. Event racing WSR tersebut menjadi ide dari karakter fiktif yang hanya eksis dalam game, Patrick Callaghan, organizer WSR dan juga akan banyak mengkomentari progress kita selama memainkan Grid 2. Esensinya, semakin baik kamu melakukan racing, makin besar popularitas (experience point dalam Grid 2) yang kamu dapatkan. Dan point tersebut bisa kamu gunakan untuk merekruit penggemar, mendapat akses ke event baru, menarik minat sponsor, dan tentu saja untuk memenangkan mobil baru. Membuat kompetisinya lebih terlihat nyata, Codemasters juga bekerjasama dengan SportsCenter-nya ESPN yang bakal menayangkan cut-scene “live-action” terbaik seandainya kamu menjadi juara WSR.

WSR Part 2: Expanding into Europe – GRID 2

Detail Mode Multiplayer

Berita terakhir dari Codemasters, mereka mengungkapkan seperti apa detail mode multiplayer-nya. Mode ini mendapat sokongan penuh dari RaceNet, dengan mengintegrasikan opsi video upload dan aspek kompetisi sosial dengan pemain lainnya, yang mana nantinya juga bisa diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Progress-mu selama memainkan mode multiplayer-nya bakal terpisah dari career mode, dan menjanjikan banyak reward. Quick races online yang bisa melibatkan 12 pemain, selain 2-player split-screen, sekaligus juga ada custom race dengan playlist yang sudah ditetapkan. Mode permainannya antara lain Race (dengan LiveRoutes), Endurance, Drift, Touge, Checkpoint, Face Off, Time Attack, dan event Global Challenge. Termasuk di dalamnya Overtake dan Power Lap, dengan opsi bagi kita mencari rival tersendiri dan mengumpulkan follower RaceNet untuk mendapatkan tambahan XP dan uang, bahkan meskipun rival kita itu sedang offline.

GRID 2 Rivals

Melalui fitur ini, kamu akan terus memiliki rival untuk bermain dan mendapatkan challenge baru. Dalam Grid 2 ada tiga tipe Rival:

  • Weekly Rival: RaceNet otomatis memilih Rival mingguan untuk berkompetisi denganmu berdasarkan kemampuan dan aktivitasmu di RaceNet untuk memastikan kamu mendapatkan Rival yang sepadan. Dengan demikian pemain yang agresif pasti bisa mengumpulkan XP dan uang lebih cepat
  • Social Rival: Kamu bisa memilih Social Rival dari daftar teman atau pemain lain yang baru saja melakukan racing.
  • Custom Rival: Kamu bisa memilih Custom Rival berdasarkan parameter tertentu, seperti tipe event atau lokasi geografis. Kesempatan untuk balapan dengan pemain lain dari satu negara bisa kamu dapatkan di sini.

Global Challenge

Global Challenge menjadi fitur dimana persaingan antara sepasang peain rival terwujud dalam mode asynchronous yang tidak bergantung pada waktu ini. Kamu bisa berkompetisi dengan Rival meskipun Rival-mu itu sedang offline, dan mendapatkan XP, Cash dalam game, serta RaceNet Follower seiring mereka berkompetisi hingga sembilan weekly Global Challenge yang terpilih dari banyak mode dan lokasi dalam Grid 2. Kamu bisa melacak progress dalam Global Challenge ini dalam game atau online melalui RaceNet.

RaceNet Followers

Seiring kamu balapan dengan baik di tiap sirkuit, kamu bakal mendapatkan online fame dan meningkatkan RaceNet Follower. Makin baik, lebih banyak objective terselesaikan, makin cepat Follower meningkat. Follower juga bisa dicuri dari Rival dengan mengalahkan mereka selama weekly Global Challenge, atau bisa kamu dapatkan melalui RaceNet dengan berperan dalam online event, berpartisipasi dalam Community Challenges dan menyelesaikan objective RaceNet.

Get Social

Fungsi sosial lainnya RaceNet, kamu juga bisa langsung merekam aksi terbaikmu, atau ketika mobilmu mengalami damage yang hebat,  kemudian meng-uploadnya ke YouTube dan RaceNet langsung dari dalam game. Video tersebut kemudian juga bisa dengan mudah dibagikan ke jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Multiplayer Redefined – GRID 2

Bonus Pre-Order Grid 2

Codemasters sudah membuka masa pre-order Grid 2 sejak awal Maret lalu. Ada beberapa bonus bergantung darimana pre-order diajukan. Untuk pre-order dari GameStop, kita bakal mendapatkan McLaren Racing Pack dan GTR Racing Pack. Di dalamnya berisi McLaren MP4-12C GT3, dan dua rute tambahan selama berpacu di sirkuit Brands Hatch. Sedangkan untuk GTR Racing Pack menawarkan Nissan GT-R SpecV dan lima rute akternatif untuk sirkuit Yas Marina. Kedua pack tersebut juga memberi akses online event eksklusif.

Reseller online kedua yang menawarkan pre-order adalah Best Buy dengan IndyCar pack. Paket tersebut membundel Dallara IndyCar, dan dua rute lain untuk sirkuit Indianapolis Motor SpeedWay Oval, termasuk juga online event eksklusif. Sedangkan di Amazon, kamu bakal mendapatkan Head Start pack, yang berisi Mercedes-Benz SLR McLaren 722 GT, harga diskon ketika mau meng-upgrade mobil, dan juga bonus khusus ketika berinteraksi dengan layanan RaceNet. Detail info pre-order bisa kamu simak melalui fanpage mereka di sini.

GRID 2 Uncovered – Live Gameplay

Sumber: Grid 2 Website

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.